Friday, November 5, 2010

PA PRIBADI (22)

2 Yohanes 1:1-6                         Epistel Minggu 7 November 2010

Saling Mengasihi dalam Kebenaran

1 Dari penatua kepada Ibu yang terpilih dan anak-anaknya yang benar-benar aku kasihi. Bukan aku saja yang mengasihi kamu, tetapi juga semua orang yang telah mengenal kebenaran, 2 oleh karena kebenaran yang tetap di dalam kita dan yang akan menyertai kita sampai selama-lamanya. 3 Kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa, dan dari Yesus Kristus, Anak Bapa, akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih.

4 Aku sangat bersukacita, bahwa aku mendapati, bahwa separuh dari anak-anakmu hidup dalam kebenaran sesuai dengan perintah yang telah kita terima dari Bapa. 5 Dan sekarang aku minta kepadamu, Ibu--bukan seolah-olah aku menuliskan perintah baru bagimu, tetapi menurut perintah yang sudah ada pada kita dari mulanya--supaya kita saling mengasihi. 6 Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan inilah perintah itu, yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih, sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya.

Tentang: hidup dalam kasih sebagai kebenaran

Saling Mengasihi dalam Kebenaran 
(1-6)

Salam dalam Kebenaran dan Kasih
(1-3)

Saling Mengasihi, Hidup dalam Kasih
(4-6)

Tokoh:
Yohanes, Ibu yang terpilih dan anak-anaknya (si Ibu kemungkinan seorang ibu yang punya peranan besar dalam salah satu Jemaat yang Yohanes layani, atau kemungkinan menunjuk pada salah satu gereja lokal dan semua orang percaya di mana pun)


idem

Tempat/waktu:
Dikirim dari Efesus, AD 90

 

Proporsi:
mengenal kebenaran


hidup dalam kebenaran akan saling mengasihi

Bentuk sastra:
surat berisi petunjuk praktis (untuk menekankan syarat-syarat dasar mengikuti Kriistus –- kebenaran dan kasih)


idem

Pokok bahasan:
kebenaran


saling mengasihi

Ringkasan isi: 
Hidup dalam kebenaran dan kasih akan disertai kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera Allah Bapa dan Yesus Kristus, Anak Bapa (1-3)

- Ibu yang terpilih dan anak-anaknya dikasihi oleh Yohanes dan juga oleh semua orang yang mengenal kebenaran, oleh karena kebenaran yang tetap dalam kita dan tetap menyertai kita selama-lamanya (1-2)
- Maka kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera Allah Bapa dan Yesus Kristus, Anak Bapa, akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih (3).


Hidup dalam kebenaran sesuai perintah Bapa supaya hidup dalam kasih, yaitu hidup saling mengasihi (4-6)

- Anak-anakmu hidup dalam kebenaran sesuai perintah yang kita terima dari Bapa, yaitu supaya kita saling mengasihi (4-5)
- Dan kasih itu ialah bahwa kita harus hidup menurut perintahNya, yaitu bahwa kita harus hidup di dalam kasih (6).

Ayat kunci utama: 2 Yohanes 1:6
Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan inilah perintah itu, yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih, sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya.

Pokok pikiran/tema utama:
Hidup dalam kebenaran adalah hidup menurut perintahNya, yaitu hidup dalam kasih, hidup yang saling mengasihi. Maka kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa, dan dari Yesus Kristus, Anak Bapa, akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih.

Istilah penting:
kebenaran, kasih

Ciri khas: --

Hubungan struktural utama: sebab-akibat—Pada awal suratnya kepada Ibu yang terpililih dan anak-anaknya, Yohanes memberi salam dengan menyatakan ia benar-benar mengasihi mereka, seperti juga mereka dikasihi oleh semua orang yang mengenal kebenaran, oleh karena kebenaran yang tetap dalam kita dan yang akan menyertai sampai selama-lamanya (1-2). Maka kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Yesus Kristus AnakNya akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih (3). Yohanes bersuka cita bahwa separuh anak-anak Ibu tersebut hidup dalam kebenaran sesuai perintah yang si Ibu dan Yohanes telah terima dari Bapa. Maka Yohanes minta kepada Ibu tersebut supaya mereka saling mengasihi (4-5). Dan kasih itu ialah supaya hidup menurut perintahNya, dan perintah itu ialah supaya hidup di dalam kasih (6).

Ayat paralel:
ay 5: Yoh 13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi, 15:12, 17 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 17 Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.

Ayat Konteks:
ay 4 … hidup dalam kebenaran*  3 Yoh 1:3, 4 Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran. 4 Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.
*) kebenaran adalah kebenaran tentang Yesus Kristus, bertentangan dengan kepalsuan yang dinyatakan para nabi palsu.

ay 5 … dari mulanya  1 Yoh 2:7  Saudara-saudara yang kekasih, bukan perintah baru yang kutuliskan kepada kamu, melainkan perintah lama yang telah ada padamu dari mulanya. Perintah lama itu ialah firman yang telah kamu dengar.

ay 6 … inilah kasih  1 Yoh 2:5  Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.

ay 2 … oleh karena kebenaran  2 Petr 1:12   Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.

ay 3 … kasih karunia, anugerah dan damai sejahtera  Rom 1:7   Kepada kamu sekalian yang tinggal di Roma, yang dikasihi Allah, yang dipanggil dan dijadikan orang-orang kudus: Kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus ; 1 Tim 1:2  kepada Timotius, anakku yang sah di dalam iman: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.

ay 4 … Aku sangat bersuka cita  3 Yoh 1:3f  Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran. 4 Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.

ay 5 … bukan seolah menulis perintah baru  1 Yoh 2:7  Saudara-saudara yang kekasih, bukan perintah baru yang kutuliskan kepada kamu, melainkan perintah lama yang telah ada padamu dari mulanya. Perintah lama itu ialah firman yang telah kamu dengar. … telah kita terima dari semula supaya saling mengasihi  Yoh 13:34  Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

Truth
A. Ascribed to:
God’s Law  Maz 119:142-160

Christ   Yoh 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Holy Spirit  Yoh 14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

God’s Word  Yoh 17:17, 19  Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. 19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

Gospel  Gal 2:5, 14 Tetapi sesaatpun kami tidak mau mundur dan tunduk kepada mereka, agar kebenaran Injil dapat tinggal tetap pada kamu. 14  Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua: "Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?"

D. Right attitudes toward, to:
Speak   Ef 4:25 Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.

Walk in  3 Yoh 3, 4  Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran.  4 Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.

Declare  Kis 26:25  Tetapi Paulus menjawab: "Aku tidak gila, Festus yang mulia! Aku mengatakan kebenaran dengan pikiran yang sehat!

Worship in  Yoh 4:23, 24  Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. 24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Come to  1 Tim 2:4  yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

Believe and know  1 Tim 4:3  Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.

Handle accurately  2 Tim 2:15  Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.

Obey  1 Pet 1:22  Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.

Be established 2 Pet 1:12  Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.

Love, Christian
A. Toward God:
First commandment  Mat 22:37, 38  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

With all the heart  Mat 22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

More important than ritual  Mark 12:31-33  Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." 32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia. 33 Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan."

Gives boldness  1 Yoh 4:17-19  Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini. 18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih. 19 Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

C. Towards others
Second command Mat 22:37-39  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.  38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Commanded by Christ  Yoh 13:34  Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

Described in detail  1 Kor 13:1-13

Penyataan Kristus:
Kasih paling agung

PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: kasih
b. Hubungan utama: sebab-akibat—Pada awal suratnya, kepada Ibu yang terpililih dan anak-anaknya, Yohanes memberi salam dengan menyatakan ia benar-benar mengasihi mereka, seperti juga mereka dikasihi oleh semua orang yang mengenal kebenaran, oleh karena kebenaran yang tetap dalam kita dan yang akan menyertai sampai selama-lamanya (1-2). Maka kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Yesus Kristus AnakNya akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih (3). Yohanes bersuka cita bahwa separuh anak-anak Ibu tersebut hidup dalam kebenaran sesuai perintah yang si Ibu dan Yohanes telah terima dari Bapa. Maka Yohanes minta kepada Ibu tersebut supaya mereka saling mengasihi (4-5). Dan kasih itu ialah supaya hidup menurut perintahNya, dan perintah itu ialah supaya hidup di dalam kasih (6). 
      -- Aspek utama:   kebenaran
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Hidup dalam kebenaran adalah hidup menurut perintahNya, yaitu hidup dalam kasih, hidup yang saling mengasihi. Maka kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa, dan dari Yesus Kristus, Tuhan kita, akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih.

Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah artinya mengasihi?
     -- tidak membenci 
     -- sayang, hormat, peduli

2) Apakah arti dari kebenaran? 
     -- lawan dari kepalsuan
     -- sesuai kehendak Allah
     -- alkitabiah (tidak menyimpang)

3) Menunjuk kepada apa atau siapakah istilah kebenaran dalam Alkitab?
     -- Hukum Allah (Maz 119:142-160)
     -- Kristus (Yoh 14:6)
     -- Roh Kudus (Yoh 14:17)
     -- Firman Allah (Yoh 17:17, 19)
     -- Injil (Gal 2:5, 14)

Alasan
3)Kenapa mengasihi? 
     -- menuruti perintah Tuhan
     -- terdorong hati bersih, tulus
     -- Allah telah lebih dahulu mengasihi

Cara
4) Bagaimana mengasihi Tuhan Allah?
    -- dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan dengan segenap akal budi (Mat 22:37)
    -- melebihi ibadah ritual (Mar 12:31-33)
    -- penuh keberanian percaya, tidak takut (1 Yoh 4:17-19) 

5) Bagaimana mengasihi sesama? 
   -- seperti diri sendiri (Mat 22:39)
   -- saling mengasihi (Yoh 13:34)
   -- sabar, murah hati, tidak cemburu, tidak memegahkan diri, tidak sombong, sopan, tidak mencari keuntungan diri sendiri, tidak pemarah, tidak menyimpan kesalahan orang lain, dll (1 Kor 13:4,5f)

6) Bagaimana sikap benar terhadap kebenaran?
   -- berkata benar seorang kepada yang lain (Ef 4:25)
   -- hidup dalam kebenaran (3 Yoh 3, 4)
   -- mengatakannya dengan pikiran sehat (Kis 26:25)
   -- menyembah dalam kebenaran (Yoh 4:23, 24)
   -- memperoleh pengetahuan akan kebenaran (1 Tim 2:4)
   -- percaya dan mengenal kebenaran (1 Tim 4:3)
   -- menanganinya dengan cermat tidak sampai menyimpang (2 Tim 2:15)
   -- taat padanya (1 Pet 1:22)
   -- berpegang teguh padanya (2 Pet 1:12)

Implikasi
7) Apa yang tersirat dalam penerapan kasih? 
     -- Kapanpun, dimanapun, menghadapi siapapun supaya hidup dan bersikap dalam kasih

8) Apa yang tersirat dalam penerapan kebenaran?
     -- Kapanpun, dimanapun, menghadapi siapapun supaya hidup dan bersikap dalam dalam kebenaran 

Kesimpulan:
1. Kebahagiaan orang percaya, kebahagiaan orang Kristen, pengikut Kristus, adalah senantiasa hidup dalam kebenaran dan kasih.
2. Dialami ketika hidup dalam kasih menurut perintahNya, yaitu hidup saling mengasihi.
3. Bagiannya adalah kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus.
4. Teladankan dan ajarkan cara hidup ini kepada anak-anak.

Pesan:
Hidup bahagia adalah hidup dalam kebenaran dan kasih yang tiada lain adalah hidup menurut perintahNya, yaitu hidup dalam kasih, hidup yang saling mengasihi. Maka kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa, dan dari Yesus Kristus, Tuhan kita, akan menyertai kita. Teladankan dan ajarkan kepada anak-anakmu.

PENERAPAN
Evaluasi
:
Berlaku bagi setiap orang percaya di manapun.

Butir-butir penerapan:
1. Tekun ber-ST dan PA-P
2. Peka akan kebutuhan orang lain
3. Mendahulukan kepentingan bersama, atau orang lain dari pada diri sendiri.

Tekad/Tujuan

Senantiasa perhatikan dan tingkatkan kepedulian kepada sesama dalam kebenaran dan kasih.

Ayat hapalan: 2 Yohanes 1:6
Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan inilah perintah itu, yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih, sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya.

IMS 101024

DISKUSI PA:

1. Dalam Akitab penggunaan istilah kebenaran mempunyai berbagai arti atau tujuan berbeda; lihat Maz 119:142-160; Yoh 14:6; Yoh 14:17; Yoh 17:17, 19; Gal 2:5, 14. Bagaimana sikap benar anda terhadap kebenaran? Rujuk: Ef 4:25; 3 Yoh 3, 4; Kis 26:25; Yoh 4:23, 24; 1 Tim 2:4; 1 Tim 4:3; 2 Tim 2:15; 1 Pet 1:22; 2 Pet 1:12.

2. Bagaimana anda mengasihi Tuhan Allah? Rujuk: Mat 22:37; Mar 12:31-33; 1 Yoh 4:17-19. 

3. Bagaimana pula anda mengasihi sesama? Rujuk: Mat 22:39; Yoh 13:34; 1 Kor 13:4,5f.

4. Rumuskan secara ringkas dalam satu kalimat apa yang tersirat dalam penerapan kebenaran dan kasih, menurut hasil diskusi 1- 3 tersebut di atas! Apakah artinya, atau bagaimanakah menjalani hidup dalam kebenaran dan kasih?

No comments:

Post a Comment