Thursday, April 22, 2010

PA PRIBADI (8)

Zefanya 3:14-20               Epistel Minggu 25 April 2010

ALLAH MEMULIHKANMU

14  Bersorak-sorailah, hai puteri Sion, bertempik-soraklah, hai Israel! Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, hai puteri Yerusalem! 15 TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, telah menebas binasa musuhmu. Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi.

16 Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem: "Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lemah lesu. 17 TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai, 18 seperti pada hari pertemuan raya." "Aku akan mengangkat malapetaka dari padamu, sehingga oleh karenanya engkau tidak lagi menanggung cela. 19 Sesungguhnya pada waktu itu Aku akan bertindak terhadap segala penindasmu, tetapi Aku akan menyelamatkan yang pincang, mengumpulkan yang terpencar dan akan membuat mereka yang mendapat malu menjadi kepujian dan kenamaan di seluruh bumi. 20  Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN.

PENGAMATAN

Tentang: keselamatan    

Keselamatan Bersama Allah
14-20

Sorak sorai atas keselamatan
14-15

Allah di tengah umat-Nya 
16-20

Tokoh:
Allah, Zefanya


idem

Tempat/Waktu:
Yerusalem, 640-621 SM, awal reformasi besar raja Yosia.


idem

Proporsi:
suka cita atas keselamatan


keberadaan Allah di antara umat-Nya

Bentuk sastra:
nubuat


idem

Pokok bahasan:
Allah telah menyelamatkan


Allah hadir di antara umat-Nya

Ringkasan isi:
Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati (14-15)
- Bersorak-sorailah, bertempik-soraklah (14)
-karena TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu (15)
-TUHAN telah menebas binasa musuhmu (15)
- maka TUHAN ada di antaramu; maka engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi (15).


TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan (16-20)
- Maka janganlah takut, janganlah tanganmu menjadi lemah lesu (16).
- TUHAN Allahmu ada di antaramu, jika engkau menerimanya dengan senang hati, maka Ia bergirang karena engkau, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau, akan mengangkat malapetaka dari padamu (17-18)
- maka Allah akan bertindak terhadap segala penindasmu, akan menyelamatkan yang pincang, mengumpulkan yang terpencar dan akan membuat mereka yang mendapat malu menjadi kepujian dan kenamaan di seluruh bumi; Allah akan membawa kamu pulang, sebab Allah mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka (19-20).

Ayat kunci utama: Zefanya 3:20
Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN.

Pokok pikiran/tema utama:
Allah memulihkanmu. Nikmati & pelihara keselamatan bersama Allah. Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu. TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan.

Istilah penting:
ada di antaramu, menyelamatkan, memulihkan, menjadi kenamaan dan kepujian.

Ciri khas:
---

Hubungan struktural utama:
partikularisasi—Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati. TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, TUHAN telah menebas binasa musuhmu, TUHAN ada di antaramu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi (14-15). 
Janganlah takut, janganlah tanganmu menjadi lemah lesu, TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan, Ia bergirang karena engkau, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau, akan mengangkat malapetaka dari padamu (16-18). Allah akan bertindak terhadap segala penindasmu, akan menyelamatkan yang pincang, mengumpulkan yang terpencar dan akan membuat mereka yang mendapat malu menjadi kepujian dan kenamaan di seluruh bumi; Allah akan membawa kamu pulang, sebab Allah mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka (19-20).

     Aspek utama: pemulihan keadaan umat-Nya

Ayat paralel:
--

Ayat Konteks:
Konteks dekat:
ay 3:1-8 Hukuman atas Yerusalem: Zef 3:8 Oleh karena itu tunggulah Aku--demikianlah firman TUHAN--pada hari Aku bangkit sebagai saksi. Sebab keputusan-Ku ialah mengumpulkan bangsa-bangsa dan menghimpunkan kerajaan-kerajaan untuk menumpahkan ke atas mereka geram-Ku, yakni segenap murka-Ku yang bernyala-nyala, sebab seluruh bumi akan dimakan habis oleh api cemburu-Ku."
ay 3:9-20 Janji keselamatan: Zef 3:9 "Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama TUHAN, beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu. Zef 3:12-13 Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN, 13 yakni sisa Israel itu. Mereka tidak akan melakukan kelaliman atau berbicara bohong; dalam mulut mereka tidak akan terdapat lidah penipu; ya, mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring dengan tidak ada yang mengganggunya."
Catatan: ay 14 dst (perikop PA ini) adalah terntang sisa Israel yang telah dipulihkan, atau orang-orang percaya masa kini.

Konteks jauh:
ay 15 … Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu: Eze 37:26-28   Aku akan mengadakan perjanjian damai dengan mereka, dan itu akan menjadi perjanjian yang kekal dengan mereka. Aku akan memberkati mereka dan membuat mereka banyak dan memberikan tempat kudus-Ku di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya. 27 Tempat kediaman-Kupun akan ada pada mereka dan Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. 28 Maka bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, menguduskan Israel, pada waktu tempat kudus-Ku berada di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya."  Zef 3:5  Tetapi TUHAN adil di tengah-tengahnya, tidak berbuat kelaliman. Pagi demi pagi Ia memberi hukum-Nya; itu tidak pernah ketinggalan pada waktu fajar. Tetapi orang lalim tidak kenal malu!
ay 16 … Janganlah tanganmu menjadi lemah lesu: Yes 35:3-4  Kuatkanlah tangan yang lemah lesu dan teguhkanlah lutut yang goyah. 4 Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: "Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!"  Ibr 12:12 Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah;

ay 17 … Ia bergirang karena engkau dengan sukacita: Yes 62:4   Engkau tidak akan disebut lagi "yang ditinggalkan suami", dan negerimu tidak akan disebut lagi "yang sunyi", tetapi engkau akan dinamai "yang berkenan kepada-Ku" dan negerimu "yang bersuami", sebab TUHAN telah berkenan kepadamu, dan negerimu akan bersuami.

ay 19 … mengumpulkan yang terpencar: Eze 34:16 Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya. Mik 4:6  Pada hari itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengumpulkan mereka yang pincang, dan akan menghimpunkan mereka yang terpencar-pencar dan mereka yang telah Kucelakakan.

ay 20 … membawa kamu pulang: Eze 37:12 Oleh sebab itu, bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel. … membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian: Yes 56:5  kepada mereka akan Kuberikan dalam rumah-Ku dan di lingkungan tembok-tembok kediaman-Ku suatu tanda peringatan dan nama--itu lebih baik dari pada anak-anak lelaki dan perempuan--,suatu nama abadi yang tidak akan lenyap akan Kuberikan kepada mereka.

ay 14 … bertempik-soraklah: Zak 9:9 Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

ay 15 … hukuman yang jatuh atasmu: Yoh 5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

ay 18 … seperti pada hari pertemuan raya: Maz 42:2-4 Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Allah? 3 Air mataku menjadi makananku siang dan malam, karena sepanjang hari orang berkata kepadaku: "Di mana Allahmu?" 4 Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah-gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan.

ay 19 … penindasmu: Yes 60:14  Anak-anak orang-orang yang menindas engkau akan datang kepadamu dan tunduk, dan semua orang yang menista engkau akan sujud menyembah telapak kakimu; mereka akan menyebutkan engkau "kota TUHAN", "Sion, milik Yang Mahakudus, Allah Israel." … menyelamatkan yang pincang: Yehez 34:16 Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya. Mikh 4:6  Pada hari itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengumpulkan mereka yang pincang, dan akan menghimpunkan mereka yang terpencar-pencar dan mereka yang telah Kucelakakan. … mendapat malu: Yeh 16:27, 57  Lihat, Aku telah melawan engkau dan telah mengurangi bagianmu dan menyerahkan engkau kepada kesewenang-wenangan orang-orang yang membenci engkau, yaitu perempuan-perempuan Filistin, yang merasa malu melihat tingkah lakumu yang mesum itu. 57  sebelum kejahatanmu menjadi nyata, seperti pada saat ini engkau diaibkan oleh anak-anak perempuan Edom dengan semua yang di sekitarnya dan anak-anak perempuan Filistin, yang menghina engkau dari sekitarmu?

ay 20 … memulihkan keadaanmu: Yer 29:14  Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu. Yoel 3:1  "Sebab sesungguhnya pada hari-hari itu dan pada waktu itu, apabila Aku memulihkan keadaan Yehuda dan Yerusalem, Zef 2:7  Daerah Pinggir Laut akan menjadi kepunyaan sisa-sisa kaum Yehuda. Mereka akan merumput di sana dan berbaring di rumah-rumah Askelon pada malam hari; sebab TUHAN, Allah mereka, akan memperhatikan mereka dan akan memulihkan keadaan mereka.

Pemulihan Israel
- dijanjikan di kitab para nabi: Yes 11:11  Pada waktu itu Tuhan akan mengangkat pula tangan-Nya untuk menebus sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur dan di Mesir, di Patros, di Etiopia dan di Elam, di Sinear, di Hamat dan di pulau-pulau di laut.
- terlihat dalam pelayanan (ministry) Yohannes: Mat 17:11  Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu 12  dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka."
- diantisipasi oleh Kayafas: Yoh 11:49-52  Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu, berkata kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa-apa, 50 dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa." 51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu, 52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.
- ditanyakan oleh murid-murid: Kis 1:6  Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"
- direalisasi pada Pentakosta: Yoel 2:28-32  "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.  29  Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.  30  Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. 31  Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu. 32  Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang-orang yang terlepas."
- digenapkan dalam Gereja: Ef 2:11-22  Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu--sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, -- 12 bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia. 13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus. 14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan, 15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, 16 dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu. 17 Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang "jauh" dan damai sejahtera kepada mereka yang "dekat", 18 karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa. 19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, 20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. 21 Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. 22  Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.
- disempurnakan di Sorga: Ibr 12:22-28  Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah, 23 dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna, 24 dan kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru, dan kepada darah pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel. 25 Jagalah supaya kamu jangan menolak Dia, yang berfirman. Sebab jikalau mereka, yang menolak Dia yang menyampaikan firman Allah di bumi, tidak luput, apa lagi kita, jika kita berpaling dari Dia yang berbicara dari sorga? 26 Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: "Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga." 27 Ungkapan "Satu kali lagi" menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan, karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan. 28 Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Sumber keselamatan
- Kasih Karunia Allah … Ef 2:5, 8 telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita--oleh kasih karunia kamu diselamatkan-- 8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
- Kasih Allah … Rom 5:8 Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.
- Belas kasihan/Rahmat Allah … Tit 3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,
- Hanya Kristus … Kis 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."
- Salib … 1 Kor 1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

Persyaratan keselamatan
- pengakuan: Kis 2:21  Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.
- pertobatan: Mark 1:15 kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"
- iman: Yoh 3:14-18 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, 15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. 16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. 18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.
- pertumbuhan/dilahirkan kembali: Yoh 3:3-8 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." 4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?" 5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. 6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. 7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. 8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh."
- tulisan suci: 2 Tim 3:15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Penyataan Kristus:
.

PENAFSIRAN
Hal-hal utama:
a. Istilah utama: menyelamatkan
b. Hubungan utama: partikularisasi—Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati. TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, TUHAN telah menebas binasa musuhmu, TUHAN ada di antaramu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi (14-15). 
Janganlah takut, tanganmu menjadi lemah lesu, TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan, Ia bergirang karena engkau, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau, akan mengangkat malapetaka dari padamu (16-18). Allah akan bertindak terhadap segala penindasmu, akan menyelamatkan yang pincang, mengumpulkan yang terpencar dan akan membuat mereka yang mendapat malu menjadi kepujian dan kenamaan di seluruh bumi; Allah akan membawa kamu pulang, sebab Allah mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka (19-20).

     -- Aspek utama: pemulihan keadaan umat-Nya

c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Allah memulihkanmu. Nikmati & pelihara keselamatan bersama Allah. Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu. TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan

Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah maksudnya menyelamatkan dalam ayat 19?
     -- Tuhan telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasnya
     -- Setelah pengakuan akan kesalahan, bertobat dan mengaku percaya, kembali ke jalan Tuhan, Tuhan akan memulihkanya
- Hukuman atas Yerusalem: Zef 3:8 
- Janji keselamatan: Zef 3:9; Zef 3:12-13

2) Apakah maksudnya memulihkan dalam ayat 20? 
     -- Membuatnya menjadi kenamaan dan kepujian, setelah Tuhan menerimanya kembali sebagai umatNya (Yer 29:14; Yoel 3:1; Zef 2:7  > rencana Allah)
- dijanjikan di kitab para nabi: Yes 11:11 
- terlihat dalam pelayanan (ministry) Yohannes: Mat 17:11  
- diantisipasi oleh Kayafas: Yoh 11:49-52 
- ditanyakan oleh murid-murid: Kis 1:6 
- direalisasi pada Pentakosta: Yoel 2:28-32 
- digenapkan dalam Gereja: Ef 2:11-22 

Alasan
3) Kenapa Allah menyelamatkan?  
     -- Pada dasarnya Allah mengasihi umat-Nya, dan terus menunggu pertobatan setelah meninggalkan Tuhan:
Janji keselamatan: Zef 3:9; Zef 3:12-13
     -- Kasih Karunia Allah (Ef 2:5, 8); Kasih Allah (Rom 5:8); Belas kasihan/Rahmat Allah (Tit 3:5); Hanya Kristus (Kis 4:12); Salib (1 Kor 1:18).

4) Kenapa Allah memulihkan?
     --  Allah hendak membuatnya kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di seluruh bumi.

Cara

5) Bagaimana memperoleh keselamatan?
     --  kembali berseru dan menjacari Tuhan
     --  mengaku dosa, bertobat, iman pada Yesus Kristus, dan dilahirkan kembali, selanjutnya terus bertekun dalam firman-Nya.
- pengakuan: Kis 2:21 
- pertobatan: Mark 1:15
- iman: Yoh 3:14-18 
- dilahirkan kembali: Yoh 3:3-8
- tulisan suci: 2 Tim 3:15

6) Bagaimana memperoleh pemulihan?
     -- setelah memperoleh keselamatan, selalu mencari tuntunan Roh Kudus dalam segala hal.

Implikasi
7) Apakah tersirat respons atas keselamatan yang diperoleh? 
     -- berupaya hidup selalu mengikiuti jalan Tuhan

8) Apa yang tersirat respons atas pemulihan?
     -- menekuni firman Tuhan dan menerapkannya dalam hidupnya.
     -- menjadi kesaksian hidup bagi orang sekitar sebagai orang yang telah diselamatkan, sebagai pengikut Kristus.

Kesimpulan:
1. Pada dasarnya Allah mengasihi semua umat manusia, tetapi akan menjatuhkan hukuman bagi mereka yang meninggalkan-Nya.

2. Namun Tuhan akan menyelamatkannya dengan menyingkirkan hukuman yang jatuh atasnya, jika kembali mencari Tuhan dan mau kembali menempuh jalan Tuhan.

3. Tuhan akan memulihkan umat-Nya yang telah diselamatkan-Nya dan membuatnya menjadi kenamaan dan kepujian di antara bangsa-bangsa, menjadi saksi hidup sebagai anak Tuhan.

4. Menerima keselamatan-Nya adalah melalui tahapan: mengaku dosa, bertobat, beriman pada Yesus Kristus, dilahirkan kembali melalui baptisan.

5. Menjalani pemulihan Tuhan adalah dengan hidup menekuni firman-Nya dan menerapkan dalam hidupnya di bawah tuntunan Roh Kudus.

Pesan:

Allah memulihkanmu. Nikmati & pelihara keselamatan bersama Allah. Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu. TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan, melalui kehadiran Roh Kudus-Nya dalam dirimu.

PENERAPAN
Evaluasi:
berlaku sama bagi setiap orang percaya masa kini.

Butir-butir penerapan:
1. Terus menekuni Firman-Nya dan menerapkannya dalam hidup sehari-hari, di bawah tuntunan Roh Kudus
2. Terus mengikuti jalan Tuhan, taat pada tuntunan Roh Kudus; segera kembali jika telah menyimpang.

Tekad/Tujuan
Hidup mengikuti jalan Tuhan, sebagai orang yang telah Tuhan pulihkan.

Ayat hapalan: Zefanya 3:20
Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN

IMS 100326

No comments:

Post a Comment