Thursday, October 21, 2010

PA PRIBADI (21)

Matius 24:4-13                        Epistel Minggu 24 Oktober 2010

TETAP BERTAHAN PADA IMAN DALAM YESUS KRISTUS
Kendatipun menghadapi penyesatan, penyiksaan dan penderitaan

4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! 5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. 6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. 7 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat. 8 Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, 10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci. 11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. 12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. 13 Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Tentang: Penderitaan menjelang akhir zaman

Tetap Bertahan pada Iman dalam Yesus Kristus
(4-13)

Waspadai Berbagai Penyesatan
(4-8)

Bertahan Walaupun Disiksa
(9-13)

Tokoh:
Yesus dan murid-murid-Nya


idem

Tempat/waktu:
Bukit Zaitun, menjelang akhir misi Yesus


idem

Proporsi:
Peringatan Yesus akan penyesatan yang bakal datang


Peringatan Yesus akan penderitaan yang bakal datang

Bentuk sastra:
Narasi pengajaran


idem

Pokok bahasan:
Peringatan Yesus supaya waspada dan berawas-awas


Peringatan Yesus supaya tetap bertahan kendati pun alami berbagai penderitaan dan siksaan serta penyesatan

Ringkasan isi:
Menjelang Bait Allah akan diruntuhkan (2), waspadalah hadapi berbagai penyesatan, baik yang verbal maupun sinyal, jangan sampai tersesat (4-8).

  • Waspada supaya jangan ada orang menyesatkan, sebab banyak orang datang memakai nama-Ku dan mengaku Mesias, mereka akan menyesatkan banyak orang (4, 5)
  • Akan terdengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang, sebab bangsa akan melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan ada pula kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat,  namun berawas-awaslah dan jangan gelisah; semua itu akan terjadi namun belum kesudahannya  (6, 7)
  • Akan tetapi semua itu baru permulaan penderitaan menjelang zaman baru (8)


Dalam pada itu kamu akan mengalami siksaan dan penderitaan karena nama Yesus, tetapi yang bertahan akan selamat (9-13)

  • Kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci (9, 10).
  • Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang; dan karena makin bertambahnya kedurhakaan kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin (11, 12).
  • Tetapi yang bertahan sampai kesudahannya akan selamat (13).

Ayat kunci utama: Mat 24:13
Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Pokok pikiran/tema utama:
Menjelang zaman baru, para pengikut Yesus akan menghadapi berbagai bentuk penyesatan, serta mengalami penderitaan yang semakin gencar dan berat oleh karena nama Yesus, disiksa, dibunuh, dibenci. Tetapi yang bertahan sampai kesudahannya akan selamat.

Istilah penting:
waspada, berawas-awas, bertahan

Ciri khas: ---

Hubungan struktural utama: penentangan—Menjelang zaman baru, waspadalah jangan kamu sampai disesatkan oleh nabi-nabi palsu yang datang dalam nama-Ku (4-5); berawas-awaslah dan jangan gelisah, ketika terdengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang, dan terjadi kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat (6-7); itu semua baru permulaan penderitaan (8). Jangan ikut murtad kendati kamu akan disiksa, dibunuh, dan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku (9-10), jangan ikut disesatkan oleh nabi-nabi palsu (11, 12), tetapi bertahanlah sampai kesudahannya supaya selamat (13).

Ayat paralel:
ay 9, 13: Mat 10:22  Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Ayat Konteks:
ay 4 … jawab Yesus … Mat 24:1-3 Sesudah itu Yesus keluar dari Bait Allah, lalu pergi. Maka datanglah murid-murid-Nya dan menunjuk kepada bangunan-bangunan Bait Allah. 2 Ia berkata kepada mereka: "Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan." 3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?"

ay 5 … menyesatkan banyak orang Mat 24:11, 23, 24  Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.; 23 Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.; 24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
ay 7 … nation against nation Yes 19:2 Aku akan menggerakkan orang Mesir melawan orang Mesir, supaya mereka berperang, setiap orang melawan saudaranya, dan setiap orang melawan temannya, kota melawan kota, kerajaan melawan kerajaan;
ay 9 … disiksa Mat 10:17 Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.
       … dibunuh Yoh 16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.
ay 13 … bertahan > selamat Mat 10:22 Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

ay 4 : … jangan ada yang menyesatkan kamu  Yer 29:8 Sungguh, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Janganlah kamu diperdayakan oleh nabi-nabimu yang ada di tengah-tengahmu dan oleh juru-juru tenungmu, dan janganlah kamu dengarkan mimpi-mimpi yang mereka mimpikan!

ay 5 : … banyak akan datang dalam namaKu Mat 24:11, 24  Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. 24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
         … Kis 5:36-42  Sebab dahulu telah muncul si Teudas, yang mengaku dirinya seorang istimewa dan ia mempunyai kira-kira empat ratus orang pengikut; tetapi ia dibunuh dan cerai-berailah seluruh pengikutnya dan lenyap. 37 Sesudah dia, pada waktu pendaftaran penduduk, muncullah si Yudas, seorang Galilea. Ia menyeret banyak orang dalam pemberontakannya, tetapi ia juga tewas dan cerai-berailah seluruh pengikutnya. 38 Karena itu aku berkata kepadamu: Janganlah bertindak terhadap orang-orang ini. Biarkanlah mereka, sebab jika maksud dan perbuatan mereka berasal dari manusia, tentu akan lenyap, 39 tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah." Nasihat itu diterima. 40 Mereka memanggil rasul-rasul itu, lalu menyesah mereka dan melarang mereka mengajar dalam nama Yesus. Sesudah itu mereka dilepaskan. 41 Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus. 42 Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.
ay 6 : … deru perang Wah 6:4 Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.

ay 7 : … bangsa lawan bangsa … 2 Taw 15:6  Bangsa menghancurkan bangsa, kota menghancurkan kota, karena Allah mengacaukan mereka dengan berbagai-bagai kesesakan.
… Kis 11:28  Seorang dari mereka yang bernama Agabus bangkit dan oleh kuasa Roh ia mengatakan, bahwa seluruh dunia akan ditimpa bahaya kelaparan yang besar. Hal itu terjadi juga pada zaman Klaudius.
… Wah 6:5, 6  Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya. 6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."
ay 8 … permulaan derita Luk 21:12-24  Tetapi sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku. 13 Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi. 14 Sebab itu tetapkanlah di dalam hatimu, supaya kamu jangan memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. 15 Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu. 16 Dan kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh 17 dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. 18 Tetapi tidak sehelaipun dari rambut kepalamu akan hilang. 19 Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu." 20 "Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. 21 Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota, 22 sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis. 23 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini, 24 dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu."
ay 10 … jatuh  Mat 11:6  Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku."
ay 11 … nabi palsu  Mat 7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
             Mat 24:24   Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
ay 13 … bertahan . . akan selamat Mat 10:22 Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Endurances, blessedness of:
Commanded    Mat 10:22 Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat; 2 Tim 2:3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.
Exemplified    2 Tim 2:10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal.; Ibr 10:32, 33 Ingatlah akan masa yang lalu. Sesudah kamu menerima terang, kamu banyak menderita oleh karena kamu bertahan dalam perjuangan yang berat, 33 baik waktu kamu dijadikan tontonan oleh cercaan dan penderitaan, maupun waktu kamu mengambil bagian dalam penderitaan mereka yang diperlakukan sedemikian.
Rewarded   2 Tim 3:11 Engkau telah ikut menderita penganiayaan dan sengsara seperti yang telah kuderita di Antiokhia dan di Ikonium dan di Listra. Semua penganiayaan itu kuderita dan Tuhan telah melepaskan aku dari padanya; Yak 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Penyataan Kristus: Maha kasih, Juru Selamat

PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: bertahan
b. Hubungan utama: penentangan—Menjelang zaman baru, waspadalah jangan kamu sampai disesatkan oleh nabi-nabi palsu yang datang dalam nama-Ku (4-5); berawas-awaslah dan jangan gelisah, ketika terdengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang, dan terjadi kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat (6-7); itu semua baru permulaan penderitaan (8). Jangan ikut murtad kendati kamu akan disiksa, dibunuh, dan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku (9-10), jangan ikut disesatkan oleh nabi-nabi palsu (11, 12), tetapi bertahanlah sampai kesudahannya supaya selamat (13).
      -- Aspek utama: waspada, awas-awas
c. Tema utama/pokok pikiran utama: Menjelang zaman baru, para pengikut Yesus akan menghadapi berbagai bentuk penyesatan, serta mengalami penderitaan yang semakin gencar dan berat oleh karena nama Yesus, disiksa, dibunuh, dibenci. Tetapi yang bertahan sampai kesudahannya akan selamat.

Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah maksudnya bertahan?
     -- tidak menyerah, tidak menyimpang dari jalan Tuhan
     -- tetap pada iman

2) Apakah maksudnya waspada? 
     -- jeli akan penyesatan
     -- hati-hati menerima sesuatu tanda atau ungkapan sebagai kebenaran (Mat 24:24)

Alasan
3) Kenapa harus bertahan?  
     -- supaya tidak kehilangan keselamatan (Mat 10:22)

4) Kenapa harus waspada?
    -- supaya tidak tersesat lalu ikut murtad (Mat 11:6; Yer 29:8; Mat 24:24)

Cara
5) Bagaimana bertahan? 
    -- Yakin percaya akan penyertaan dan tuntunan RK
    -- tidak mengalah pada tekanan siksaan dan derita
    -- karena percaya akan penyertaan kekuatan yang Tuhan berikan
    -- 2 Tim 2:3 menderita sebagai perajurit Kristus, 2 Tim 2:10 sabar menanggung, Ibr 10:32 bertahan dalam perjuangan berat, 2 Tim 3:11 Tuhan telah melepaskan aku, Yak 1:12 tahan uji terima mahkota kehidupan

6) Bagaimana supaya bisa waspada?
    -- Menguasai pokok-pokok iman, melalui renungan bersaat teduh dan PA Pribadi

Implikasi
7) Apa yang tersirat pada keharusan bertahan? 
     -- tidak ikut menjadi murtad oleh godaan kenyamanan dan janji-janji pepesan (Mat 24:24)
     -- kesempatan bersaksi (Luk 21:13)

8) Apa yang tersirat pada keharusan waspada?
     -- supaya tidak tersesati
     -- tekun baca firman, Saat Teduh dan PA Pribadi

Kesimpulan:
1.  Menjelang akhir zaman orang-orang Kristen akan menghadapi berbagai bentuk penyesatan, serta mengalami penganiayaan dan penderitaan dalam berbagai bentuk yang semakin gencar dan berat.
2.  Maka diperlukan kewaspadaan dan kekuatan untuk tidak ikut murtad meninggalkan imannya dalam Yesus Kristus sampai kesudahannya.
3.  Keyakinan dan kepercayaan akan penyertaan dan pendampingan Roh Kudus dan anugerah kekuatan Tuhan dalam menghadapi dan mengalami semuanya itu harus terus ditingkatkan.
4. Maka tekunlah membaca dan merenungkan firman dalam ber Saat Teduh dan PA Pribadi.

Pesan:
Menjelang zaman baru, para pengikut Yesus akan menghadapi berbagai bentuk penyesatan, serta mengalami penderitaan yang semakin gencar dan berat oleh karena nama Yesus, disiksa, dibunuh, dibenci. Tetapi yang bertahan sampai kesudahannya akan selamat.

PENERAPAN
Evaluasi
:
Peringatan Yesus kepada murid-muridNya juga berlaku bagi pengikut-Nya masa kini.

Butir-butir penerapan:
1. Jeli akan pesan-pesan lisan maupun visual yang menyesatkan menyimpang dari firman Tuhan, tidak alkitabiah.
2. Tekun ber Saat Teduh dan PA Pribadi.

Tekad/Tujuan
Setiap saat siap sedia hadapi penyesatan, tidak lengah hingga tergelincir, tidak mengalah pada tekanan, termasuk siksaan dan derita.

Ayat hapalan: Mat 24:13
Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

DISKUSI PA:

1. Yesus tidak menjawab langsung apa yang ditanyakan murid-murid-Nya (ay 3). Tetapi lebih mendalam lagi, berkenaan dengan pertanyaan ke dua (ay 3), Yesus menggantinya dengan peringatan tentang apa yang bakal terjadi, lalu bagaimana mereka harus menyiapkan diri dalam menghadapinya. a) Apa inti pertanyaan mereka (ay 1-3). b) Apa inti peringatan Yesus (4-13)?

2. Bagaimana supaya dapat bertahan tidak tersesati oleh nabi-nabi palsu dan Mesias-mesias palsu (Mat 7:15; Mat 24:5, 11, 23, 24) dan dapat bertahan dalam menghadapi dan mengalami siksaan dan derita (ay 9; Mat 10:17; Yoh 16:2), seperti yang Yesus nasehatkan dan peringatkan para murid-Nya supaya selamat, dalam menjawab pertanyaan mereka tersebut di atas?

3. Bagaimana upaya pribadi anda mempersiapkan diri supaya mampu luput dari berbagai penyesatan tersebut, serta mampu menanggung berbagai siksaan dan derita yang dimaksud di atas? Rujuk juga: 2 Tim 2:3; 2 Tim 2:10; Ibr 10:32; 2 Tim 3:11; Yak 1:12.

IMS 101015

No comments:

Post a Comment