Thursday, September 23, 2010

IV. CARA MENELAAH ALKITAB--PA Pribadi (3)

B. Penafsiran

Setelah menemukan hubungan struktural pada tahap pengamatan tersebut di atas, selidiki lebih lajut hubungan struktural yang ditemukan. Periksa dengan pertanyaan-pertanyaan yang terfokus pada strukturnya sendiri dan pada materi tertentu seperti disusun oleh penulis. Kenapa disusun demikian, apa maksudnya, dan lain-lain. Matius 5, misalnya, dibangun dengan struktur partikularisasi, dimulai dengan pernyataan umum Yesus (5:17-20) diikuti dengan enam pernyataan spesifik (5:21-48).
Apa sebenarnya arti pernyataan umum tentang penggenapan hukum Taurat
"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya” (Mat 5:17)
dan kebenaran hidup keagamaan melebihi ahli Taurat dan Farisi?
“Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga” (Mat 5:20).
Apa arti dari partikularisasi yang bersangkutan¾marah terhadap saudara dan mengatakan “Kafir!” atau “Jahil!”
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala” (Mat 5:22),
memandang dengan penuh gairah
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya” (Mat 5:28),
perceraian dan perzinahan
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah” (Mat 5:32),
sama sekali tidak bersumpah
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah” (Mat 5:34),
tidak melawan kejahatan,
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu” (Mat 5:39).
dan mengasihi musuhmu
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu” (Mat 5:44)?
Apa yang Yesus dan Matius maksudkan sebenarnya dengan setiap ini? Kenapa pernyataan umum ini jadi fokus utama pertama setelah pengantar ke amanat ini seperti dicatat oleh Matius? Kenapa ini dijelaskan terperinci dengan contoh-contoh tersebut? Bagaimana setiap paragraf lebih spesifik tersebut memberi arti pada konsep penggenapan hukum dan hidup keagamaan benar melebihi ahli Taurat dan Farisi? Apa implikasi dari semuanya ini?

Hubungan struktural menunjukkan bagaimana penulis menyusun bahan tulisannya, jadi, menunjukkan jalan pikirannya. Dengan menganalisa ini (tanya-jawab) kita tau apa arti atau apa yang penulis maksud mau katakan kepada pembaca semula.

Cari pengertian yang terimplikasi atau tersirat dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan dan terus ajukan pertanyaan dengan sikap kritis.

Bedakan fakta-fakta langsung dari tidak langsung. Perlu kemampuan membaca yang lebih tinggi untuk melihat pernyataan yang tidak langsung. Membayangkan hal-hal dibalik fakta-fakta yang ada sangatlah perlu. Fakta-fakta itu memang sudah cukup jelas dipermukaan (pengamatan awal), akan tetapi diperlukan pemikiran yang mendalam dan imajinatif untuk melihat kebenaran tak langsung, yang tersembunyi dibawah permukaan. Proyeksikan diri kita ke dalam situasi yang digambarkan di dalam teks agar imajinasi kita menjadi aktif untuk membayangkan realitanya lebih dalam.

Pada tahap ini kita berupaya untuk memahami apa yang ingin penulis sampaikan kepada pembaca pada zamannya. Sasaran penafsiran adalah memperoleh inti berita dari perikop itu. Apakah tema utama perikop ini? Semua tulisan yang baik akan berisi suatu fokus penekanan. Tetaplah berdoa. Roh Kudus pasti menolong kita untuk mengerti dan menemukan kebenaran yang baru.

Analisalah kata-kata dan kalimat-kalimat kunci. Lihat juga perikop yang paralel sebagai pelengkap fakta dan penjelasan. Amati konteks luasnya. Apa yang terjadi sebelum dan sesudah teks yang akan mempengaruhi penafsiran berdasarkan pengamatan yang kita lakukan. Evaluasi dan hubungkan kembali fakta-faktanya. Bandingkan dengan buku-buku tafsiran yang baik jika ditemui hal-hal yang sulit. Tetapi lakukan ini setelah anda melakukan penyelidikan sendiri semaksimalnya.

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan menemukan jawabannya adalah jembatan yang menghubungkan apa yang penulis katakan (pengamatan) dan pemahaman apa yang dimaksudnya (penafsiran). Kuasai pertanyaan-pertanyaan standar: “Siapa? Apa? Dimana? Kapan? Kenapa? Bagaimana?”

Pelajari kumpulan atau perangkat tipe pertanyaan yang perlu ditanyakan (lihat halaman 4 Bab I dan halaman 8 Bab III). Ajukan pada setiap hal penting atau utama yang diamati dalam teks. Beri perhatian pada jenis informasi yang anda mau cari melalui pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pertanyaan standar paling penting di antaranya adalah yang berikut:
a. Pertanyaan untuk memperoleh definisi: Siapa atau apa ini? Apa arti atau pentingnya ini?
b. Pertanyaan untuk mengetahui alasan: Kenapa ini demikian? Apa maksudnya?
c. Pertanyaan untuk memahami cara: Bagaimana ini dilakukan?
d. Pertanyaan untuk menyelidiki implikasi dan asumsi: Apa yang dimaksudkan dengan ini? Apa yang diasumsi (dimisalkannya)?
e. Pertanyaan lain tentang tempat, dan waktu, dan lainnya jika beralasan.

Tulis pertanyaan-pertanyaan tersebut (dalam daftar lembaran catatan dimaksud di atas) untuk rujukan. Sesuaikan (tulis ulang) pertanyaan standar di atas dengan hal spesifik yang ditelaah. Catat sebanyak mungkin pertanyaan dari sebanyak mungkin sudut pandang (pertama pembaca, kemudian masing-masing tokoh atau kumpulan orang-orang yang terlibat, termasuk Allah, Kristus, dan Roh Kudus) mengenai unit nas telaahan. Dengan menanyakan saja, sudah mempertajam persepsi anda tentang dalamnya dan lebarnya nas telaahan. Jawabannya akan memberi anda pemahaman.

Tangani hal-hal mayor lebih dahulu, rinciannya hanya bila terkait dengan keseluruhannya. Umumnya ini berarti memfokuskan pertanyaan terlebih dahulu pada materi yang sudah tampak dari pengamatan terdahulu sebagaimana tersusun atau terstruktur oleh penulisnya menjadi satu kesatuan yang utuh, yang memberi sumbangan menyeluruh pada makna unit dan penekanan penulisnya sendiri.

Jadi, berarti terlebih dahulu memfokuskan pertanyaan pada struktur. Selidikilah temuan ini memakai “alat kerja” pertanyaan standar. Lalu cari jawabannya semampunya. Ajukan pertanyaan mengenai definisi, sekitar aspek (segi, sisi) utama dari hubungan utama, serta definisi istilah-istilah utama. Dengan dituntun oleh struktur ajukan pertanyaan mengenai alasan, alasan penulis seputar aspek utama hubungan utama, serta penempatannya dalam unit telaahan. Lalu ajukan pertanyaan untuk implikasi, implikasi menyangkut aspek utama. Selesai ini lanjutkan dengan pertanyaan menyangkut tempat, waktu, dan lainnya. Perhatikan urutannya (namun jangan kaku): pertama definisi (siapa, apa), kemudian alasan (kenapa), cara (bagaimana), implikasi (apa), dan pertanyaan-pertanyaan lain (kapan, di mana, dst). Mulailah dengan definisi, pertanyan siapa dan apa.

Temukan jawaban-jawaban:

1. Dalam konteks. Pertanyaan mengenai geografi, sejarah, dan budaya, dan definisi dapat diperoleh dari kamus, peta, dan ensiklopedi Alkitab, tetapi hanya setelah tidak menemukannya dalam konteks. Banyak pertanyaan penting dapat dijawab dengan memuaskan dari konteks dekat, atau konteks lebih luas dari keseluruhan kitab atau nas terkait dalam kitab lainnya. Pakai konkordans untuk menemukan ayat-ayat rujukan atau bandingan silang dan paralel, yang menjadi konteks perikop.

2. Dalam istilah-istilah utama. Hampir selalu pertanyaan definisi akan melibatkan pengenalan dan pemahaman istilah-istilah utama dari unit. Dapat ditemukan dalam kamus dan ensiklopedi Alkitab, dan dalam konkordansi. Tetapi banyak pula arti istilah yang lebih baik diperoleh dari penggunaannya seperti dapat ditemukan dimana-mana dalam Alkitab (metoda penelaahan kata). Periksa istilah Yunani dan Ibrani untuk memastikan bahwa anda menelaah kata tunggal bukan kata-kata berbeda yang diterjemahkan dengan satu kata yang sama. Lihat dalam konkordans.

Periksa-uji jawaban-jawaban anda:

1. Bentuk dan arti kata. Jawaban yang layak harus sesuai dengan bentuk dan arti yang diamati (berdasar etimologi dan terutama pemakaiannya) dari kata atau ekspresi dalam konteksnya. Misalnya arti dan penggunaan kata “diselamatkan” dalam Efesus 2:8
“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah” (Eph 2:8),
(sekarang sudah selamat, present tense) dibandingkan dengan 1 Korintus 1:18
“Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah” (1Kor 1:18)
(proses keselamatan) dan Roma 8:18-25
“Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita. Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan. Karena seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan, bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia, yang telah menaklukkannya, tetapi dalam pengharapan, karena makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah. Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin. Dan bukan hanya mereka saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita. Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan. Tetapi pengharapan yang dilihat, bukan pengharapan lagi; sebab bagaimana orang masih mengharapkan apa yang dilihatnya? Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, kita menantikannya dengan tekun” (Roma 8:18-25)
(penggenapan karya penyelamatan Allah yang akan datang), bahwa dalam Efesus Paulus menyatakan bahwa keselamatan itu sudah terlaksana sekarang karena kasih karunia semata; penggunaannya dalam konteks Efesus 2 di sini juga konsisten dengan di tempat lain.

2. Konteks. Penafsiran suatu teks harus sesuai dengan alur pemikiran dalam konteks. Perhatikan 1 Korintus 2:9,
“Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia" (1Kor 2:9)
sebagaimana dapat diikuti dari alur pikiran dalam konteksnya, yaitu ayat 1-5, 6-7, 8, 10, dan 2:11-3:4,
“Demikianlah pula, ketika aku datang kepadamu, saudara-saudara, aku tidak datang dengan kata-kata yang indah atau dengan hikmat untuk menyampaikan kesaksian Allah kepada kamu. Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan. Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahan dan dengan sangat takut dan gentar.  Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah (1Kor 2:1-5),
“Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan  Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita” (1Kor 2:6-7).
“Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia” (1Kor 2:8),
“Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah” (1Kor 2:10),
“Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.  Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus” (1Kor 2:11-16),
“Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus. Susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarangpun kamu belum dapat menerimanya. Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?  Karena jika yang seorang berkata: "Aku dari golongan Paulus," dan yang lain berkata: "Aku dari golongan Apolos," bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?” (1Kor 2:11-3:4)
jelas bahwa pengutipan Yesaya 64:4
“Tidak ada telinga yang mendengar, dan tidak ada mata yang melihat seorang allah yang bertindak bagi orang yang menanti-nantikan dia; hanya Engkau yang berbuat demikian” (Yes 64:4).
dalam hal ini oleh Paulus bukan hendak bicara tentang apa yang tidak kita ketahui, tetapi sebaliknya menegaskan apa yang kita ketahui, yaitu seperti diberitahukan oleh Roh Kudus; jika dari kita sendiri tanpa pertolongan Roh Kudus tak akan mampu menangkap hikmat Allah.

3. Maksud penulis. Makna suatu nas harus sesuai dengan maksud penulis, sejauh dapat ditentukan. Dalam 1 Yohanes 3:16-17
“Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita. Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?” (1Yoh 3:16-17)
Yohanes mengajarkan kasih di antara sesama orang percaya. Tetapi jika dalam menafsir membatasinya hanya di antara sesama masyarakat Kristen saja akan sangat keliru, tidak sesuai dengan roh tulisan Yohanes lainnya dalam kitab yang sama, 
“Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia” (1Yoh 2:2).
dan
“Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. 19 Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita” (1Yoh 4:10, 19).
Bahkan pada awal tulisannya dalam ayat 2:1
“Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil” (1Yoh 2:1).
dinyatakan supaya jangan berbuat dosa.

4. Lingkungan sejarah. Lingkungan budaya para penulis berbeda nyata dari kita. Arti suatu nas harus cocok dengan lingkungan sejarahnya.

5. Kearifan rohaniah. Kemampuan untuk membedakan kebenaran dalam penafsiran, yang melampaui data dan bukti tentang intuisi yang lahir dari Roh Allah.

6. Akal sehat. Berpegang pada arti jelas suatu teks dan menolak arti tersembunyi atau tersamar. Perkataan Yesus tentang “biji sesawi” dalam
“Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi” (Mar 4:31)
jangan ditafsirkan terlalu jauh secara teknis berlebihan berdasarkan ilmu biologi atau botani misalnya; hasilnya akan ngawur keterlaluan.
7. Pengalaman. Harus serasi dengan hidup seperti yang kita alami. Pernyataan Yesus dalam 
“Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya” (Yoh 5:7)
jangan ditafsirkan sebagai janji tanpa syarat bagi jawaban positif atas doa. Dari pengalaman Yohanes sendiri dan para rasul dan tokoh-tokoh gereja dapat ditarik kesimpulan bahwa syaratnya adalah implisit.
IMS 100913

No comments:

Post a Comment