Thursday, August 12, 2010

PA PRIBADI (16)

1 Petrus 3:8-12                                Epistel Minggu 15 Agustus 2010

DAMAI DENGAN SURGA, DAMAI DI BUMI

8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, 9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab: 10 "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. 11 Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya. 12 Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat."

Tentang: Perdamaian

Damai dengan Surga, Damai di Bumi
(8-12)

Tokoh: Petrus

Tempat/waktu: kemungkinan surat Petrus dikirim dari Roma, tahun AD 62-64 kepada Jemaat di Asia Kecil.

Proporsi: melakukan yang baik, mencari dan mendapatkan perdamaian

Bentuk sastra: surat

Pokok bahasan: menjaga hubungan baik dengan sesama

Ringkasan isi: Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus mencari dan berusaha mendapatkan perdamaian (8-12).
Cara: seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, dan tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah memberkati, sebagai yang dipanggil untuk menerima berkat (8-9);
Maka: jaga lidah terhadap yang jahat dan bibir terhadap ucapan-ucapan yang menipu, jauhi yang jahat dan lakukan yang baik, cari dan usahakan mendapatkan perdamaian (10-11).
Alasan: mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat (12).

Ayat kunci utama: 1 Petrus 3:9 
9  dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.

Pokok pikiran/tema utama: Sebagai orang yang dipanggil untuk memperoleh berkat, hiduplah berdampingan memberkati dalam damai dengan sesama saudara.

Istilah penting: dipanggil, memberkati, perdamaian

Ciri khas: Petrus menyemangati orang-orang Yahudi Kristen yang menderita karena teraniaya dan terusir dari Yerusalem lalu terserak di berbagai kota di Asia Kecil, menderita karena teraniaya, terbunuh dan terusir dari Roma, atas perintah Kaisar Nero.

Hubungan struktural utama: sebab-akibat—Hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati (8-9a), karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab: "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya. Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat." (9b-12).

Ayat paralel:
ay 10-12: Maz 34:13-17  Siapakah orang yang menyukai hidup, yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik? 14 Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu; 15 jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya! 16 Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong; 17 wajah TUHAN menentang orang-orang yang berbuat jahat untuk melenyapkan ingatan kepada mereka dari muka bumi. .

Ayat Konteks:
ay 9 … kejahatan Rom 12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!
… memberkati Ibr 6:14  kata-Nya: "Sesungguhnya Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan akan membuat engkau sangat banyak." > Mat 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. > 1 Kor 4:12-13 kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami memberkati; kalau kami dianiaya, kami sabar; 13 kalau kami difitnah, kami tetap menjawab dengan ramah; kami telah menjadi sama dengan sampah dunia, sama dengan kotoran dari segala sesuatu, sampai pada saat ini.

Memberkati—LAI … NAS: giving a blessing; NIV: with blessing; IBIS: memohonkan berkat dari Allah

Blessing—the gift of God’s grace
A. Physical and temporal:
Prosperity (Mat 3:10-12); Food, clothing (Mat 6:26, 30-33); sowing, harvest (Kis 14:17); Longevity (Kel 20:12); Children (Maz 127:3-5)
C. Spiritual and eternal:
Salvation (Yoh 3:16); Ejection (Ef 1:3-5); Regeneration (2 Kor 5:17); Forgiveness (Kol 1:14); Adoption (Rom 8:15-17); No condemnation (Rom 8:1); Holy Spirit (Kis 1:8); Justification (Kis 13:38, 39); New covenant (Ibr 8:6-13); Fatherly discipline (Ibr 12:5-11); Christ’s intercession (Rom 8:34); Sanctification (Rom 8:3-14); Perseverance (Yoh 10:27-29); Glorification (Rom 8:30).

Called—one’s vocation
Faith and one’s … 1Kor 7:20-22  Baiklah tiap-tiap orang tinggal dalam keadaan, seperti waktu ia dipanggil Allah. 21 Adakah engkau hamba waktu engkau dipanggil? Itu tidak apa-apa! Tetapi jikalau engkau mendapat kesempatan untuk dibebaskan, pergunakanlah kesempatan itu. 22 Sebab seorang hamba yang dipanggil oleh Tuhan dalam pelayanan-Nya, adalah orang bebas, milik Tuhan. Demikian pula orang bebas yang dipanggil Kristus, adalah hamba-Nya.

Calling, the Christian
A. Manifested through
Christ … Mat 9:13  Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."
Holy Spirit … Wah 22:17  Roh dan pengantin perempuan itu berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!
Gospel … 2Tes 2:14  Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita.

C. Goals of (calling Christian)
Holiness … 1Tes 4:7  Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yang cemar, melainkan apa yang kudus.
Peace … 1Kor 7:15 Tetapi kalau orang yang tidak beriman itu mau bercerai, biarlah ia bercerai; dalam hal yang demikian saudara atau saudari tidak terikat. Tetapi Allah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera.
Glory and excellence … 2Petr 1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.
Fellowship with Christ 1 Kor 1:9
Freedom Gal 5:13
Eternal glory  2 Tes 2:14
Eternal life 1 Tim 6:12

D. Attitude toward:
Walk worthy of Ef 4:1
Make it sure 2 Pet 1:10
Of gentiles  Ef 4:19

Peace
B. Source of
God … Fil 4:7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
Christ … Yoh 14:17  yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
Holy Spirit … Gal 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

G. Among believers, exhortations regarding
Should live in … 2Kor 13:11  Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu!

Should pursue … 2Tim 2:22 Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai [buah-buah Roh !]bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni [tulus].

Penyataan Kristus: murah hati

PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: dipanggil
b. Hubungan utama: sebab-akibat—Hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati (8-9a), karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab: "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya. Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat." (9b-12). 
   -- Aspek utama: mencari dan berusaha mendapatkan perdamaian (penerapan Hukum Mas Kasih)
c. Tema utama/pokok pikiran utama: Sebagai orang yang dipanggil untuk memperoleh berkat berlimpah, hiduplah berdampingan dengan memberkati dalam damai dengan sesama saudara.

Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah yang dimaksud dengan “dipanggil” dalam ayat 9?
     --  dipanggil oleh Tuhan Allah melalui iman dalam Yesus Kristus untuk menerima anugerah keselamatan dan berkat berlimpah (Ibr 6:14)

2) Apakah perdamaian atau damai yang harus dicari dan didapatkan menurut ay 11? 
     -- salah satu dari buah-buah Roh (Gal 5:22)

Alasan
3) Kenapa Allah memanggil kita? 
     -- supaya melakukan apa yang kudus (1 Tes 4:7)
     -- supaya hidup dalam damai sejahtera (1 Kor 7:15)

4) Kenapa harus mengusahakan pencapaian perdamaian?
     -- mentaati kehendak Allah, karena telah Allah berkati berlimpah-limpah (Ibr 6:14; 2 Kor 13:11)

Cara
5) Bagaimana Allah memanggil?
     -- melalui penebusan oleh Yesus Kristus (Mat 9:13)
     -- penganugerahan Roh Kudus bekerja dalam diri orang yang mau percaya (Wah 22:17)
     -- oleh Injil yang diberitakan (2 Tes 2:14)

6) Bagaimana memperoleh perdamaian?
     -- membiarkan Roh Kudus yang bekerja dalam diri menghasilkan buah Roh (Gal 5:22)

Implikasi
7) Apa yang tersirat dari pemanggilan kita orang percaya yang dimaksud dakam perikop ini dalam hubungan dengan sesama orang percaya? 
    --  menerapkan Hukum Mas Kasih dalam hidup sehari-hari (Mat 22:37-39)
    --  dengan murah hati memaafkan dan memberkati

8) Apa yang tersirat dari upaya mendapatkan perdamaian, yaitu hidup berdampingan dalam damai sejahtera dengan sesama orang percaya?
     -- berserah sepenuhnya Roh Kudus yang bekerja dalam diri

Kesimpulan:
1. Orang Kristen dipanggil adalah untuk beroleh berkat berlimpah, maka seharusnya pula terpanggil untuk murah hati memberkati (ataupun memohonkan berkat Allah) mereka yang berbuat jahat ataupun yang mencaci-maki (ay 9; Ibr 6:14) 
2. Dengan demikian akan hidup berdampingan dalam damai sejahtera dengan siapa pun.
3. Untuk itu supaya membiarkan Roh Kudus bekerja sepenuhnya dalam diri (dipenuhi Roh).
4. Dengan demikian pula apa yang diminta dalam ay 8-9, yang pada hakekatnya adalah buah Roh, dengan sendirinya akan ternyatakan.

Pesan:
Sebagai orang yang dipanggil untuk memperoleh berkat berlimpah, hiduplah berdampingan dengan memberkati dalam damai sejahtera dengan sesama saudara.

PENERAPAN
Evaluasi
:
Juga berlaku bagi orang Kristen masa kini.

Butir-butir penerapan:
1. Terus menerus berkomuikasi dengan Tuhan Yesus
2. Semakin mengurangi pengandalan hikmat duniawi dengan semakin ingat takut akan Allah.
3. Berserah semakin penuh pada pimpinan Roh Kudus, semakin hidup dipenuhi Roh
4. Semakin bertumbuh dalam iman, teori dan praktek, a.l. melalui ketekunan ber-Saat Teduh dan PA-Pribadi.

Tekad/Tujuan
Semakin dipenuhi Roh.

Ayat hapalan: 1 Petrus 3:9
“dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat”.

IMS 100806

No comments:

Post a Comment