Thursday, July 29, 2010

PA PRIBADI (15)

Keluaran 23:6-9                        Epistel Minggu 1 Agustus 2010

BERSIKAP ADIL BAGI SIAPA SAJA

6 Janganlah engkau memperkosa hak orang miskin di antaramu dalam perkaranya. 7 Haruslah kaujauhkan dirimu dari perkara dusta. Orang yang tidak bersalah dan orang yang benar tidak boleh kaubunuh, sebab Aku tidak akan membenarkan orang yang bersalah. 8 Suap janganlah kauterima, sebab suap membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar. 9 Orang asing janganlah kamu tekan, karena kamu sendiri telah mengenal keadaan jiwa orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir.

PENGAMATAN

Tentang: Keadilan

Judul:
KEADILAN BAGI SIAPA SAJA
6 - 9

Tokoh: TUHAN Allah, Musa
Tempat/waktu: Kaki Gunung Sinai, setelah penyampaian Sepuluh Firman Tuhan (Keluaran 23).
Proporsi: sikap terhadap sesama manusia

Bentuk sastra: perintah, pengajaran

Pokok bahasan: sikap adil terhadap orang lain

Ringkasan isi:
Bersikaplah adil terhadap siapa saja:
- Jangan memperkosa hak orang miskin dalam perkaranya
- jauhkan diri dari perkara dusta
- tidak membunuh orang yang tidak bersalah dan orang yang benar 
- jangan menerima suap menjadi saksi dusta
- jangan menekan orang asing di negerimu.

Ayat kunci utama: Keluaran 23:6
Janganlah engkau memperkosa hak orang miskin di antaramu dalam perkaranya

Pokok pikiran/tema utama:
Jangan memperkosa hak orang miskin dan tak berdaya, bersikaplah adil teradap siapa saja.

Istilah penting: memperkosa hak

Ciri khas: --

Hubungan struktural utama: partikularisasi—Jangan memperkosa hak orang miskin di antaramu dalam perkaranya (6). Jauhkan dirimu dari perkara dusta, tidak membunuh orang yang tidak bersalah dan orang yang benar (7). Jangan menerima suap yang membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar (8). Jangan menekan orang asing yang ada di negerimu (9).

Ayat paralel:
ay 6-8: Im 19:15 Janganlah kamu berbuat curang dalam peradilan; janganlah engkau membela orang kecil dengan tidak sewajarnya dan janganlah engkau terpengaruh oleh orang-orang besar, tetapi engkau harus mengadili orang sesamamu dengan kebenaran.Ul 16:19 Janganlah memutarbalikkan keadilan, janganlah memandang bulu dan janganlah menerima suap, sebab suap membuat buta mata orang-orang bijaksana dan memutarbalikkan perkataan orang-orang yang benar.

ay 9: Kel 22:21 "Janganlah kautindas atau kautekan seorang orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir… Im 19:33, 34 Apabila seorang asing tinggal padamu di negerimu, janganlah kamu menindas dia. 34  Orang asing yang tinggal padamu harus sama bagimu seperti orang Israel asli dari antaramu, kasihilah dia seperti dirimu sendiri, karena kamu juga orang asing dahulu di tanah Mesir; Akulah TUHAN, Allahmu…. Ul 24:17-18 Janganlah engkau memperkosa hak orang asing dan anak yatim; juga janganlah engkau mengambil pakaian seorang janda menjadi gadai. 18 Haruslah kauingat, bahwa engkaupun dahulu budak di Mesir dan engkau ditebus TUHAN, Allahmu, dari sana; itulah sebabnya aku memerintahkan engkau melakukan hal ini. … Ul 27:19 Terkutuklah orang yang memperkosa hak orang asing, anak yatim dan janda. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!

Ayat Konteks:
ay 7 … perkara dusta Ef 4:25 Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota. … Maz 119:29 Jauhkanlah jalan dusta dari padaku, dan karuniakanlah aku Taurat-Mu.

ay 8 … suap Ul 10:17 Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap;

ay 9 … orang asing Kel 22:21 "Janganlah kautindas atau kautekan seorang orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir.

Judgment, human
Rules regarding:
Begin with self judgment … Mat 7:1-5 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. 2 Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. 3 Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? 4 Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. 5 Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

Become spiritually minded … 1 Kor 2:12-15 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 13 Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. 14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain.

Abound in love … Fil 1:9, 10 Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, 10 sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus,

Await the final judgment … Rom 14:10  Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah.

Pervert – to change something from its right use
Evil of, in dealing with
Man’s judgment … Ul 24:17 Janganlah engkau memperkosa hak orang asing dan anak yatim; juga janganlah engkau mengambil pakaian seorang janda menjadi gadai.

God’s judgment …Ay 8:3 Masakan Allah membengkokkan keadilan? Masakan Yang Mahakuasa membengkokkan kebenaran?

Love, Christian
Toward God
With all the heart … Mat 22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Toward others
Second command … Mat 22:37-39 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Commanded by Christ … John 13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

Described in detail … 1 Cor 13:1-13

Perbuatan kasih (Golden rule of equity) … Mat 7:12 "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Penyataan Kristus: Maha Adil

PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: memperkosa hak
b. Hubungan utama: partikularisasi— Jangan memperkosa hak orang miskin di antaramu dalam perkaranya (6). Jauhkan dirimu dari perkara dusta, tidak membunuh orang yang tidak bersalah dan orang yang benar (7). Jangan menerima suap yang membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar (8). Jangan menekan orang asing yang ada di negerimu (9).
      -- Aspek utama: keadilan
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Jangan memperkosa hak orang miskin dan tak berdaya, bersikaplah adil teradap siapa saja.

Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah maksudnya memperkosa hak orang lain (miskin, tak berdaya)?
     -- mengambil keuntungan dari hak orang lain yang lemah atau tak berdaya demi menguntungkan diri
      -- merampas hak orang lain
2) Apakah yang dimaksud dengan keadilan? 
     -- memperlakukan orang lain sama dengan diri sendiri dalam situasi yang sama

Alasan
3)Kenapa memperkosa hak orang lain? 
     -- tamak, tak mengasihi, tak peduli hak orang lain
     --
Cara
4) Bagaimana orang memperkosa hak orang lain?
     -- memutarbalikkan kebenaran
     -- memberi kesaksian palsu
5) Bagaimana orang bisa bersikap tidak adil?
     -- tak peduli hak orang lain
     -- mengambil yang bukan haknya
     -- lebih mementingkan diri
Implikasi
6) Apa yang tersirat dari perintah supaya tidak memperkosa hak orang lain? 
     --  cinta kebenaran, benci kepalsuan (1 Kor 2:12-15; Rom 14:10; Ef 4:25)
     - - mengasihi orang lain seperti pengasihi diri sendiri (Mat 22:37-39; Yoh 13:34)
     -- berbuat pada orang lain apa sama seperti menghendaki orang lain berbuat sama/ serupa (Mat 7:12)

7) Apa yang tersirat dari perintah supaya menjunjung keadilan terhadap siapapun?
     -- menjunjung tinggi kebenaran (Fil 1:9, 10; Im 19:15)  
     -- menghormati hak orang lain sama seperti hak sendiri (Mat 7:1-5; Ul 16:19)
     -- berbuat, beroleh, memberi sedemikian sehingga tidak sia-sia (1 Tim 6:17-19)

Kesimpulan:
1.  Bagi orang Kristen, keadilan sosial adalah penerapan Hukum Emas Keadilan: "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi (Mat 7:12)
2. Dasarnya adalah Hukum Emas Kasih:”Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”  (Mat 22:37-39)

Pesan:
Jangan memperkosa hak orang miskin dan tak berdaya, bersikaplah adil terhadap siapa saja dengan mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri.

PENERAPAN
Evaluasi
:
Berlaku bagi semua orang Kristen.

Butir-butir penerapan:
1. Semakin mempererat hubungan dengan Tuhan
2. Mengambul keputusan, termasuk keadilan sosial, semata-mata menurut tuntunan Roh Kudus

Tekad/Tujuan
Semakin serupa Kristus; hidup dipenuhi Roh.

Ayat hapalan: Keluaran 23:6
Janganlah engkau memperkosa hak orang miskin di antaramu dalam perkaranya.

IMS - 100718

No comments:

Post a Comment