Monday, April 8, 2013

PA Pribadi (58)



PA Pribadi: III PELAYANAN KRISTEN (2)
Luk 21:1-4 MEMBERI
Persembahan harum
1 Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. 2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. 3 Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. 4 Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."
Tentang: Pemberian
Memberi
(1-4)
Tokoh:
Yesus
Tempat/waktu:
Yerusalem, bait Allah.
Proporsi:
Memberi persembahan
Bentuk sastra:
Pengajaran
Pokok bahasan:
Persembahan
Ringkasan isi:
1-4 Bertepatan Yesus memperhatikan persembahan orang-orang kaya dan seorang janda miskin, lalu menyatakan bahwa pemberian si janda miskin sesungguhnya lebih banyak dibandingkan pemberian orang orang lain itu, karena si janda memberi seluruh nafkahnya.
1-2 Yesus mengangkat kepala lalu melihat orang-orang kaya memasukkan persembahannya ke dalam peti persembahan, dan seorang janda miskin memasukkan dua peser.
3-4 Yesus menyatakan bahwa pemberian si janda miskin adalah lebih banyak dari semua orang itu, sebab orang kaya memberi dari kelimpahannya tetapi si janda dari kekurangannya, bahkan seluruh nafkahnya.

Ayat kunci utama: Luk 21:3
Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.
Pokok pikiran/tema utama:
Persembahan yang diberikan dari kekurangan lebih berharga dari pada yang diberikan dari kelimpahan.
Istilah penting:
persembahan, memberi, miskin, kekurangan, kelimpahan
Ciri khas:
==
Hubungan struktural utama: sebab-akibat—Bertepatan Yesus memperhatikan persembahan orang-orang kaya dan seorang janda miskin, lalu menyatakan bahwa pemberian si janda miskin sesungguhnya lebih banyak dibandingkan pemberian orang-orang lain itu, sebab si janda memberi seluruh nafkahnya (1-4).
Yesus mengangkat kepala lalu melihat orang-orang kaya memasukkan persembahannya ke dalam peti persembahan, dan seorang janda miskin memasukkan dua peser (1-2). Yesus menyatakan bahwa pemberian si janda miskin adalah lebih banyak dari semua orang itu, sebab orang kaya memberi dari kelimpahannya tetapi si janda dari kekurangannya, bahkan seluruh nafkahnya (3-4).
Ayat paralel:
Mar 12:41-44
Ayat Konteks:
Konteks dekat:
--
Konteks jauh:
ay 1
memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan . . .Mat 27:6 Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: "Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah."
aj 4 janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya . . . 2 Kor 8:12 Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu.
Give, gift, Memberi persembahan: 
Giving to God
A. Manner of:
Without show . . . Mat 6:1-4
According to ability . . . 1 Kor 16:1, 2
Willingly . . . 1 Taw 29:3-9
Liberally . . . 2 Kor 9:6-15
Cheerfully . . . 2 Kor 9:7
Proportionately . . . Mal 3:10
B. Examples of:
Israelites . .. Kel 35:21-29
Leaders of Israel . . . Bil 7:2-28
Poor widow . .. Luk 21:2-4
Macedonian churches . . . 2 Kor 8:1-5

Poverty, Kekurangan:
Poverty, spiritual
A. In a bad sense, of spiritual:
Decay . . . Wah 2:9 Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu--namun engkau kaya--dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.

Immaturity . . . 1 Kor 3:1-3 Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus. 2 Susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarangpun kamu belum dapat menerimanya. 3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?

B. Used in a good sense:
The humble . . . Yes 66:2 Bukankah tangan-Ku yang membuat semuanya ini, sehingga semuanya ini terjadi? demikianlah firman TUHAN. Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku.

Gods’s people . . . Yes 14:32 Dan apakah jawab yang akan diberi kepada utusan-utusan bangsa itu? "TUHAN yang meletakkan dasar Sion, dan di sanalah orang-orang yang sengsara dari umat-Nya mendapat perlindungan."

C. Caused by:
Hastiness . . . Ams 21:5 Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.

Greed . . . Ams 22:6 Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Laziness . . . Ams 24: 30-34 Aku melalui ladang seorang pemalas dan kebun anggur orang yang tidak berakal budi. 31 Lihatlah, semua itu ditumbuhi onak, tanahnya tertutup dengan jeruju, dan temboknya sudah roboh. 32 Aku memandangnya, aku memperhatikannya, aku melihatnya dan menarik suatu pelajaran. 33"Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring," maka datanglah kemiskinan seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata.

Poor, poverty, miskin
A. Descriptive of:
Needy . . . Luk 21:2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu.

Lower classes . . . 2 Raj 24:14 Ia mengangkut seluruh penduduk Yerusalem ke dalam pembuangan, semua panglima dan semua pahlawan yang gagah perkasa, sepuluh ribu orang tawanan, juga semua tukang dan pandai besi; tidak ada yang ditinggalkan kecuali orang-orang lemah dari rakyat negeri.

Rebellious . . . Yer 5:3, 4 Ya TUHAN, tidakkah mata-Mu terarah kepada kebenaran? Engkau memukul mereka, tetapi mereka tidak kesakitan; Engkau meremukkan mereka, tetapi mereka tidak mau menerima hajaran. Mereka mengeraskan kepalanya lebih dari pada batu, dan mereka tidak mau bertobat. Lalu aku berpikir: "Itu hanya orang-orang kecil; mereka adalah orang-orang bodoh, sebab mereka tidak mengetahui jalan TUHAN, hukum Allah mereka.

Holy remnant . . . Zep 3:12-14 Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN, 13 yakni sisa Israel itu. Mereka tidak akan melakukan kelaliman atau berbicara bohong; dalam mulut mereka tidak akan terdapat lidah penipu; ya, mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring dengan tidak ada yang mengganggunya." 14 Bersorak-sorailah, hai puteri Sion, bertempik-soraklah, hai Israel! Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, hai puteri Yerusalem!

B. Causes of:
God’s sovereignty . . . 1 Sam 2:7 TUHAN membuat miskin dan membuat kaya; Ia merendahkan, dan meninggikan juga.

Sloth . . . Ams 6:10, 11
Lack of industry . . . Ams 24:30-34
Love of pleasure . . . Ams 21:17
Stubbornness . . . Ams 13:18
Empty pursuits . . . Ams 28:19
Heavy drinker . . . Ams 23:21

C. Wrong treatment of:
Reproaches God . . . Ams 14:31 Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia.

Brings punishment . . . Ams 21:13 Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban, kalau ia sendiri berseru-seru.

Brings poverty . . . Ams 22: Orang yang menindas orang lemah untuk menguntungkan diri atau memberi hadiah kepada orang kaya, hanya merugikan diri saja.

Regarded by God . . . Pengkh 5:7 Kalau engkau melihat dalam suatu daerah orang miskin ditindas dan hukum serta keadilan diperkosa, janganlah heran akan perkara itu, karena pejabat tinggi yang satu mengawasi yang lain, begitu pula pejabat-pejabat yang lebih tinggi mengawasi mereka.

Judged by God . . . Yes 3:13-15 TUHAN mengambil tempat untuk menuntut dan berdiri untuk mengadili bangsa-bangsa. 14 TUHAN bertindak sebagai hakim atas tua-tua dan pemimpin-pemimpin umat-Nya: "Kamulah yang memusnahkan kebun anggur itu, barang rampasan dari orang yang tertindas tertumpuk di dalam rumahmu. 15 Mengapa kamu menyiksa umat-Ku dan menganiaya orang-orang yang tertindas?" demikianlah firman Tuhan ALLAH semesta alam.
Penyataan Kristus:
Guru
PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: memberi,
b. Hubungan utama: sebab-akibat— Bertepatan Yesus memperhatikan persembahan orang-orang kaya dan seorang janda miskin, lalu menyatakan bahwa pemberian si janda miskin sesungguhnya lebih banyak dibandingkan pemberian orang-orang lain itu, sebab  si janda memberi seluruh nafkahnya (1-4).
Yesus mengangkat kepala lalu melihat orang-orang kaya memasukkan persembahannya ke dalam peti persembahan, dan seorang janda miskin memasukkan dua peser (1-2). Yesus menyatakan bahwa pemberian si janda miskin adalah lebih banyak dari semua orang itu, sebab orang kaya memberi dari kelimpahannya tetapi si janda dari kekurangannya, bahkan seluruh nafkahnya (3-4).
      -- Aspek utama:   kekurangan (karena miskin)
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Persembahan yang diberikan dari kemiskinan lebih berharga dari pada yang diberikan dari kelimpahan.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah maksudnya memberi dalam perikop ini?
     -- memasukkan persembahan dlm kotak persembahan.
     -- memberi persembahan kepada Allah, kepada gereja
 
2) Apakah maksudnya kekurangan dalam perikop ini? 
     -- miskin harta
     -- 
     --

Alasan
3)  Kenapa memberi persembahan?
     -- perintah Tuhan (Hukum Taurat)
     -- bentuk pelayanan
Cara
4) Bagaimana memberi persembahan?
     -- dengan ikhlas
     -- dari yang ada pada diri (hasil perolehan benar)
     -- berasal dari pemberian Tuhan
     -- Without show (Mat 6:1-4); According to ability (1 Kor 16:1, 2); Willingly (1 Taw 29:3-9); Liberally (2 Kor 9:6-15); Cheerfully (2 Kor 9:7); Proportionately (Mal 3:1).
5) Bagaimana kekurangan (miskin)?
     -- penghasilan kecil
     -- God’s sovereignty (1 Sam 2:7);
Sloth (Ams 6:10, 11); Lack of industry (Ams 24:30-34); Love of pleasure (Ams 21:17); Stubbornness (Ams 13:18); Empty pursuits (Ams 28:19); Heavy drinker (Ams 23:21).
Implikasi
6) Apa yang tersirat dari memberi persembahan? 
     -- demi Tuhan
     -- pernyataan syukur kepada Tuhan
7) Apa yang tersirat dari memberi dari kekurangan?
     -- pengorbanan diri
     -- adanya keyakinan tidak akan menderita
     -- adanya keinginan menyenangkan hati Tuhan

Kesimpulan:
1. Memberi persembahan adalah ungkapan syukur dengan sukacita
2. Memberi persembahan adalah memberi dari pemberian Tuhan
3. Memberi persembahan dari kekurangan, dengan ikhlas dan murah hati, yi berkenan bagi Tuhan, akan menerima kelimpahan.
Pesan:
Persembahan yang diberikan dari kemiskinan lebih berharga dari pada yang diberikan dari kelimpahan
.
PENERAPAN
Evaluasi
:
Masih berlaku dan tetap menjadi kewajiban para orang percaya.
Butir-butir penerapan:
1. Menyiapkan perpuluhan dari penghasilan yang diterima.
2. Termasuk atau diluar persembahan pada ibadah kebaktian Minggu dll.
3..
Tekad/Tujuan
Bersyukur dalam segala hal, termasuk dalam memberi persembahan.
Ayat hapalan: Luk 21:3
Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.
IMS 130404

DISKUSI PA

1.      Sesudah memperingatkan mereka yang melayani Allah dengan motivasi yang salah, Yesus memakai kisah sederhana untuk menjelaskan bagaimana Allah memandang persembahan yang kita berikan kepada-Nya.
Menurut kita, mengapa orang memasukkan uang ke salam kantong persembahan di gereja? Untuk apakah uang itu dipergunakan?
a)      Menjalankan perintah Tuhan (Hukum Taurat)
b)      Suatu bentuk pelayanan
c)      Ungkapan rasa syukur
d)      Dipergunakan untuk pelayanan jemaat, termasuk kebutuhan bangunan gereja.

2.      Di ayat 3, mengapa Yesus mengatakan bahwa janda itu memberi lebih banyak dari orang lain padahal ia hanya memberi 2 keping uang kecil?
a)      Janda itu memberi persembahan dari kekurangannya, bahkan seluruh nafkahnya
b)      Memberi dengan ikhlas dan murah hati
c)      Merupakan pengorbanan diri, adanya keyakinan tidak akan menderita, adanya keinginan menyenangkan hati Tuhan

3.      Setelah kita belajar bahwa janda itu memberi persembahan walaupun ia sangat miskin, berapa banyak uang yang dapat kita berikan secara teratur bagi pekerjaan Tuhan?
a)      Suatu komitmen untuk memberi persembahan yang lebih besar, diluar perpuluhan
b)      Berupa pemberian diri sendiri dan talenta untuk pelayanan kepada Kristus dan kerajaan-Nya
c)      Mempunyai nilai kekekalan, bila pemberian menyatakan pengorbanan, pengabdian, dan kasih kepada Kristus.
d)      Motivasi si pemberi lebih penting daripada jumlah pemberiannya.
e)      Memberi adalah: Without show (Mat 6:1-4); According to ability (1 Kor 16:1, 2); Willingly (1 Taw 29:3-9); Liberally (2 Kor 9:6-15); Cheerfully (2 Kor 9:7); Proportionately (Mal 3:1).

No comments:

Post a Comment