Thursday, July 4, 2013

PA Pribadi (60)



PA Pribadi: III PELAYANAN KRISTEN (4)
Mar 10:35-45 KERENDAHAN HATI
Bukan Dilayani Melainkan Melayani
35 Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!" 36 Jawab-Nya kepada mereka: "Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?" 37 Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu." 38 Tetapi kata Yesus kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?" 39 Jawab mereka: "Kami dapat." Yesus berkata kepada mereka: "Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. 40 Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan."

41 Mendengar itu kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes. 42 Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. 43 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, 44 dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. 45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."
Tentang: Merendahkan hati
KERENDAHAN HATI
(35-45)
Permintaan Yakobus dan Yohanes
35-40
Bukan Memerintah Melainkan Melayani
41-45
Tokoh:
Yesus, Yakobus dan Yohanes

Yesus, kedua belas murid
Tempat/Waktu:
Kapernaum

idem
Proporsi:
Jawaban Yesus atas permintaan Yakobus dan Yohanes agar kelak dalam kemuliaan Yesus mereka berdua diperkenankan duduk disebelah kiri dan kanan Yesus

Penjelasan Yesus bahwa perananan para murid-Nya adalah melayani bukan dilayani, sama seperti Yesus melayani
Bentuk sastra:
Pengajaran

idem
Pokok bahasan:
Kekeliruan permintaan dua murid Yesus

Sikap benar sebagai murid Yesus: melayani bukan dilayani
Ringkasan isi:
35-40  Permintaan dua murid Yesus supaya kelak diperkenankan duduk dalam kemuliaan Yesus di sebelah kiri dan kanan-Nya adalah keliru.
35-37 Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan mohon supaya kelak mereka diperkenankan duduk dalam kemuliaan Yesus, yang seorang di sebelah kanan dan yang seorang di sebelah kiri.
38-40 Tetapi Yesus berkata bahwa mereka tidak tahu apa yang mereka minta; memang mereka akan meminum cawan yang harus Yesus minum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Yesus terima, tetapi hal duduk di sebelah kanan atau di sebelah kiri-Nya, Ia tidak berhak memberikannya.

41-45 Penjelasan kepada para murid-Nya bahwa sebagai murid Yesus bila ingin menjadi besar hendaklah melayani bukan dilayani.
41-42 Para murid lainnya memarahi keduanya, tetapi Yesus menjelaskan bahwa para murid telah keliru, lalu Yesus menunjuk pada pemerintah yang memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan para penguasa menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.
43-44 Tidaklah demikian di antara para murid, barangsiapa ingin menjadi besar di antara sesama, hendaklah ia menjadi pelayan sesama, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.
45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang
Ayat kunci utama: Roma 10:43
43 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,
Pokok pikiran/tema utama:
Di antara sesama orang percaya, barang siapa ingin menjadi besar, hendaklah ia menjadi pelayan; sikap benar adalah rendah hati, bukan ingin dilayani melainkan melayani.
Istilah penting:
Pelayan, melayani, hamba, menjadi besar
Ciri khas:
---
Hubungan struktural utama:
penentangan
Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan mohon supaya kelak mereka diperkenankan duduk dalam kemuliaan Yesus, yang seorang di sebelah kanan dan yang seorang di sebelah kiri (35-37). Tetapi Yesus berkata bahwa mereka tidak tahu apa yang mereka minta; memang mereka akan meminum cawan yang harus Yesus minum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Yesus terima, tetapi hal duduk di sebelah kanan atau di sebelah kiri-Nya, Ia tidak berhak memberikannya (38-40).
Para murid lainnya memarahi keduanya, tetapi Yesus menjelaskan bahwa para murid telah keliru, lalu Yesus menunjuk pada pemerintah yang memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan para penguasa menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka (41-42). Tidaklah demikian di antara para murid, barangsiapa ingin menjadi besar di antara sesama, hendaklah ia menjadi pelayan sesama,  dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya (43-44), Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang (45).
     Aspek utama: menjadi besar
Ayat paralel:
ay 35-45: Mat 20:20-28
ay 38: Luk 12:50 Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung!
ay 42: Luk 22:25 Yesus berkata kepada mereka: "Raja-raja bangsa-bangsa memerintah rakyat mereka dan orang-orang yang menjalankan kuasa atas mereka disebut pelindung-pelindung.
ay 42-44: Mat 23:11Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu., Mrk 9:35 Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu. Kata-Nya kepada mereka: "Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya.", Luk 22:26 Tetapi kamu tidaklah demikian, melainkan yang terbesar di antara kamu hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan.
Ayat Konteks:
ay 37 … duduk dalam kemuliaan Yesus: Mat 19:28
 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.
ay 38 . . . minum: Mat 20:22 Tetapi Yesus menjawab, kata-Nya: "Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan, yang harus Kuminum?" Kata mereka kepada-Nya: "Kami dapat";  . . . baptis: Luk 12:50  Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung
ay 39 . . . duduk: Kis 12:2 Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes, dengan pedang; Wah 1:9 Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu."
ay 40 . . . bukan berhak: Mat 13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
ay 43 . . . hamba : Mrk 9:35 Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu. Kata-Nya kepada mereka: "Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya."; Mat 20:26 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,; Luk 22:36 Jawab mereka: "Suatupun tidak." Kata-Nya kepada mereka: "Tetapi sekarang ini, siapa yang mempunyai pundi-pundi, hendaklah ia membawanya, demikian juga yang mempunyai bekal; dan siapa yang tidak mempunyainya hendaklah ia menjual jubahnya dan membeli pedang.
ay 45 . . . melayani: Mat 20:28  sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."
Pelayan, melayani, hamba,:—one who serve others, orang yang melayani orang lain
A. Description of:
Slave . . . Kej 9:25 berkatalah ia: "Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya."
Social inferior . . . Kej 19:2 serta berkata: "Tuan-tuan, silakanlah singgah ke rumah hambamu ini, bermalamlah di sini dan basuhlah kakimu, maka besok pagi tuan-tuan boleh melanjutkan perjalanannya." Jawab mereka: "Tidak, kami akan bermalam di tanah lapang."
Worshipper of God . . . 1 Sam 3:9 Sebab itu berkatalah Eli kepada Samuel: "Pergilah tidur dan apabila Ia memanggil engkau, katakanlah: Berbicaralah, TUHAN, sebab hamba-Mu ini mendengar." Maka pergilah Samuel dan tidurlah ia di tempat tidurnya.


Messenger of God . . . Yos 1:2
Messiah . . . Yes 42:1
Follower of Christ . . . 2 Tim 2:24
B. Applied distintively to:
Prophets . . . Zak 1:6
Messiah . . . Zak 3:8
Moses . . . Mal 4:4
Christians . . . Kis 2:18
Glorified saints . . . Wah 22:3

menjadi besar, become great –keadaan hati
D. Applied to the believer’s:
Reward . . . Mat 5:12
Faith . . . Mat 15:28
Joy . . . Kis 8:8
Affliction . . . 2 Kor 8:2
Confidence . . . 1 Tim 3:13

E. Applied to final things:
Chasm   fixed. . . Luk 16:26
Wrath . . . Wah 6:17
Tribulation . . . Wah 7:14
White throne judgment . . . Wah 20:11

Greatness, true

Penyataan Kristus:
maha kasih,
PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: Pelayan, melayani, hamba, menjadi besar
b. Hubungan utama: penentangan
Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan mohon supaya kelak mereka diperkenankan duduk dalam kemuliaan Yesus, yang seorang di sebelah kanan dan yang seorang di sebelah kiri (35-37). Tetapi Yesus berkata bahwa mereka tidak tahu apa yang mereka minta; memang mereka akan meminum cawan yang harus Yesus minum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Yesus terima, tetapi hal duduk di sebelah kanan atau di sebelah kiri-Nya, Ia tidak berhak memberikannya (38-40).
Para murid lainnya memarahi keduanya, tetapi Yesus menjelaskan bahwa para murid telah keliru, lalu Yesus menunjuk pada pemerintah yang memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan para penguasa menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka (41-42). Tidaklah demikian di antara para murid, barangsiapa ingin menjadi besar di antara sesama, hendaklah ia menjadi pelayan sesama,  dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya (43-44), Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang (45).
     -- Aspek utama:   menjadi besar
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Di antara sesama orang percaya, barang siapa ingin menjadi besar, hendaklah ia menjadi pelayan; sikap benar adalah rendah hati, bukan ingin dilayani melainkan melayani
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah yang dimaksud dengan pelayan atau melayani dalam perikop ini?
     -- bertugas atau bersikap sebagai pelayan atau hamba
     -- bersikap rendah hati terhadap orang lain atau sesama kita
     -- status sosial pelayan adalah lebih atau paling rendah
2) Apakah yang dimaksud dengan besar dalam ayat ini? 
     -- menjadi pemimpin terhadap orang lain
     -- menjadi diutamakan atau didahulukan dibanding orang lain
     --
Alasan
3) Kenapa?  
     --
4) Kenapa?
     -- (Maz 6:6)
     -- (Luk 7:38, 44)
     --
5) Karena apa?
     -- 
Cara
--
Implikasi
6) Apa yang tersirat dari? 
     --
7) Apa yang menyiratkan bahwa?
     --
     --
     --.
     --.
Kesimpulan:
1. Bagi kebanyakan orang menjadi besar atau pemimpin adalah menjadi hal yg diinginkan.
2. Namun menurut Yesus menjadi besar adalah melayani, menjadi pelayan di antara sesama
3. Menjadi besar yang bagaimana ditentukan oleh keadaan hati, yaitu harus rendah hati bukan tinggi hati di antara sesama.
4. Pemimpin yang benar mempunyai kerendahan hati
Pesan:
Di antara sesama orang percaya, barang siapa ingin menjadi besar, hendaklah ia menjadi pelayan; sikap benar adalah rendah hati, bukan ingin dilayani melainkan melayani.
PENERAPAN
Evaluasi
:
.
Butir-butir penerapan:
1. Melayani dengan tulus hati
2. Melayani dengan rendah hati
Tekad/Tujuan
Menumbuhkan dan menghayati kerendahan hati dalam menjalani hidup.
Ayat hapalan:  Markus 10:43
Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,
IMS 130508

DISKUSI PA

1.      Sesudah tiga kali memberitahu murid-murid-Nya bahwa Dia harus menderita dan mati di Yerusalem, Yesus mengajar mereka bahwa kebesaran ditemukan di dalam pelayanan.
Menurut kita, mengapa ada orang yang suka menjadi pemimpin?
Rujukan.

a)      Menjadi pemimpin adalah menjadi besar:
- besar kuasa
- besar pujian
- besar pengaruh
- besar wewenang memutuskan.
b)      Namun yang dikendaki Yesus, menjadi pemimpin haruslah pemimpin yang melayani bagaikan seorang hamba.
c)      Jadi, menjadi pemimpin yang rendah hati.
d)       Menjadi pemimpin yang memperhatikan keperluan sesama yang dilayani
e)       
f)        
g)      .
h)       


2.      Menurut kita, apa perbedaan menjadi besar di dalam dunia ini (ayat 42) dan menjadi besar di dalam Kerajaan Allah (ayat 43-44)? Rujukan mempersembahkan tubuh :.

a)      Menjadi besar di dalam dunia ini, adalah memerintah dengan tangan besi, menjalankan kuasa dengan keras
b)      Menjadi besar di dalam Kerajaan Allah, adalah menjadi pelayan di antara sesama, menjadi hamba untuk semuanya.
c)      Rujukan bagi pelayan, orang yang melayani orang lain, dalam firman adalah: hamba (Kej 9:25); masyarakat rendahan (Kej 19:2); penyembah Allah (1 Sam 3:9); utusan Allah (Yos 1:2); Esias (Yes 42:1); pengikut Kristus (2 Tim 2:24). Secara khus diterapkan pada: Nabi (Zak 1:6); Mesias (Zak 3:8); Musa (Mal 4:4); Orang Kristen (Kis 2:18); Orang suci yang dimuliakan (Glorified saints . . . Wah 22:3).
d)      

3.      Dalam pelayanan kita kepada Allah, kita cenderung untuk membiarkan pengakuan dan pujian orang menjadi motivasi utama kita. Berdoa dan mintalah Allah menolong kita dimotivasi hanya oleh keinginan untuk menjadi pelayan-Nya.

a)      Memperkecil bahkan menghilangkan kecenderungan membiarkan pengakuan dan pujian orang menjadi motivasi utama kita, adalah dengan menumbuhkan dan meneguhkan kerendahan hati, dengan berdoa mohon Roh Kudus yang menuntun kita.
b)      Mengandalkan dengan tulus Roh Kudus menolong kita memupuk keinginan menjadi pelayan Allah.
c)       
d)       

No comments:

Post a Comment