Monday, May 24, 2010

PA PRIBADI (10)

Ibrani 8:8-13             Epistel Minggu 23 Mei 2010

PERJANJIAN BERLANDAS BELAS KASIH DAN IMAN

8 Sebab Ia menegor mereka ketika Ia berkata: "Sesungguhnya, akan datang waktunya," demikianlah firman Tuhan, "Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan dengan kaum Yehuda, 9 bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka, pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Sebab mereka tidak setia kepada perjanjian-Ku, dan Aku menolak mereka," demikian firman Tuhan. 10 "Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. 11 Dan mereka tidak akan mengajar lagi sesama warganya, atau sesama saudaranya dengan mengatakan: Kenallah Tuhan! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku. 12 Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka." 13 Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya.

PENGAMATAN

Perjanjian Berlandas Belas Kasih dan Iman
8 - 13

Tentang: perjanjian

Tokoh: Allah

Tempat/Waktu: diduga ditulis paling tidak sebelum penghancuran bait di Yerusalem AD 70; untuk orang-orang Ibrani Kristen, kemungkinan generasi ke dua.

Proporsi: perjanjian baru

Bentuk sastra: narasi

Pokok bahasan: perjanjian yang baru

Ringkasan:

Demikianlah perjanjian yang baru dari Tuhan menggantikan yang pertama yang telah tua dan usang: "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.” (8-13)

  • Akan datang waktunya Tuhan akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan dengan kaum Yehuda (8).
    • Bukan seperti perjanjian yang telah Ia adakan dengan nenek moyang mereka pada waktu membawa mereka keluar dari tanah Mesir; sebab mereka tidak setia kepada perjanjian-Nya tersebut dan Ia menolak mereka (9).
  • Maka inilah perjanjian yang Ia adakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu: "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku (10).
    • Mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku (11).
    • Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka." (12)
  • Dengan demikian, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya (13).

Ayat kunci: ayat 10
"Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.”

Tema utama:
Dengan perjanjian yang baru dari Tuhan, Ia menaruh hukum-Nya dalam akal budi umat-Nya dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Ia akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Nya. Mereka semua akan mengenal-Nya. Ia tidak lagi akan mengingat dosa-dosa mereka.

Istilah-istilah penting & utama: perjanjian

Ciri khas: --

Hubungan struktural utama: sebab-akibatAkan datang waktunya Tuhan akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan dengan kaum Yehuda. Bukan seperti perjanjian yang telah Ia adakan dengan nenek moyang mereka pada waktu membawa mereka keluar dari tanah Mesir, sebab mereka tidak setia kepada perjanjian-Nya tersebut dan Ia menolak mereka (8, 9). Maka inilah perjanjian yang Ia adakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu: "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku (10).  Mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku. Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka (11-12).” Dengan demikian, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya (13).

Aspek utama: pengampunan kesalahan dan dosa karena belas kasihan Allah

Ayat paralel:

ay 8-12: Yer 31:31-34  Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda, 32 bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN. 33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. 34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

ay 10a: Rom 11:27 Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."

Ayat-ayat konteks:

konteks dekat:
Ibr 8:1-7 Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga, 2 dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia. 3 Sebab setiap Imam Besar ditetapkan untuk mempersembahkan korban dan persembahan dan karena itu Yesus perlu mempunyai sesuatu untuk dipersembahkan. 4  Sekiranya Ia di bumi ini, Ia sama sekali tidak akan menjadi imam, karena di sini telah ada orang-orang yang mempersembahkan persembahan menurut hukum Taurat. 5 Pelayanan mereka adalah gambaran dan bayangan dari apa yang ada di sorga, sama seperti yang diberitahukan kepada Musa, ketika ia hendak mendirikan kemah: "Ingatlah," demikian firman-Nya, "bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu." 6 Tetapi sekarang Ia telah mendapat suatu pelayanan yang jauh lebih agung, karena Ia menjadi Pengantara dari perjanjian yang lebih mulia, yang didasarkan atas janji yang lebih tinggi. 7 Sebab, sekiranya perjanjian yang pertama itu tidak bercacat, tidak akan dicari lagi tempat untuk yang kedua.

ay 10 menuliskan dalam hati mereka . . . Ibr 10:16 sebab setelah Ia berfirman: "Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu," Ia berfirman pula: "Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka . . . 2 Kor 3:3 Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.

ay 12 tidak lagi mengingat dosa mereka . . . Ibr 10:17 dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka."

konteks jauh:

ay 11 tidak akan mengajar lagi … akan mengenal aku . . . Yes 54:13 Semua anakmu akan menjadi murid TUHAN, dan besarlah kesejahteraan mereka; . . . Yoh 6:45 Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku. . . . 1 Yoh 2:27 Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

ay 12 menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka . . . Yes 43:25 Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu. . . . Yer 31:34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka." . . . Yer 50:20 Pada waktu itu dan pada masa itu, demikianlah firman TUHAN, orang akan mencari kesalahan Israel, tetapi tidak didapatnya, dan dosa Yehuda, tetapi tidak ada ditemukannya, sebab Aku akan mengampuni orang-orang yang Kubiarkan tinggal hidup.

ay 13 yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua . . . 2 Kor 5:17  Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Perjanjian baru:
- Di janjikan di Eden … Kej 3:15  Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

- Diproklamirkan kepada Abraham … Kej 12:3 Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."

- Dijadwal dalam nubuatan … Dan 9:24-27  Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus. 25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. 26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan. 27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

- Digenapi dalam Kristus … Luk 1:68-79 "Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, 69 Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya itu, 70 --seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus-- 71 untuk melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita, 72 untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus, 73 yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita, 74 supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, 75 dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita. 76 Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, 77 untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, 78 oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi, 79 untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera."

- Dimeteraikan oleh darah-Nya … Ibr 9:11-23 Tetapi Kristus telah datang sebagai Imam Besar untuk hal-hal yang baik yang akan datang: Ia telah melintasi kemah yang lebih besar dan yang lebih sempurna, yang bukan dibuat oleh tangan manusia, --artinya yang tidak termasuk ciptaan ini, -- 12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal. 13 Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, 14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. 15 Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggara yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama. 16 Sebab di mana ada wasiat, di situ harus diberitahukan tentang kematian pembuat wasiat itu. 17 Karena suatu wasiat barulah sah, kalau pembuat wasiat itu telah mati, sebab ia tidak berlaku, selama pembuat wasiat itu masih hidup. 18 Itulah sebabnya, maka perjanjian yang pertama tidak disahkan tanpa darah. 19 Sebab sesudah Musa memberitahukan semua perintah hukum Taurat kepada seluruh umat, ia mengambil darah anak lembu dan darah domba jantan serta air, dan bulu merah dan hisop, lalu memerciki kitab itu sendiri dan seluruh umat, 20 sambil berkata: "Inilah darah perjanjian yang ditetapkan Allah bagi kamu." 21 Dan juga kemah dan semua alat untuk ibadah dipercikinya secara demikian dengan darah. 22 Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan. 23 Jadi segala sesuatu yang melambangkan apa yang ada di sorga haruslah ditahirkan secara demikian, tetapi benda-benda sorgawi sendiri oleh persembahan-persembahan yang lebih baik dari pada itu.

- Diperingati dalam Perjamuan Kudus … 1 Kor 11:25  Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!"

- Dinyatakan kekal … Ibr 13:20 Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita,

Pengampunan—dasar:
- Sifat Allah … Maz 86:5 Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.

- Belas kasihan Allah … Luk 7:42 Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?"

- Penumpahan darah … Ibr 9:22 Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.

- Kematian Kristus … Kol 1:14 di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

- Kuasa Anak … Luk 5:21-24 Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: "Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?" 22 Akan tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu pikirkan dalam hatimu? 23 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, dan berjalanlah? 24 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:"Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

- Pertobatan manusia … Kis 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

- Pengampunan kita … Mat 6:12-14 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; 13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.) 14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.

- Iman kepada Kristus … Kis 10:43 Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."

Penyataan Kristus: maha kasih

PENAFSIRAN

Hal-hal utama:

a. Istilah utama:  perjanjian

b. Hub. struktural utama: sebab-akibatAkan datang waktunya Tuhan akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan dengan kaum Yehuda. Bukan seperti perjanjian yang telah Ia adakan dengan nenek moyang mereka pada waktu membawa mereka keluar dari tanah Mesir, sebab mereka tidak setia kepada perjanjian-Nya tersebut dan Ia menolak mereka (8, 9). Maka inilah perjanjian yang Ia adakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu: "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku (10).  Mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku. Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka (11-12).” Dengan demikian, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya (13).

Aspek utama: pengampunan kesalahan dan dosa karena belas kasihan Allah

c. Tema utama:

Dengan perjanjian yang baru dari Tuhan, Ia menaruh hukum-Nya dalam akal budi umat-Nya dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Ia akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Nya. Mereka semua akan mengenal-Nya. Ia tidak lagi akan mengingat dosa-dosa mereka.

Tanya jawab penafsiran:

Definisi

1. Perjanjian apakah yang dimaksud dengan perjanjian baru dalam perikop ini?
    -- perjanjian Allah untuk memulihkan manusia menjadi umat-Nya
    -- perjanjian baru yang tak seperti perjanjian semula yang sudah usang yang berdasar perbuatan seseorang (9, 13).

2. Apakah isi perjanjian tersebut?
    -- hukum Allah yang ditaruh dalam akal budi dan ditulis dalam hati
    -- dengan demikian Allah akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat Allah
    -- mereka semua, besar kecil, akan mengenal Allah
    -- Allah tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka (10-11)

3. Apakah yang menjadi dasar pengampunan dalam hubungan dengan perjanjian tersebut? 
       -- Allah akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka (12)

Alasan:

4. Kenapa Allah membuat perjanjian baru? 
    -- kegagalan manusia memenuhi perjanjian yang terdahulu
    -- mereka tidak setia kepada perjanjian Allah, dan Allah menolak mereka,
    -- namun Allah menaruh belas kasihan kepada manusia (9, 12)

5. Kenapa diperlukan pengampunan tersebut?
    -- Allah adalah kudus, maka untuk menjadi umat-Nya manusia harus kudus pula
    -- dari dirinya sendiri telah terbukti gagal menjadi kudus

Cara:

6. Bagaimana penggenapan perjanjian tersebut?
    -- digenapi dalam Kristus (Luk 1:68-79; Ibr 8:1-7) 
    -- dimeteraikan oleh darah Kristus (Ibr 9:11-23)
    -- jadi, digenapi ketika Yesus mati di kayu salib

7. Bagaimana orang bisa beroleh manfaat dari perjanjian tersebut?
    -- semata-mata karena iman atas:
    -- Sifat Allah (Maz 86:5) 
    -- Belas kasihan Allah (Luk 7:42) 
    -- Penumpahan darah (Ibr 9:22) 
    -- Kematian Kristus (Kol 1:14) 
    -- Kuasa Anak (Luk 5:21-24) 

8. Bagaimana beroleh pengampunan tersebut?
    -- pertobatan manusia (Kis 2:38)
    -- iman kepada Kristus (Kis 10:43)

Implikasi:

9. Apa implikasi berupa respons atas perjanjian tersebut bagi setiap orang percaya, supaya hukum Allah yang ditaruh dalam akal budi dan ditulis dalam hatinya terlaksana efektif sepenuhnya dalam hidupnya? 
    -- ditaruh dalam akal budi supaya mengetahui dan memahaminya, ditulis dalam hati supaya mengamalkannya
    -- semata-mata hanya karya Roh Kudus dalam diri seseorang (2 Kor 3:3)
    -- maka harus menjalani hidup yang dipenuhi oleh Roh Kudus.

Ringkasan tafsiran/kesimpulan:

  1. Kaum Israel dan Yehuda tidak setia kepada perjanjian Allah, yang Allah adakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Allah menuntun mereka keluar dari tanah Mesir, yang pemenuhannya adalah berdasarkan perbuatan mereka; karenanya Allah telah menolak mereka.
  2. Setelah itu Allah mengadakan perjanjian baru; Allah menaruh hukum-Nya dalam akal budi dan menulisnya dalam hati mereka, Allah menjadi Allah mereka dan mereka menjadi umat-Nya.
  3. Perjanjian baru tersebut digenapi dalam Kristus Yesus dan dimeteraikan oleh darah-Nya.
  4. Maka pemenuhan perjanjian tersebut adalah semata-mata karena iman atas: Sifat Allah (Maz 86:5), Belas kasihan Allah (Luk 7:42), Penumpahan darah (Ibr 9:22), Kematian Kristus (Kol 1:14), Kuasa Anak (Luk 5:21-24).
  5. Dalam hubungan dengan perjanjian tersebut Allah mengampuni dosa karena belas kasihan Allah semata-mata, dan orang memperolehnya semata-mata melalui pertobatan (Kis 2:38) dan iman kepada Kristus (Kis 10:43).

Pesan:
Dengan perjanjian-Nya yang baru Tuhan menaruh hukum-Nya dalam akal budi para orang percaya supaya mengetahui dan memahaminya dan menuliskannya dalam hati mereka supaya mengamalkannya. Ia akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Nya. Mereka semua akan mengenal-Nya. Ia tidak lagi akan mengingat dosa-dosa mereka.

PENERAPAN

Butir-butir penerapan:

  1. Penerapan perjanjian Allah bagi setiap orang percaya, supaya hukum Allah yang ditaruh dan ditulis dalam akal budi dan hati terlaksana efektif sepenuhnya dalam hidup, adalah semata-mata hanya karena karya Roh Kudus dalam diri seseorang (2 Kor 3:3)
  2. Maka harus menjalani hidup yang dipenuhi oleh Roh Kudus.

Tujuan:
Menjalani hidup yang dipenuhi Roh Kudus.

Ayat hapalan: Ibrani 8:10
"Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.”

IMS

No comments:

Post a Comment