Thursday, June 3, 2010

PA PRIBADI (11)

Rut 1:1-6                                    Epistel Minggu tgl 6 Juni 2010

HATI-HATI AMBIL KEPUTUSAN

Kerawanan Pangan

1 Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel. Lalu pergilah seorang dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab untuk menetap di sana sebagai orang asing. 2 Nama orang itu ialah Elimelekh, nama isterinya Naomi dan nama kedua anaknya Mahlon dan Kilyon, semuanya orang-orang Efrata dari Betlehem-Yehuda; dan setelah sampai ke daerah Moab, diamlah mereka di sana. 3 Kemudian matilah Elimelekh, suami Naomi, sehingga perempuan itu tertinggal dengan kedua anaknya. 4 Keduanya mengambil perempuan Moab: yang pertama bernama Orpa, yang kedua bernama Rut; dan mereka diam di situ kira-kira sepuluh tahun lamanya. 5 Lalu matilah juga keduanya, yakni Mahlon dan Kilyon, sehingga perempuan itu kehilangan kedua anaknya dan suaminya. 6 Kemudian berkemaslah ia dengan kedua menantunya dan ia pulang dari daerah Moab, sebab di daerah Moab ia mendengar bahwa TUHAN telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan kepada mereka.

Tentang: keputusan

Hati-hati Ambil Keputusan
(1-6)

Tokoh:
Elimelekh, Naomi, Mahlon dan Kilyon orang-orang Efrata, Orpa dan Rut orang-orang Moab

Tempat/waktu:
Betlehem-Yehuda, Moab, l.k. 1000 thn sebelum Masehi dalam masa pemerintahan Hakim-hakim

Proporsi:
kematian suami dan kedua anak Naomi di Moab dan keputusannya pulang kembali ke Efrata

Bentuk sastra:
narasi sejarah

Pokok bahasan:
menghindarkan diri dari mala petaka berupa kerawanan pangan di Efrata

Ringkasan isi:
Setelah kematian suami dan kedua anaknya, setelah menetap di Moab, berkemaslah Rut bersama ke dua menantunya hendak kembali ke Betlehem-Yehuda, sebab ia mendengar bahwa TUHAN telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan kepada mereka (1-6).
-  Elimelekh dari Betlehem-Yehuda mengajak istrinya Naomi dan ke dua anaknya Mahlon dan Kilyon menetap sebagai orang asing di Moab, karena Israel sedang dilanda kelaparan (1-2).
-  Kemudian matilah Elimelekh, sehingga Naomi tertinggal dengan kedua anaknya. Keduanya mengambil perempuan Moab, bernama Orpa dan Rut; dan mereka diam di situ kira-kira sepuluh tahun lamanya. Lalu matilah juga Mahlon dan Kilyon, sehingga Naomi kehilangan kedua anaknya dan suaminya (3-5).
-  Kemudian berkemaslah Rut dengan kedua menantunya pulang dari daerah Moab, sebab ia mendengar bahwa TUHAN telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan kepada mereka (6).

Ayat kunci utama:
Rut 1:6
Kemudian berkemaslah ia dengan kedua menantunya dan ia pulang dari daerah Moab, sebab di daerah Moab ia mendengar bahwa TUHAN telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan kepada mereka.

Pokok pikiran/tema utama:
Menghindar dari bahaya kelaparan, Elimelekh justru menemui kematian di tempat pengasingan di daerah Moab, dan ke dua anaknya menikahi pula gadis Moab, lalu kemudian mati juga di sana. Setelah itu Naomi pun berkemas pulang ke Betlehem-Yehuda bersama ke dua menantunya.

Istilah penting:
kelaparan

Ciri khas: --

Hubungan struktural utama: sebab-akibat—Elimelekh dari Betlehem- Yehuda mengajak istrinya Naomi dan kedua anaknya Mahlon dan Kilyon menetap sebagai orang asing di Moab, karena Israel sedang dilanda kelaparan (1-2). Kemudian matilah Elimelekh, sehingga Naomi tertinggal dengan kedua anaknya. Keduanya mengambil perempuan Moab, bernama Orpa dan Rut; dan mereka diam di situ kira-kira sepuluh tahun lamanya. Lalu matilah juga Mahlon dan Kilyon, sehingga Naomi kehilangan kedua anaknya dan suaminya (3-5). Kemudian berkemaslah Rut dengan kedua menantunya pulang dari Moab, sebab ia mendengar bahwa TUHAN telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan kepada mereka (6).
--- Aspek utama: kepatuhan akan perintah Tuhan

Ayat paralel:
---

Ayat konteks:

ay 1: hakim-hakim … Hak 2:16-18 Maka TUHAN membangkitkan hakim-hakim, yang menyelamatkan mereka dari tangan perampok itu. 17 Tetapi juga para hakim itu tidak mereka hiraukan, karena mereka berzinah dengan mengikuti allah lain dan sujud menyembah kepadanya. Mereka segera menyimpang dari jalan yang ditempuh oleh nenek moyangnya yang mendengarkan perintah TUHAN; mereka melakukan yang tidak patut. 18 Setiap kali apabila TUHAN membangkitkan seorang hakim bagi mereka, maka TUHAN menyertai hakim itu dan menyelamatkan mereka dari tangan musuh mereka selama hakim itu hidup; sebab TUHAN berbelas kasihan mendengar rintihan mereka karena orang-orang yang mendesak dan menindas mereka.

ay 2: Bethlehem … Kej 35:19 Demikianlah Rahel mati, lalu ia dikuburkan di sisi jalan ke Efrata, yaitu Betlehem.

ay 6: aid of His people … Kel 4:31 Lalu percayalah bangsa itu, dan ketika mereka mendengar, bahwa TUHAN telah mengindahkan orang Israel dan telah melihat kesengsaraan mereka, maka berlututlah mereka dan sujud menyembah.
providing food … Mat 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya

ay 1: every one did as he saw fit … Hak 17:6 Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri; 21:25 Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri.

ay 4, 5 friendly relation with Moabites discourage … Ul 23:3-6  Seorang Amon atau seorang Moab janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluhpun tidak boleh masuk jemaah TUHAN sampai selama-lamanya, 4 karena mereka tidak menyongsong kamu dengan roti dan air pada waktu perjalananmu keluar dari Mesir, dan karena mereka mengupah Bileam bin Beor dari Petor di Aram-Mesopotamia melawan engkau, supaya dikutukinya engkau. 5 Tetapi TUHAN, Allahmu, tidak mau mendengarkan Bileam dan TUHAN, Allahmu, telah mengubah kutuk itu menjadi berkat bagimu, karena TUHAN, Allahmu, mengasihi engkau. 6 Selama engkau hidup, janganlah engkau mengikhtiarkan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka sampai selama-lamanya.

marrying a Cananite was against God’s law … Ul 7:1-4 "Apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau ke dalam negeri, ke mana engkau masuk untuk mendudukinya, dan Ia telah menghalau banyak bangsa dari depanmu, yakni orang Het, orang Girgasi, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, tujuh bangsa, yang lebih banyak dan lebih kuat dari padamu, 2 dan TUHAN, Allahmu, telah menyerahkan mereka kepadamu, sehingga engkau memukul mereka kalah, maka haruslah kamu menumpas mereka sama sekali. Janganlah engkau mengadakan perjanjian dengan mereka dan janganlah engkau mengasihani mereka. 3 Janganlah juga engkau kawin-mengawin dengan mereka: anakmu perempuan janganlah kauberikan kepada anak laki-laki mereka, ataupun anak perempuan mereka jangan kauambil bagi anakmu laki-laki; 4 sebab mereka akan membuat anakmu laki-laki menyimpang dari pada-Ku, sehingga mereka beribadah kepada allah lain. Maka murka TUHAN akan bangkit terhadap kamu dan Ia akan memunahkan engkau dengan segera.

ay 2 mereka masuk daerah Moab … Hak 3:30 Demikianlah pada hari itu Moab ditundukkan oleh Israel, maka amanlah tanah itu, delapan puluh tahun lamanya.

ay 6 memperhatikan umat-Nya dan memberi makan … Kel 4:31  Lalu percayalah bangsa itu, dan ketika mereka mendengar, bahwa TUHAN telah mengindahkan orang Israel dan telah melihat kesengsaraan mereka, maka berlututlah mereka dan sujud menyembah. Yer 29:10 Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.

Mat 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya.

Kelaparan --- penyebab
- dosa … Ezek 14:12, 13 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku: 13 "Hai anak manusia, kalau sesuatu negeri berdosa kepada-Ku dengan berobah setia dan Aku mengacungkan tangan-Ku melawannya dengan memusnahkan persediaan makanannya dan mendatangkan kelaparan atasnya dan melenyapkan dari negeri itu manusia dan binatang,

- Hukuman … 2 Raj 8:1 Elisa telah berbicara kepada perempuan yang anaknya dihidupkannya kembali, katanya: "Berkemaslah dan pergilah bersama-sama dengan keluargamu, dan tinggallah di mana saja engkau dapat menetap sebagai pendatang, sebab TUHAN telah mendatangkan kelaparan, yang pasti menimpa negeri ini tujuh tahun lamanya."

--- contoh masa Hakim-hakim … Rut 1:1

obedience of faith … Rom 16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan dan yang menurut perintah Allah yang abadi, telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman--

Penyataan Kristus:
maha kasih, maha adil

PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: kelaparan
b. Hubungan utama: sebab-akibat—Elimelekh dari Betlehem- Yehuda mengajak istrinya Naomi dan kedua anaknya Mahlon dan Kilyon menetap sebagai orang asing di Moab, karena Israel sedang dilanda kelaparan (1-2). Kemudian matilah Elimelekh, sehingga Naomi tertinggal dengan kedua anaknya. Keduanya mengambil perempuan Moab, bernama Orpa dan Rut; dan mereka diam di situ kira-kira sepuluh tahun lamanya. Lalu matilah juga Mahlon dan Kilyon, sehingga Naomi kehilangan kedua anaknya dan suaminya (3-5). Kemudian berkemaslah Rut dengan kedua menantunya pulang dari Moab, sebab ia mendengar bahwa TUHAN telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan kepada mereka (6).
--- Aspek utama: kepatuhan akan perintah Tuhan

c. Tema utama/pokok pikiran utama:

Menghindar dari bahaya kelaparan, Elimelekh justru menemui kematian di tempat pengasingan di daerah Moab, dan ke dua anaknya menikahi pula gadis Moab, lalu kemudian mati juga di sana. Setelah itu Naomi pun berkemas pulang ke Betlehem-Yehuda bersama ke dua menantunya.

Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah yang dimaksud dengan kelaparan dalam ay 1?
      -- terjadi kerawanan pangan.
      -- orang-orang pada mati kelaparan

Alasan
5) Kenapa ada kelaparan di tanah Israel waktu itu (masa Hakim-hakim)? 
     -- pertanian tidak menghasilkan cukup pangan atau sama sekali tak menghasilkannya
     -- akibat dilanda kekeringan dll

Cara
6) Bagaimana sampai terjadi kelaparan waktu itu?
     -- Allah marah kepada Israel akibat sudah meninggalkan jalan Tuhan, menyembah alah-alah lain, tidak lagi mentaati perintah-Nya (Hak 2:16-18, 17:6; Ezek 14:12, 13; 2 Raj 8:1)

Implikasi
8) Apa yang tersirat dalam keputusan Elimelekh mengajak anak istrinya menghindari kelaparan dengan pindah menetap di Moab? 
     --  Elimelekh mencoba menhindar dari hukuman Tuhan atas bangsa Israel
     -- menetap di Moab adalah juga pelanggaran perintah Tuhan (Ul 23:3-6, 7:1-4)
     -- kekeliruan keputusan Elimelekh berakibat pula hal sama oleh kedua anaknya ketika mengawini gadis Moab, tidak mendapat keturunan dan mati pula di Moab
     -- sebaliknya Naomi telah mengambil keputusan benar dengan pulang kembali ke Betlehem di Yehuda, kemungkinan karena pertobatan

9) Apa yang tersirat sebagai respons terbaik bagi orang percaya dengan memetik pelajaran dari pengalaman keluarga Elimelekh?
     -- menjalani hidup yang berkenan bagi Allah dengan tutntunan Roh Kudus

Kesimpulan:
1.  Keputusan Elimelekh mangajak istri dan anaknya pindah menetap di Moab, demi mengindari bahaya kelaparan di Israel adalah keputusan bijak. 
2. Namun adalah keputusan keliru karena mencoba mengelak dari hukuman Tuhan, bukannya bertahan dengan bertobat dan mengandalkan imannya akan pemeliharaan Allah bagi dirinya sekeluarga.
3.  Keputusan menetap di Moab adalah juga pelanggaran perintah Tuhan. Hukuman baginya adalah mati di tanah Moab.
4. Juga berakibat kedua anaknya mengambil keputusan keliru pula dengan memperistri gadis Moab. Hukuman bagi keduanya adalah tidak beroleh keturunan dan mati di tanah Moab.
5. Sadar akan hal tersebut Naomi mengambil keputusan benar dengan kembali pulang ke Betlehem.

Pesan:
Keputusan keliru bisa berakibat keputusan keliru lain. Keputusan benar akan menjadi dasar keputusan benar lain.

PENERAPAN
Evaluasi
:
Kesimpulan dan pesan yang dipetik dari perikop ini berlaku juga bagi orang percaya masa kini.

Butir-butir penerapan:
1. Jalani hidup berdasar Firman Tuhan
2. Tekun bersaat teduh dan ber-PA
3. Minta petunjuk dan pembenaran Roh Kudus atas setiap keputusan yang mau diambil.

Tekad/Tujuan
Menjalani hidup yang berpusatkan Kristus dalam Firman dengan penuh ketaatan dalam keyakinan penuh.

Ayat hapalan:

Rut 1:6
Kemudian berkemaslah ia dengan kedua menantunya dan ia pulang dari daerah Moab, sebab di daerah Moab ia mendengar bahwa TUHAN telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan kepada mereka.

IMS 100526

No comments:

Post a Comment