Friday, January 22, 2010

AKRAB DENGAN ALLAH

Penelaahan Alkitab Taklah Payah

Andapun Pasti Bisa Paham, Sekalipun Anda Paling Awam

Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman
dan bukan hanya pendengar saja;
sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.  (Yak 1:22)

Penelaahan Alkitab bukanlah untuk mendapat pengetahuan, tetapi untuk mendapat pengalaman, yaitu penerapan dalam hidup pengetahuan yang didapat.

Idealnya untuk menjadi pelaku Firman, hendaklah kebenaran Firman mendarah daging dalam hidup kita. Hal ini akan lebih cepat dan efektif tercapai, bila kebenaran Firman tersebut tertanam dan dipahami melalui hasil telaahan sendiri (Maz 1:1-3) daripada hasil telaahan orang lain—mendengar khotbah, PA pasif, dll. Maka baik sekali bila kita berusaha memahirkan cara PA-Pribadi secara aktif dan benar.

MEMBACA ALKITAB, MENGGALI HARTA
Amsal 2:1-9

Mutiara Kebenaran  Terdapat Dalam Alkitab ¾
Tetapi Anda Harus Menggalinya:

  1. Sediakan waktu yang teratur. Kecuali anda menjadwalkannya, anda akan melalaikannya.
  2. Sebelum mulai membaca, minta Allah akan bantuan dan pemahaman.
  3. Renungkan apa yang anda baca. Harta Alkitab jarang terletak seperti kerikil di permukaan tanah. Untuk menambang emas, anda harus menggalinya.
  4. Sebelum anda memutuskan apa arti sesuatu nas bagi anda, coba pahami apa yang penulis katakan kepada pembacanya semula.
  5. Tuliskan paling sedikit satu kebenaran atau prinsip yang dapat anda terapkan dalam praktek.
  6. Jangan menjadi kecewa. Beberapa bagian Alkitab memang sulit dipahami, tetapi banyak yang dapat anda pahami. Dan jika anda menerapkan apa yang anda pelajari, itu akan mengubah atau merombak hidup anda.

Baca, Resapkan, Renungkan, Tuliskan, Terapkan

Dari: Renungan harian tanggal 17 Januari 2003 dalam Our Daily Bread, RBC Ministries, Grand Rapids, MI 49555, USA (2003).

IMS 100121

No comments:

Post a Comment