Thursday, July 4, 2013

PA Pribadi (59)



PA Pribadi: III PELAYANAN KRISTEN (3)
Rom 12:1-8 PENGORBANAN
Mempersembahkan tubuh
1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

3 Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing. 4 Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, 5 demikian juga kita, walau pun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. 6 Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita. 7 Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; 8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.
Tentang: Pengorbanan
Pengorbanan
(1-8)
Mempersembahkan tubuh adalah ibadah sejati
(1-2)
Mempersembahkan tubuh menurut karunia masing-masing
(3-8)
Tokoh:
Paulus

Paulus
Tempat/waktu:

Idem
Proporsi:
Kudus dan berkenan kepada Allah

Karunia yang berlain-lainan
Bentuk sastra:
pengajaran

idem
Pokok bahasan:
Tubuh sebagai persembahan

Penguasaan diri menurut ukuran iman
Ringkasan isi:
1 – 2 Paulus menasihatkan supaya mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepada Allah, sebagai ibadah yang sejati. Untuk itu supaya jangan menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budi, sehingga dapat membedakan manakah kehendak Allah.

3 – 4 Supaya jangan memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut, tetapi hendaklah sedemikian, sehingga menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada masing-masing.
5 – 8 Walau pun banyak adalah satu tubuh di dalam Kristus, tetapi masing-masing mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang Allah anugerahkan.
Ayat kunci utama: Roma 12:1
Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati
Pokok pikiran/tema utama:
Ibadah sejati orang percaya, adalah mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah, sesuai dengan karunia masing-masing yang Allah anugerahkan, sebagai bentuk pengorbanannya.
Istilah penting:
mempersembahkan, tubuh, ibadah sejati, karunia, anugerah
Ciri khas:
--
Hubungan struktural utama: generalisasiPaulus menasihatkan supaya mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepada Allah, sebagai ibadah yang sejati. Untuk itu supaya jangan menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budi, sehingga dapat membedakan manakah kehendak Allah (1 – 2).
Supaya jangan memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut, tetapi hendaklah sedemikian, sehingga menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada masing-masing (3 – 4). Walau pun banyak adalah satu tubuh di dalam Kristus, tetapi masing-masing mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang Allah anugerahkan (5 – 8).
Ayat paralel:
ay 1:
ay 2:
ay 6:
Ayat Konteks:
Konteks dekat:
Rom 12:9-21 Nasihat untuk hidup dalam kasih
-- Rom 12:20, 21
Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya. 21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Rom 13:1-7 Kepatuhan kepada pemerintah
-- Rom 13:7
Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.

Konteks jauh:
ay 4-5 … satu tubuh di dalam Kristus 1 Kor12:12  
Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

ay 6-8 . . . karunia yang berbeda-beda 1 Kor 14:4-11 Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat. 5 Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun. 6 Jadi, saudara-saudara, jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu penyataan Allah atau pengetahuan atau nubuat atau pengajaran? 7 Sama halnya dengan alat-alat yang tidak berjiwa, tetapi yang berbunyi, seperti seruling dan kecapi--bagaimanakah orang dapat mengetahui lagu apakah yang dimainkan seruling atau kecapi, kalau keduanya tidak mengeluarkan bunyi yang berbeda? 8 Atau, jika nafiri tidak mengeluarkan bunyi yang terang, siapakah yang menyiapkan diri untuk berperang? 9 Demikianlah juga kamu yang berkata-kata dengan bahasa roh: jika kamu tidak mempergunakan kata-kata yang jelas, bagaimanakah orang dapat mengerti apa yang kamu katakan? Kata-katamu sia-sia saja kamu ucapkan di udara! 10 Ada banyak--entah berapa banyak--macam bahasa di dunia; sekalipun demikian tidak ada satupun di antaranya yang mempunyai bunyi yang tidak berarti. 11 Tetapi jika aku tidak mengetahui arti bahasa itu, aku menjadi orang asing bagi dia yang mempergunakannya dan dia orang asing bagiku.

ay 1 . . . tubuhmu sebagai persembahan yang hidup Rom 6:13, 16, 19 Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. 16 Apakah kamu tidak tahu, bahwa apabila kamu menyerahkan dirimu kepada seseorang sebagai hamba untuk mentaatinya, kamu adalah hamba orang itu, yang harus kamu taati, baik dalam dosa yang memimpin kamu kepada kematian, maupun dalam ketaatan yang memimpin kamu kepada kebenaran? 19Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan.

ay 2 . . . Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini 1Pet 1:14 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, . . . berubahlah oleh pembaharuan budimu 1 Ef 4:23 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,

ay 3 . . . Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku Rom 15:15 Namun, karena kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku, aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu, Ef 4:7 Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.

ay 4 . . . tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama 1 Kor 12:12-14 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. 13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. 14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota. Ef 4:4, 16 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, 16 Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

ay 6 . . . kita mempunyai karunia yang berlain-lainan 1 Kor 12:4, 6, 10 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. 6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. 10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.

ay 8 . . . jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati  Kis 15:32 Yudas dan Silas, yang adalah juga nabi, lama menasihati saudara-saudara itu dan menguatkan hati mereka. . . . membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas  2 Kor 9:5-13 Sebab itu aku merasa perlu mendorong saudara-saudara itu untuk berangkat mendahului aku, supaya mereka lebih dahulu mengurus pemberian yang telah kamu janjikan sebelumnya, agar nanti tersedia sebagai bukti kemurahan hati kamu dan bukan sebagai pemberian yang dipaksakan. 6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. 7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. 8 Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. 9 Seperti ada tertulis: "Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya." 10 Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu; 11 kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami. 12 Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah. 13 Dan oleh sebab kamu telah tahan uji dalam pelayanan itu, mereka memuliakan Allah karena ketaatan kamu dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hatimu dalam membagikan segala sesuatu dengan mereka dan dengan semua orang,
Mempersembahkan tubuh, present bodies: --offer
B. Descriptive of the Christian’s life as:
Living and holy sacrifice . . . Rom 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Pure virgin . . . 2 Kor 11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Holy . . . Kol 1:22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Complete . . . Kol 1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Blameless . . . Ef 5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Resurrected . . . 2 Kor 4:14 Karena kami tahu, bahwa Ia, yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan membangkitkan kami juga bersama-sama dengan Yesus. Dan Ia akan menghadapkan kami bersama-sama dengan kamu kepada diri-Nya.

Ibadah sejati, service of worship: --an act of reverence
Service to God
A. Requirements of:
Reverence . . . Maz 2:11 Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar,

Upright walking . . . Maz 101:6 Mataku tertuju kepada orang-orang yang setiawan di negeri, supaya mereka diam bersama-sama dengan aku. Orang yang hidup dengan cara yang tak bercela, akan melayani aku.

Absolute loyalty . . . Mat 6:24 Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Regeneration . . . Rom 7:6 Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat.

Serve the Lord . . . Rom 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Humility . . . Kis 20:19 dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku.

Love . . . Gal 5:13 Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

B. Rewards of:
Define honor . . . Yoh 12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Acceptance before God . . . Rom 14:18 Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.

Inheritence . . . Kol 3:24 Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.

Eternal blessedness . . . Wah 7:15 Karena itu mereka berdiri di hadapan takhta Allah dan melayani Dia siang malam di Bait Suci-Nya. Dan Ia yang duduk di atas takhta itu akan membentangkan kemah-Nya di atas mereka., 22:3 Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya,
Penyataan Kristus:
Maha pemurah
PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: mempersembahkan, tubuh
b. Hubungan utama: generalisasi
Paulus menasihatkan supaya mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepada Allah, sebagai ibadah yang sejati. Untuk itu supaya jangan menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budi, sehingga dapat membedakan manakah kehendak Allah (1–2).
Supaya jangan memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut, tetapi hendaklah sedemikian, sehingga menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada masing-masing (3–4). Walau pun banyak adalah satu tubuh di dalam Kristus, tetapi masing-masing mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang Allah anugerahkan (5–8).

      -- Aspek utama:   ibadah sejati

c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Ibadah sejati orang percaya, adalah mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah, sesuai dengan karunia masing-masing yang Allah anugerahkan, sebagai bentuk pengorbanannya.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah maksudnya mempersembahkan tubuh?
     -- mengorbankan apa yang dimiliki tubuh.
     -- baik jasmani maupun rohani
     -- bagian dari hidup Kristiani: Living and holy sacrifice (Rom 12:1), Pure virgin (2 Kor 11:2), Holy (Kol 1:22), Complete (Kol 1:28), Blameless (Ef 5:27), Resurrected (2 Kor 4:14)

2) Apakah maksudnya ibadah sejati? 
     -- menghormati Allah dengan tulus hati
     -- dengan penuh takzim
     -- Service to God, Requirements of: Reverence (Maz 2:11), Upright walking (Maz 101:6), Absolute loyalty (Mat 6:24), Regeneration (Rom 7:6), Serve the Lord (Rom 12:11), Humility (Kis 20:19), Love (Gal 5:13). Rewards of: Define honor (Yoh 12:26), Acceptance before God (Rom 14:18), Inheritence (Kol 3:24), Eternal blessedness (Wah 7:15).
Alasan
3) Kenapa mempersembahkan tubuh? 
     -- tubuh adalah milik paling berharga seseorang
     -- sebagai pernyataan syukur seseorang atas kasih karunia Allah

Cara
6) Bagaimana mempersembahkan tubuh?
     -- memberikan apa yg dimiliki seseorang bagi yang membutuhkan demi memuliakan Allah
     -- mempersembahkan tubuh yg hidup, yg kudus, dan yg berkenan bagi Allah (ay 1)
    -- untuk itu berubah oleh pembaharuan budi spy dapat membedakan mana kehendak Allah
     -- tubuh yg hidup adalah aktif melayani dan mengasihi, yg kudus adalah tidak bertindak najis, yg berkenan bg Allah adalah bertindak dlm ketaatan pada Allah
     -- bertindak, berperilaku menjaga keutuhan iman, menurut karunia yg Allah anugerahkan masing-masing, karunia bernubuat,
melayani, mengajar, menasihati, membagi-bagikan sesuatu, memberi pimpinan, menunjukkan kemurahan (ay 6-8).

7) Bagaimana melakukan ibadah sejati?
     -- mempersembahkan tubuh yang hidup, yang kudus, dan berkenan pada Allah
     --

Implikasi
8) Apa yang tersirat dalam mempersembahkan tubuh? 
     -- tubuh adalah milik paling berharga seseorang
     -- namun dipersembahkannya dengan sukarela, sukacita, tulus hati, penuh syukur 

9) Apa yang tersirat dalam ibadah sejati?
     -- ibadah sejati adalah menghormati Allah dg penuh takzim
     -- dilakukan setiap saat, kapan saja, dimana saja
     -- bukan untuk kepentingan atau nama baik diri sendiri

Kesimpulan:
1. Pengorbanan adalah mempersembahan apa yang ada pada kita, baik jasmani maupun rohani, demi memuliakan Allah.
2. Dasar pengorbanan adalah tanggapan hati bersyukur atas kasih karunia yang Allah anugrahkan bagi orang percaya, berupa keselamatan kekal.
3. Pengorbanan berupa persembahan tubuh sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan pada Allah, adalah ibadah sejati kita (ay 1).
4. .
Pesan:
Ibadah sejati orang percaya, adalah mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah, sesuai dengan karunia masing-masing yang Allah anugerahkan, sebagai bentuk pengorbanannya
.
PENERAPAN
Evaluasi
:
Masih berlaku bagi orang percaya masa kini.
Butir-butir penerapan:
1. Hidup kudus berkenan bagi Allah.
2. Hidup taat pada Allah.
3. Tetap berdoa, tekun membaca, merenungkan Alkitab

Tekad/Tujuan
Menjalankan ibadah sejati, dengan tuntunan Roh Kudus, dengan mempersembahkan tubuh menurut karunia yang Allah anugerahkan.

Ayat hapalan: Roma 12:1
Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
IMS 130425

DISKUSI PA

1.      Sesudah menjelaskan karya Allah, Paulus mengajar kita untuk memberi tanggapan dengan hati bersyukur.
Berkorban adalah meninggalkan apa yang paling kita sukai demi hal lain yang lebih penting. Pengorbanan apa saja yang telah kita lakukan karena kita menaati Kristus?
Rujukan ibadah sejati: Persyaratan--Maz 2:11, Maz 101:6, Mat 6:24, Rom 7:6, Rom 12:11, Kis 20:19, Gal 5:13; Upah--Yoh 12:26, Rom 14:18, Kol 3:24, Wah 7:15.

a)      mempersembahkan tubuh yang hidup, yang kudus, dan berkenan pada Allah (ay 1)
b)      untuk itu berubah oleh pembaharuan budi spy dapat membedakan mana kehendak Allah
c)      tubuh yg hidup adalah aktif melayani dan mengasihi, yg kudus adalah tidak bertindak najis, yg berkenan bg Allah adalah bertindak dlm ketaatan pada Allah
d)      bertindak, berperilaku menjaga keutuhan iman, menurut karunia yg Allah anugerahkan masing-masing, karunia bernubuat, melayani, mengajar, menasihati, membagi-bagikan sesuatu, memberi pimpinan, menunjukkan kemurahan (ay 6-8)
e)      Sebagai ibadah sejati adalah menghormati Allah dg penuh takzim, dilakukan setiap saat, kapan saja, dimana saja, bukan untuk kepentingan atau nama baik diri sendiri
f)       menghormati Allah dengan tulus hati, dengan penuh takzim
g)      Service to God, Requirements of: Reverence (Maz 2:11), Upright walking (Maz 101:6), Absolute loyalty (Mat 6:24), Regeneration (Rom 7:6), Serve the Lord (Rom 12:11), Humility (Kis 20:19), Love (Gal 5:13). Rewards of: Define honor (Yoh 12:26), Acceptance before God (Rom 14:18), Inheritence (Kol 3:24), Eternal blessedness (Wah 7:15).
h)      Pengorbanan yang telah saya lakukan adalah: iuran bulanan, persembahan syukur, persembahan perpuluhan, melayani PA Kelompok di Lingkungan kami


2.      Mengapa Alkitab mengajar kita untuk mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang kudus? Bacalah buku tafsiran untuk menemukan jawabannya. Rujukan mempersembahkan tubuh : Deskripsi hidup Kristiani--Rom 12:1, 2 Kor 11:2, Kol 1:22, Kol 1:28, Ef 5:27, 2 Kor 4:14.

a)      tubuh adalah milik paling berharga seseorang
b)      sebagai pernyataan syukur seseorang atas kasih karunia Allah
c)      namun dipersembahkannya dengan sukarela, sukacita, tulus hati, penuh syukur
d)      memberikan apa yg dimiliki seseorang bagi yang membutuhkan demi memuliakan Allah
e)      bertindak, berperilaku menjaga keutuhan iman, menurut karunia yg Allah anugerahkan masing-masing, karunia bernubuat, melayani, mengajar, menasihati, membagi-bagikan sesuatu, memberi pimpinan, menunjukkan kemurahan (ay 6-8).
f)       bagian dari hidup Kristiani: Living and holy sacrifice (Rom 12:1), Pure virgin (2 Kor 11:2), Holy (Kol 1:22), Complete (Kol 1:28), Blameless (Ef 5:27), Resurrected (2 Kor 4:14)

3.      Berkorban itu termasuk mempersembahkan uang, waktu, dan tenaga untuk melayani Allah. Sesuai Roma 12:7-8, serahkanlah kepada Allah melalui doa satu bidang pelayanan yang dapat kita lakukan dengan baik.

a)      tubuh adalah milik paling berharga seseorang, namun dipersembahkannya dengan sukarela, sukacita, tulus hati, penuh syukur 
b)      memberikan apa yg dimiliki seseorang bagi yang membutuhkan demi memuliakan Allah
c)      mengorbankan apa yang dimiliki tubuh, baik jasmani maupun rohani
d)      bidang pelayanan yg dapat saya lakukan dg baik: melayani PA, membagi-bagikan

(Rom 12:7)  Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; 8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.


No comments:

Post a Comment