Wednesday, January 20, 2010

PA-PRIBADI (1)

Yesaya 49:1-6                        Epistel Minggu 31 Januari 2010
PANGGILAN MENJADI HAMBA ALLAH MENYATAKAN TERANG DI TENGAH BANGSA-BANGSA
Yesus terang dunia
(1)  Dengarkanlah aku, hai pulau-pulau, perhatikanlah, hai bangsa-bangsa yang jauh! TUHAN telah memanggil aku sejak dari kandungan, telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku. (2)  Ia telah membuat mulutku sebagai pedang yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya. Ia telah membuat aku menjadi anak panah yang runcing dan menyembunyikan aku dalam tabung panah-Nya. (3)  Ia berfirman kepadaku: "Engkau adalah hamba-Ku, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagungan-Ku." (4)  Tetapi aku berkata: "Aku telah bersusah-susah dengan percuma, dan telah menghabiskan kekuatanku dengan sia-sia dan tak berguna; namun, hakku terjamin pada TUHAN dan upahku pada Allahku."
(5)  Maka sekarang firman TUHAN, yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya--maka aku dipermuliakan di mata TUHAN, dan Allahku menjadi kekuatanku—, firman-Nya: (6)  "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."
Tentang: penugasan hamba Tuhan (nubuat tentang penugasan Yesus)
Hamba TUHAN sebagai terang di tengah-tengah segala bangsa 
(1-6)
Panggilan menjadi hamba Tuhan menyatakan keagungan-Nya
(1-4)
Penugasan menjadi terang bagi segala bangsa
(5-6)
Tokoh:
Yesaya, Allah

idem
Tempat/waktu:
Yerusalem, menjelang akhir hidup Yesaya, sekitar 681 SM

idem
Proporsi:
personifikasi Mesias (3)

personifikasi penginjilan (6)
Bentuk sastra:
puisi

idem
Pokok bahasan:
Panggilan menjadi hamba Allah

Penugasan sebagai hamba Allah
Ringkasan isi:
Dipanggil menjadi hamba Allah, dan dipersiapkan menyatakan keagungan-Nya (1-4) dengan:
a) membuat mulutnya sebagai pedang yang tajam dan melindunginya di bawah tanganNya (2)
b) membuatnya menjadi anak panah yang runcing yang siap pakai dari tabung panah-Nya (2)
c) maka sebagai hamba-Nya selalu siap sedia menyatakan keagungan-Nya (3-4)

Tugas utama menjadi hamba-Nya adalah menjadi terang bagi bangsa-bangsa (5-6)
Tugas itu mencakup:
a) tugas ke dalam, mengembalikan Yakub dan mengumpulkan sisa-sisa Israel kepada-Nya (5),
b) tugas ke luar, menjadi terang bagi bangsa-bangsa, supaya keselamatan yang dari pada-Nya sampai ke ujung bumi (6)
Ayat kunci utama:
Yes 49:6b “Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."
Pokok pikiran/tema utama:
Sebagai hamba Allah yang dipersiapkan menyatakan keagungan-Nya, hendaklah menjadi terang bagi bangsa-bangsa.
Istilah penting:
terang, hamba TUHAN
Ciri khas:
Kitab Yesaya banyak mengandung nubuat bermuatan ganda, yaitu nubuat yang bakal terjadi segera, sekali gus nubuat kejadian masa depan; juga mengandung banyak personifikasi.
Hubungan struktural utama: sebab-akibat—Dipanggil menjadi hamba TUHAN, masih sejak dari kandungan, mulutnya dibuat tajam sebagai pedang, tubuhnya dilindungi di bawah tangan-Nya, dan dibuat menjadi anak panah yang runcing yang siap pakai dari dalam tabung panah-Nya, sehingga siap untuk menyatakan keagungan-Nya (1-4), maka tugasnya bukan hanya menegakkan suku-suku Yakub dan mengembalikan sisa-sisa orang Israel, tetapi adalah menjadi terang bagi bangsa-bangsa, supaya keselamatan yang dari pada-Nya sampai ke ujung bumi (5-6).
-- Aspek utama: penyiapan sejak kandungan menjadi hamba Allah
Ayat paralel:
ay 1: Yer 1:5 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."
ay 2: Ibr 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita; Why 1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.
ay 6: Yes 42:6 "Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa; Luk 2:32 “yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu, Israel."; Kis 13:47 “Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."; 26:23 tiba-tiba, ya raja Agripa, pada tengah hari bolong aku melihat di tengah jalan itu cahaya yang lebih terang dari pada cahaya matahari, turun dari langit meliputi aku dan teman-teman seperjalananku.
Ayat Konteks:
ay 6 … keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi." Mat 28:18-20 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.  (19)  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,  (20)  dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
Terang: 
Sifat Allah … 1Yoh 1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.
Firman… Maz 119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.
Hikmat … Dan 2:21, 22 Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian;  (22)  Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.
Tuntunan … Maz 78:14 dituntun-Nya mereka dengan awan pada waktu siang, dan semalam suntuk dengan terang api;
Pribadi Kristus … 2Kor 4:6 Sebab Allah yang telah berfirman: "Dari dalam gelap akan terbit terang!", Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.
Orang Kristen … Mat 5:14, 16 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. (16)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."
Misionaris … Mat 10:27 Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah itu dari atas atap rumah.
Hamba Allah:
Mesias … Yes 42:1 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.
Pengikut Kristus … 2Tim 2:24 sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar
Orang Kristen … Kis 2:18 Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat.
Penyataan Kristus:
Maha kasih, Juru Selamat
PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: terang
b. Hubungan utama: sebab-akibat—Dipanggil dan dipersiapkan menjadi hamba TUHAN, masih sejak dari kandungan, mulutnya dibuat tajam sebagai pedang, tubuhnya dilindungi di bawah tangan-Nya, dan dibuat menjadi anak panah yang runcing yang siap pakai dari dalam tabung panah-Nya, sehingga siap untuk menyatakan keagungan-Nya (1-4), maka tugasnya bukan hanya menegakkan suku-suku Yakub dan mengembalikan sisa-sisa orang Israel, tetapi adalah menjadi terang bagi bangsa-bangsa, supaya keselamatan yang dari pada-Nya sampai ke ujung bumi (5-6).
      -- Aspek utama: penyiapan menjadi hamba Allah  
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Sebagai hamba Allah yang dipersiapkan, sejak dari kandungan, menyatakan keagungan-Nya, hendaklah menjadi terang bagi bangsa-bangsa.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah yang dimaksud dengan terang?
     -- terang mewakili apa yang baik, murni, benar, kudus, dan terpercaya atau terandalkan.
      -- sebaliknya gelap mewakili apa yang dosa dan jahat
2) Apakah yang dimaksud dengan menjadi terang bagi bangsa-bangsa? 
     -- Menyampaikan injil keselamatan
     -- Orang Kristen adalah penginjil (Mat 10:27)  
     -- Orang Kristen sebagai panutan (Mat 5:14, 16)
3) Apakah atau siapakah sumber terang?
     -- Allah adalah terang (1Yoh 1:5)
     -- Firman adalah terang (Maz 119:105)
     -- Hikmat adalah terang (Dan 1:21, 22)
     -- Terang adalah tuntunan (Maz 78:14)
4) Siapakah yang dimaksud dengan hamba Allah? 
     -- para nabi
     -- Mesias (Yes 42:1)
     -- Pengikut Kristus (2Tim 2:24)
     -- Orang-orang Kristen (Kis 2:18)
Alasan
5) Kenapa harus menjadi terang? 
     -- karena telah menerima terang, maka balik memancarkan atau memantulkan terang
Cara
6) Bagaimana supaya menjadi terang?
     -- percaya dan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi
     -- berserah sepenuhnya pada tuntunan Roh Kudus
7) Bagaimana caranya menjadi hamba Allah?
     -- rendah hati
     -- taat melakukan kehendak Allah
Implikasi
8) Apa yang tersirat dalam menjadi terang? 
     -- tidak melakukan hal-hal gelap 
9) Apa yang tersirat sebagai hamba Allah?
     -- taat dan bergantung sepenuhnya pada Allah
Kesimpulan:
1.  Setiap orang Kristen terpanggil dan dipersiapkan menjadi hamba Allah untuk menyatakan keagungan-Nya
2.  Maka setiap orang Kristen mendapat tugas: hidup menjadi terang bagi orang sekitarnya dari segala bangsa.
3.  Setiap orang Kristen seharusnya menjadi panutan bagi orang-orang sekitarnya 

Pesan:
Jadilah hamba Allah yang telah dipersiapkan meneruskan terang keselamatan bagi segala bangsa. Lakukan apa saja yang baik, murni, benar, kudus, dan dapat dipercaya.
PENERAPAN
Evaluasi
:
Juga berlaku bagi orang Kristen masa kini.
Butir-butir penerapan:
1. Tekun bersaat teduh dan ber-PA
2. Hidup dalam Roh, hidup dalam terang
3. Memupuk keberanian bersaksi.
Tekad/Tujuan
Siap setiap saat berperilaku benar memantulkan terang.
Ayat hapalan:
Yes 49:6b “Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."
IMS 100115
Ca6tatan:
Pepatah terkenal mengatakan “Habis gelap terbitlah terang”, maksudnya kalau pun mengalami penderitaan, ujung2nya akan berbuahkan kebahagiaan. Menjadi pertanyaan, kenapa harus melewati yang gelap lebih dahulu?

No comments:

Post a Comment