Tuesday, July 13, 2010

PA PRIBADI (14)

2 Petrus 2:10-15        Epistel Minggu 18 Juli 2010

BINASAKAN DIRI TERMABUK HAWA NAFSU
GARA-GARA
TERPIKAT
GURU PALSU

10  terutama mereka yang menuruti hawa nafsunya karena ingin mencemarkan diri dan yang menghina pemerintahan Allah. Mereka begitu berani dan angkuh, sehingga tidak segan-segan menghujat kemuliaan, 11 padahal malaikat-malaikat sendiri, yang sekalipun lebih kuat dan lebih berkuasa dari pada mereka, tidak memakai kata-kata hujat, kalau malaikat-malaikat menuntut hukuman atas mereka di hadapan Allah. 12 Tetapi mereka itu sama dengan hewan yang tidak berakal, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk ditangkap dan dimusnahkan. Mereka menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar, 13 dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka. Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan. Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama dengan kamu. 14 Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! 15 Oleh karena mereka telah meninggalkan jalan yang benar, maka tersesatlah mereka, lalu mengikuti jalan Bileam, anak Beor, yang suka menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat.

PENGAMATAN

Tentang: tabiat guru palsu

KUATLAH HADAPI GURU PALSU
(10-15)

Tokoh: Petrus

Tempat/waktu: Roma, tahun 67 M

Proporsi: Ciri-ciri guru palsu

Bentuk sastra: surat nasihat peringatan (supaya hati-hati)

Pokok bahasan: terpikat guru palsu

Ringkasan isi:

Awas jangan sampai terpikat. Kenali segera dari ciri-ciri mereka. Kendalikan hawa nafsu, jangan abaikan kehendak Allah, supaya tidak terpikat (10-15).

--- Mereka yang menuruti hawa nafsu dan mereka yang menghina pemerintahan Allah, begitu berani dan angkuh, tidak segan-segan menghujat kemuliaan, padahal malaikat-malaikat sendiri, yang lebih kuat dan lebih berkuasa, tidak memakai kata-kata hujat kalau menuntut hukuman atas mereka di hadapan Allah (10-11).

---Tetapi sama dengan hewan yang tidak berakal, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk ditangkap dan dimusnahkan, mereka menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar, dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka (12-13a).

--- Tanpa malu-malu terang-terangan melakukan apa saja terdorong pemuasan keinginan badan. Sikap dalam pesta makan memuakkan kemabukan hawa nafsu. Tak bosan-bosannya berbuat dosa, dan kesukaannya memandang wanita cabul. Dan orang yang baru percaya dan masih kurang yakin pun jadinya terpikat (13b-14a).

--- Hati mereka sudah terbiasa dengan keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! Tidak mau mengikuti jalan yang lurus, mereka pun tersesat seperti Bileam yang ingin sekali mendapat uang dari perbuatannya yang jahat (14b-15).

Ayat kunci : 2 Petrus 2:14
Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk!

Pokok pikiran/tema utama:
Hati-hati jangan sampai terpikat, akibat dikendalikan oleh hawa nafsu dan mengabaikan kehendak Allah. Kenali mereka segera dari ciri-ciri khasnya.

Istilah penting: hawa nafsu, mereka  d.h.i. guru-guru palsu

Ciri khas: --

Hubungan struktural utama: penentangan—Mereka yang menuruti hawa nafsu dan mereka yang menghina pemerintahan Allah,  begitu berani dan angkuh, tidak segan-segan menghujat kemuliaan, padahal malaikat-malaikat sendiri, yang lebih kuat dan lebih berkuasa, tidak memakai kata-kata hujat kalau menuntut hukuman atas mereka di hadapan Allah (10-11). Tetapi sama dengan hewan yang tidak berakal, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk ditangkap dan dimusnahkan, mereka menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar, dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka (12-13a). Tanpa malu-malu terang-terangan melakukan apa saja terdorong pemuasan keinginan badan. Sikap dalam pesta makan memuakkan kemabukan hawa nafsu. Tak bosan-bosannya berbuat dosa, dan kesukaannya memandang wanita cabul. Dan orang yang baru percaya dan masih kurang yakin pun jadinya terpikat (13b-14a). Hati mereka sudah terbiasa dengan keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! Tidak mau mengikuti jalan yang lurus, mereka pun tersesat seperti Bileam yang ingin sekali mendapat uang dari perbuatannya yang jahat (14b-15).

Ayat paralel:
ay 12: Yudas 1:10 Tetapi dengan penghinaan-penghinaan, orang-orang itu menyerang segala sesuatu yang mereka tidak mengerti. Mereka sama seperti binatang-binatang yang tidak berakal, yang mengetahui hal-hal dengan nalurinya. Tetapi justru hal-hal itulah yang menyebabkan kehancuran mereka.

Ayat Konteks:

ay 10: … menghujat kemuliaan … Yudas 1:8 Demikian juga oknum-oknum itu berkhayal-khayal sampai mereka berbuat dosa terhadap badan mereka sendiri. Mereka memandang rendah kekuasaan Allah dan menghina para makhluk yang mulia di surga

ay 11: … tidak memakai kata-kata hujat … Yudas 1:9  Mikhael sendiri, yang mengepalai malaikat-malaikat, tidak pernah berbuat seperti itu. Pada waktu ia bertengkar dengan Iblis dalam perselisihan tentang siapa yang akan mendapat mayat Musa, Mikhael tidak berani menghakimi Iblis dengan kata-kata penghinaan. Mikhael hanya berkata, "Tuhan akan membentak engkau!"

ay 13a: … berfoya-foya pada siang hari … Rom 13:13 Kita harus melakukan hal-hal terhormat seperti yang biasanya dilakukan orang pada siang hari; jangan berpesta pora melampaui batas, atau mabuk. Jangan cabul, atau berkelakuan tidak sopan. Jangan berkelahi, atau iri hati.

ay 13b: … Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka … 1Kor 11:20, 21 … Tetapi pada waktu kalian berkumpul, yang kalian adakan itu bukan Perjamuan Tuhan. 21 Sebab pada waktu makan, kalian masing-masing berebut mengambil makanannya sendiri, sampai ada yang tidak mendapat apa-apa, sedangkan yang lainnya menjadi mabuk.

ay 14: … memikat orang-orang yang lemah … 2Pet 2:18  Mereka membuat pernyataan-pernyataan yang muluk-muluk dan kosong; nafsu yang cabul dipakai oleh mereka guna menjerumuskan orang-orang yang baru saja mulai terlepas dari lingkungan orang yang hidup sesat;  … Yak 1:8  Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

ay 15a: … telah meninggalkan jalan benar … Kis 13:10 dan berkata: "Hai anak Iblis, engkau penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejahatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan Jalan Tuhan yang lurus itu?

ay 15b: … Bileam …Bil 22:4-20 Lalu orang Moab berkata kepada para pemimpin orang Midian, "Tak lama lagi gerombolan itu melahap segala sesuatu di sekitar kita seperti sapi melahap rumput di padang." Maka Raja Balak 5 mengirim utusan untuk memanggil Bileam, anak Beor, yang tinggal di kota Petor dekat Sungai Efrat di daerah Amau. Mereka disuruh menyampaikan kepada Bileam pesan ini dari Balak, "Ketahuilah, ada suatu bangsa datang dari Mesir; orang-orangnya menyebar ke mana-mana dan siap menyerang daerah kami. 6 Mereka lebih kuat dari kami. Jadi, datanglah! Kutuklah mereka untukku. Barangkali kami dapat mengalahkan mereka dan mengusir mereka dari negeri ini. Sebab aku yakin orang yang kauberkati akan mendapat berkat, dan orang yang kaukutuk akan mendapat kutuk." 7 Maka pergilah para pemimpin orang Moab dan Midian itu dengan membawa upah untuk Bileam supaya ia mau mengutuk orang Israel. Setelah sampai kepada Bileam, mereka menyampaikan kepadanya pesan Raja Balak. 8 Kata Bileam kepada mereka, "Bermalamlah di sini. Besok akan saya kabarkan kepada kalian apa yang dikatakan TUHAN kepada saya." Maka para pemimpin Moab itu tinggal di tempat Bileam. 9 Lalu Allah datang kepada Bileam dan bertanya, "Siapakah orang-orang itu yang tinggal di tempatmu, Bileam?" 10 Jawab Bileam, "Mereka utusan Raja Balak dari Moab untuk mengabarkan 11 bahwa suatu bangsa yang datang dari Mesir telah tersebar di mana-mana. Raja Balak menyuruh saya mengutuk bangsa itu untuk dia, supaya ia dapat memerangi dan mengusir mereka." 12 Kata Allah kepada Bileam, "Jangan pergi dengan orang-orang itu, dan jangan mengutuk bangsa itu, karena mereka telah Kuberkati." 13 Keesokan harinya Bileam berkata kepada para utusan Balak itu, "Pulanglah, TUHAN tidak mengizinkan saya pergi dengan kalian." 14 Maka kembalilah mereka kepada Balak dan mengabarkan kepadanya bahwa Bileam tidak mau datang bersama mereka. 15 Lalu Balak mengirim lebih banyak utusan yang lebih tinggi pangkatnya dari yang pertama. 16 Mereka menyampaikan kepada Bileam pesan ini dari Balak, "Aku mohon dengan sangat: datanglah, dan jangan menolak. 17 Aku akan memberi upah yang banyak sekali, dan melakukan apa saja yang kaukatakan. Datanglah, dan kutuklah bangsa itu untukku." 18 Tetapi Bileam menjawab, "Sekalipun semua perak dan emas yang ada di dalam istana Raja Balak dibayarkan kepada saya, saya tak dapat melanggar perintah TUHAN, Allah yang saya sembah. Biar dalam hal yang kecil pun saya tidak dapat menentangnya. 19 Tetapi baiklah kalian bermalam di sini, seperti yang dilakukan para utusan yang terdahulu. Saya ingin tahu apakah masih ada yang mau dikatakan TUHAN kepada saya." 20 Malam itu Allah datang kepada Bileam dan berkata, "Orang-orang itu datang untuk minta engkau pergi dengan mereka. Jadi bersiap-siaplah untuk pergi. Tetapi lakukanlah hanya yang diperintahkan kepadamu."

False teachers – guru-guru palsu 
A. Characteristics of:
Grace perverters … Gal 1:6-8 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, 7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus. 8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. 9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.
Money lovers … Luk 16:14 Semuanya itu didengar oleh orang-orang Farisi, hamba-hamba uang itu, dan mereka mencemoohkan Dia.
Christ-deniers … 2Pet 2:1  Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.
Truth-opposers … 2Tim 3:8 Sama seperti Yanes dan Yambres menentang Musa, demikian juga mereka menentang kebenaran. Akal mereka bobrok dan iman mereka tidak tahan uji.
Myth-lovers … 2Tim 4:3, 4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. 4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.
Deprived of the truth … 1Tim 6:3-5 Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat--yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus--dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita, 4 ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga, 5 percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan.
Bound by traditions … Mat 15:9 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia."
Unstable … 1Tim 1:6, 7 Tetapi ada orang yang tidak sampai pada tujuan itu dan yang sesat dalam omongan yang sia-sia. 7 Mereka itu hendak menjadi pengajar hukum Taurat tanpa mengerti perkataan mereka sendiri dan pokok-pokok yang secara mutlak mereka kemukakan.
Deceitful … Ef 4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,
Lustful … 2Pet 2:12-19 Tetapi mereka itu sama dengan hewan yang tidak berakal, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk ditangkap dan dimusnahkan. Mereka menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar, 13 dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka. Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan. Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama dengan kamu. 14 Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! 15 Oleh karena mereka telah meninggalkan jalan yang benar, maka tersesatlah mereka, lalu mengikuti jalan Bileam, anak Beor, yang suka menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat. 16 Tetapi Bileam beroleh peringatan keras untuk kejahatannya, sebab keledai beban yang bisu berbicara dengan suara manusia dan mencegah kebebalan nabi itu. 17 Guru-guru palsu itu adalah seperti mata air yang kering, seperti kabut yang dihalaukan taufan; bagi mereka telah tersedia tempat dalam kegelapan yang paling dahsyat. 18 Sebab mereka mengucapkan kata-kata yang congkak dan hampa dan mempergunakan hawa nafsu cabul untuk memikat orang-orang yang baru saja melepaskan diri dari mereka yang hidup dalam kesesatan. 19 Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.

B. Prevalence of:
In Paul’s time … 2 Tim 1:14, 15 Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita. 15 Engkau tahu bahwa semua mereka yang di daerah Asia Kecil berpaling dari padaku; termasuk Figelus dan Hermogenes.
During this age … 1Tim 4:1-3 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan 2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka. 3 Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.
At Christ’s return … 2Tim 4:3, 4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. 4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

Greed—excessive desire for things > keserakahan (ay 14b) > ketamakan, kerakusan
A. Productive of:
Defeat … Yos 7:11-26
Murder … 1Kin 21:1-16
Betrayal … Luk 22:1-6

B. Examples of
Samuel’s sons … 1Sam 8:1, 3
False prophets … Yes 56:10, 11
False teachers … 2Pet 2:14, 15

Avarice—covetousness, greed > ketamakan, keserakahan akan harta
A. Productive of:
Defeat … Yos 7:11, 21
Death … 1Kin 21:5-16
Discontent … Yak 4:1-4

B. Examples of
Balaam … 2Pet 2:15
etc

Covetousness—an insatiable desire for worldly gain > serakah, iri hati, ketamakan
A. Described as
Idolatry … Kol 3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,
Root of evil … 1Tim 6:9-11 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. 10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. 11 Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.
Never satisfied … Hab 2:9 Celakalah orang yang mengambil laba yang tidak halal untuk keperluan rumahnya, untuk menempatkan sarangnya di tempat yang tinggi, dengan maksud melepaskan dirinya dari genggaman malapetaka!
Vanity … Maz 39:6 Ia hanyalah bayangan yang berlalu! Ia hanya mempeributkan yang sia-sia dan menimbun, tetapi tidak tahu, siapa yang meraupnya nanti.

B. Productive of
Theft … Yos 7:21 aku melihat di antara barang-barang jarahan itu jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya; aku mengingininya, maka kuambil; semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah, dan perak itu di bawah sekali."
Lying … 2Raj 5:20-27 berpikirlah Gehazi, bujang Elisa, abdi Allah: "Sesungguhnya tuanku terlalu menyegani Naaman, orang Aram ini, dengan tidak menerima persembahan yang dibawanya. Demi TUHAN yang hidup, sesungguhnya aku akan berlari mengejar dia dan akan menerima sesuatu dari padanya." 21 Lalu Gehazi mengejar Naaman dari belakang. Ketika Naaman melihat ada orang berlari-lari mengejarnya, turunlah ia dengan segera dari atas kereta untuk mendapatkan dia dan berkata: "Selamat!" 22 Jawabnya: "Selamat! Tuanku Elisa menyuruh aku mengatakan: Baru saja datang kepadaku dua orang muda dari pegunungan Efraim dari antara rombongan nabi. Baiklah berikan kepada mereka setalenta perak dan dua potong pakaian." 23 Naaman berkata: "Silakan, ambillah dua talenta." Naaman mendesak dia, dan membungkus dua talenta perak dalam dua pundi-pundi dan dua potong pakaian, lalu memberikannya kepada dua bujangnya; mereka ini mengangkut semuanya di depan Gehazi. 24 Setelah mereka sampai ke bukit, disambutnyalah dari tangan mereka, disimpannya di rumah, dan disuruhnya kedua orang itu pergi, maka pergilah mereka. 25 Baru saja Gehazi masuk dan tampil ke depan tuannya, berkatalah Elisa kepadanya: "Dari mana, Gehazi?" Jawabnya: "Hambamu ini tidak pergi ke mana-mana!" 26 Tetapi kata Elisa kepadanya: "Bukankah hatiku ikut pergi, ketika orang itu turun dari atas keretanya mendapatkan engkau? Maka sekarang, engkau telah menerima perak dan dengan itu dapat memperoleh kebun-kebun, kebun zaitun, kebun anggur, kambing domba, lembu sapi, budak laki-laki dan budak perempuan, 27 tetapi penyakit kusta Naaman akan melekat kepadamu dan kepada anak cucumu untuk selama-lamanya." Maka keluarlah Gehazi dari depannya dengan kena kusta, putih seperti salju.
Murder … Ams 1:18,19 padahal mereka menghadang darahnya sendiri dan mengintai nyawanya sendiri. 19 Demikianlah pengalaman setiap orang yang loba akan keuntungan gelap, yang mengambil nyawa orang yang mempunyainya.
Falsehood … Kis 5:1-10 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah. 2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul. 3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? 4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." 5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu. 6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya. 7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi. 8 Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian." 9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar." 10 Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya.
Hurtful lusts … 1Tim 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.
Apostasy … 1Tim 6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

C. Exclude from
God’s kingdom … 1Kor 6:10; Ef 5:5
Sacred offices … 1Tim 3:3
Heaven … Ef 5:5

D. Examples of
Saul … 1Sam 15:9, 19
Yudas … Mat 26:14, 15
Ananias … Kis 5:1-11

Desire, spiritual – hasrat, keinginan
Renewed fellowship … 1Tes 2:17
Church office … 1Tim 3:1
Spiritual knowledge … 1Pet 2:2
Spiritual gifts … 1Kor 14:1

Penyataan Kristus: maha kasih, maha adil

PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: guru-guru palsu
b. Hubungan utama: penentangan—Mereka yang menuruti hawa nafsu dan mereka yang menghina pemerintahan Allah, begitu berani dan angkuh, tidak segan-segan menghujat kemuliaan, padahal malaikat-malaikat sendiri, yang lebih kuat dan lebih berkuasa, tidak memakai kata-kata hujat kalau menuntut hukuman atas mereka di hadapan Allah (10-11). Tetapi sama dengan hewan yang tidak berakal, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk ditangkap dan dimusnahkan, mereka menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar, dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka (12-13a). Tanpa malu-malu terang-terangan melakukan apa saja terdorong pemuasan keinginan badan. Sikap dalam pesta makan memuakkan kemabukan hawa nafsu. Tak bosan-bosannya berbuat dosa, dan kesukaannya memandang wanita cabul. Dan orang yang baru percaya dan masih kurang yakin pun jadinya terpikat (13b-14a). Hati mereka sudah terbiasa dengan keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! Tidak mau mengikuti jalan yang lurus, mereka pun tersesat seperti Bileam yang ingin sekali mendapat uang dari perbuatannya yang jahat (14b-15). 
-- Aspek utama: hawa nafsu keserakahan > tak segan memutar balik kebenaran, ikut pesanan demi bayaran

c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Awas jangan sampai terpikat. Kenali segera dari ciri-ciri mereka. Kendalikan hawa nafsu, jangan abaikan kehendak Allah, supaya tidak terpikat.

Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah ciri-ciri guru palsu?
     --  Berbalik ikuti injil lain (Gal 1:6-8); Hamba-hamba uang (Luk 16:14); Penyangkal Kristus  (2Pet 2:1); Penentang kebenaran (2Tim 3:8); Pencinta dongeng (2Tim 4:3, 4); Kehilangan kebenaran (1Tim 6:3-5); Terikat tradisi (Mat 15:9); Tak stabil (1Tim 1:6, 7); Penuh tipuan (Ef 4:14); Penuh nafsu (2Pet 2:12-19).

2) Apakah maksudnya hawa nafsu dalam ayat 10 dan 14?
     -- keinginan kuat untuk memuaskan diri, keinginan tubuh/daging. 
     -- desakan hati dan keinginan keras (untuk menurutkan hati, melepaskan marah, dsb); nafsu = keinginan (kecenderungan, dorongan) hati yang kuat; dorongan hati yang kuat untuk berbuat kurang baik; selera; gairah atau keinginan (makan)

3) Apakah keserakahan? 
     -- kelobaan; ketamakan; kerakusan
     -- Penyembahan berhala (Kol 3:5); Akar kejahatan (1Tim 6:9-11); Tak pernah puas (Hab 2:9); Kesia-siaan (Maz 39:6).

Alasan
4) Kenapa orang menjadi guru palsu? 
     -- serakah, tamak, rakus
     -- terdorong oleh hawa nafsu kotor, tak murni
     -- godaan Iblis

Cara
5) Bagaimana mengajar kepalsuan?
     -- tidak mengajarkan yang seharusnya tetapi karangan sendiri
     -- memutar balik kebenaran
6) Bagaimana menjalankan keserakahan?
     -- berbohong
     -- Pencurian (Yos 7:21); Pembohongan (2Raj 5:20-27); Kepalsuan (Kis 5:1-10); Nafsu mencelakakan (1Tim 6:9); Pengingkaran agama, iman, prinsip (1Tim 6:10).

Implikasi
8) Apa yang tersirat dari adanya guru-guru palsu? 
     -- hati-hati, kendalikan hawa nafsu, takut akan Tuhan supaya tidak terpikat
     -- kuasai kebenaran Firman
9) Apa yang tersirat dari keserakahan?
     -- kendalikan hawa nafsu
     -- rendah hati
     -- peduli sesama

Kesimpulan:
1.  Dalam masyarakat Kristen dewasa ini tak terhindarkan adanya guru-guru palsu
2.  Keberadaan guru-guru palsu perlu dikenali sedini mugkin.
3.  Supaya tidak mudah terpikat, setiap orang percaya perlu mendalami Firman dan mengendalikan nafsunya
4.  Idealnya setiap orang percaya perlulah dipenuhi Roh.

Pesan
:
Awas jangan sampai terpikat guru-guru palsu. Kenali segera dari ciri-ciri mereka. Kendalikan hawa nafsu, jangan abaikan kehendak Allah, supaya tidak terpikat.

PENERAPAN
Evaluasi
:
Berlaku juga bagi orang percaya masa kini.

Butir-butir penerapan:
1. Tekun mendalami Firman
2. Mentaati kenendak Allah

Tekad/Tujuan
Tekun mendalami Alkitab.

Ayat hapalan: 2 Petrus 2:14
Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk!

IMS 100711

No comments:

Post a Comment