Tuesday, December 15, 2009

PENELAAHAN ALKITAB SELANGKAH DEMI SELANGKAH (3)

PERTANYAAN PENELAAHAN PADA SETIAP LANGKAH PADA SETIAP TAHAP
-- Apa? Siapa? Kenapa? Di mana? Kapan? Bagaimana? Untuk apa?

 
Tahap I  PENGAMATAN – Apa kata konteks?
Langkah 1.
a. Tentang apakah perikop unit telaahan ini?
Langkah 2.
a. Adakah dan bagaimanakah pembagian mayor (bagian utama) dan minor (sub-unit) dalam unit telaahan ini? --Sebutkan nomor-nomor ayat yang bersangkutan.
b. Ayat-ayat mana saja yang menjadi sub-unit dalam unit telaahan?
c. Sub-unit manakah yang menjadi bawahan setiap bagian utama?
Langkah 3.
a. Siapakah tokoh/tokoh-tokoh penting dalam nas perikop?
b. Di mana dan kapan waktu kejadian peristiwa yang dimaksud?
c. Apakah judul pilihan untuk tiap bagian utama dan masing-masing sub-unit bawahannya, dan judul unit telaahan secara keseluruhan?
d. Bagaimana perbandingan proporsi bagian utama perikop dan bagaimana nada emosional yang terasa?
e. Bagaimana bentuk sastra perikop?
Langkah 4.
a. Apakah yang menjadi pokok bahasan setiap sub-unit?
b. Bagaimana hubungan antar bagian-bagian dari setiap sub-unit tergambar dalam suatu ringkasan isi? --Dimulai dengan pokok pikiran utama setiap sub-unit (simak dari ayat kuncinya), lalu butir-butir ringkasan lainnya di bawahnya.
c. Ayat mana yang menjadi ayat kunci nas keseluruhan unit perikop?
d. Bagaimana bunyi tema utama nas keseluruhan unit telaahan ini?--bernuansa masa lalu, bahasa teks.
e. Istilah-istilah mana yang penting dan mana yang utama dari antaranya?
f. Adakah ciri-ciri khas istimewa atau khusus dari perikop ini?
Langkah 5.
a. Dari antara hubungan struktural yang terdapat dalam unit telaahan ini manakah yang menjadi hubungan struktural utama, yang menjalin keseluruhan unit mendukung pokok pikiran utama unit telaahan? Apakah aspek utama dari hubungan utama tersebut?
Langkah 6.
a. Adakah ayat-ayat paralel di bagian lain Alkitab untuk ayat-ayat penting unit telaahan?
Langkah 7.
a. Adakah ayat-ayat konteks, konteks dekat ataupun konteks jauh, yaitu ayat-ayat bandingan di bagian lain Alkitab yang membantu menjelaskan lebih lanjut apa yang tertulis dalam teks unit telaahan?--pakai konkordansi dan lain sebagainya.
Langkah 8.
a. Apa saja penyataan atau ungkapan yang dijumpai dalam unit telaahan yang menceriterakan sesuatu tentang Yesus Kristus, Roh Kudus, atau Allah Bapa?
Tahap II  PENAFSIRAN – Apa arti teks? Apakah maksud penulis?
Langkah 9.
Tentang istilah utama dan aspek utama dari hubungan utama, yang ditemukan pada tahap Pengamatan di atas, supaya diajukan pertanyaan-pertanyaan:
a1. Definisi: Siapa atau apa ini? Apa arti atau pentingnya ini?
a2. Alasan: Kenapa ini demikian? Apa maksudnya?
a3. Cara: Bagaimana ini dilakukan?
a4. Implikasi dan asumsi: Apa yang dimaksudkan/tersirat dengan ini? Apa yang diasumsi?
b. Secara ringkas apa saja kebenaran-kebenaran utama yang dapat disimpulkan dari penafsiran di atas?
c. Secara ringkas, apa PESAN perikop telaahan (pokok pesan dan pelengkapnya) bernuansa masa kini, penafsiran masa lalu ke masa kini.
Tahap III PENERAPAN  -- Apa arti teks ini bagi hidup saya?
Langkah 10.
a. Bagaimana hasil evaluasi kelayakan tafsiran untuk penerapannya?
b. Setelah merenungkannya dalam doa, apa saja pilihan kebenaran Firman yang mau diterapkan segera?—nyatakan secara spesifik, konkrit, dan praktis.
Langkah 11.
a. Setelah bertekad mau menerapkannya, secara singkat apa tujuan yang diinginkan?
Langkah 12.
a. Ayat mana yang menjadi ayat hapalan, bagaimana bunyinya?—yang menjadi kunci penerapan tersebut di atas.
IMS 091205

No comments:

Post a Comment