Sunday, November 11, 2012

PA Pribadi (54)



PA Pribadi: II. KEHIDUPAN KRISTEN (2)
1 Kor 10:11-13 MENGHADAPI PENCOBAAN
--Hati-hati Supaya Jangan Jatuh
11  Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba. 12 Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh! 13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
Tentang: pencobaan
Bagaimana Menghadapi Pencobaan
(11-13)
Tokoh:
Paulus, Jemaat Korintus
Tempat/waktu:
Sekitar A.D. 55 menjelang akhir perjalanan misi 3 tahun, dalam misi ke 3.
Proporsi:
Pencobaan tidak melebihi kekuatan manusia.
Bentuk sastra:
Surat
Pokok bahasan:
Kehati-hatian menjalani hidup
Ringkasan isi:
11-13 Orang percaya tidak terlepas dari pencobaan dalam hidupnya, maka Paulus menasihatkan supaya berhati-hati dengan tetap mengandalkan pengendalian Tuhan dalam menjalaninya.
11-12 Firman Tuhan yang tertulis supaya dipedomani agar tidak sesat.
13 Pencobaan yang dialami adalah pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia, Ia akan memberikan jalan ke luar supaya dapat menanggungnya.
Ayat kunci utama: 1 Kor 10:13
13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
Pokok pikiran/tema utama:
Pencobaan yang dialami adalah pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia, sebab Allah setia Ia memberikan jalan keluar, sehingga dapat menanggungnya.
Istilah penting:
Pencobaan, jalan keluar
 Ciri khas:
---
Hubungan struktural utama: sebab-akibat—Firman Tuhan yang tertulis supaya dipedomani agar tidak sesat (11-12).
Pencobaan yang dialami adalah pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia, Ia akan memberikan jalan ke luar supaya dapat menanggungnya. (13).
Ayat paralel:
---
Ayat Konteks:
Konteks dekat:
1 Kor 10:1-11:1 “Israel sebagai suatu peringatan”

Konteks jauh:
ay 11 . . . contoh 1 Kor 10:6
Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal-hal yang jahat seperti yang telah mereka perbuat; ; . . . ditulis  Rom 4:23 Kata-kata ini, yaitu "hal ini diperhitungkan kepadanya," tidak ditulis untuk Abraham saja, . . . akhir zaman Rom 13:11 Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya.
ay 12 … teguh berdiri  Rom 11:20  Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah! . . . 2 Pet 3:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.
Pencobaan, temptation: --a testing designed to strengthen or corrupt
C. Of Satan, against:
Christians . . . 1 Kor 7:5 Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.

D. Of Christians:
By:
Lust . . . Yak 1:13-15  Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. 14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.
Riches . . . 1 Tim 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.
Liability to . . . Gal 6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.
Warnings against . . . Mat 26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."
Prayer against . . . Mat 6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.)
Limitation of . . . 1 Kor 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
Deliverence from . . . 2 Pet 2:9 maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman,
Jalan keluar, ways of escape: >> melepaskan diri dari bahaya, derita, dst
Escape—to flee from:
B. Spiritual things:
Sin . . . Kej 39:10-12 Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengarkan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia. 11 Pada suatu hari masuklah Yusuf ke dalam rumah untuk melakukan pekerjaannya, sedang dari seisi rumah itu seorangpun tidak ada di rumah. 12 Lalu perempuan itu memegang baju Yusuf sambil berkata: "Marilah tidur dengan aku." Tetapi Yusuf meninggalkan bajunya di tangan perempuan itu dan lari ke luar.
Destruction . . . Luk 21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."
Corruption . . . 2 Pet 1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.
God’s wrath . . . 1 Tes 1:9, 10 Sebab mereka sendiri berceritera tentang kami, bagaimana kami kamu sambut dan bagaimana kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk melayani Allah yang hidup dan yang benar, 10 dan untuk menantikan kedatangan Anak-Nya dari sorga, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati, yaitu Yesus, yang menyelamatkan kita dari murka yang akan datang.
The great tribulation . . . Wah 7:13-17 Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: "Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?" 14 Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba. 15 Karena itu mereka berdiri di hadapan takhta Allah dan melayani Dia siang malam di Bait Suci-Nya. Dan Ia yang duduk di atas takhta itu akan membentangkan kemah-Nya di atas mereka. 16 Mereka tidak akan menderita lapar dan dahaga lagi, dan matahari atau panas terik tidak akan menimpa mereka lagi. 17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."
Way:
Ways of God’s people:
A. With reference to God’s way:
Understand . . . Maz 119:27
Pray for direction in . . . Kel 33:13
Walk in . . . Ul 8:6
Remember . . . Ul 8:2
Known . . . Maz 67:2
Teach to transgressor . . . Maz 51:13
Rejoice in . . . Maz 119:14
B God’s attitude toward, He:
Knows . . . Maz 1:6
Are acquainted with . . . Maz 139:3
Delights in . . . Maz 37:23
Leads us in . . . Maz 139:24
Teaches . . . Maz 25:9, 12
Makes known . . . Maz 103:7
Makes blameless . . . Maz 18:32
Blesses . . . Ams 8:32
C. With reference to our way:
Acknoweledge Him in . . . Ams 3:6
Commit to the Lord . . . Maz 37:5
Makes prosperous . . . Yos 1:8
All before God . . . Maz 119:168
Teach me . . . Maz 143:8
Ways of man:
Described as:
Contrary before God . . . Bil 22:32
Hard . . . Ams 13:15
Abomination . . . Ams 15:9
Not good . . . Ams 16:29
Dark . . . Ams 2:13
Penyataan Kristus:
Maha Kasih, Maha Setia
PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama:
Pencobaan
b. Hubungan utama: sebab-akibat— Firman Tuhan yang tertulis supaya dipedomani agar tidak sesat >>dalam pencobaan (11-12). Pencobaan yang dialami adalah pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia, Ia akan memberikan jalan ke luar supaya dapat menanggungnya (13).
      -- Aspek utama: jalan keluar
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Pencobaan yang dialami adalah pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia, sebab Allah setia Ia memberikan jalan keluar, sehingga dapat menanggungnya.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah maksudnya pencobaan?
     -- Godaan dari Iblis agar tidak melakukan kehendak Tuhan (orang Kristen 1 Kor 7:5)
     -- Keinginan menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah (2 Tim 3:4)
2) Apakah maksudnya jalan keluar? 
     -- jalan yang harus ditempuh supaya terlepas dari keadaan bahaya, dalam hal ini pencobaan
     -- Secara rohani terlepas dari: Dosa (Kej 39:10-12); Kehancuran  (Luk 21:36); Hawa nafsu dunia/luput dari kebinasaan (2 Pet 1:4); Murka Allah (1 Tes 1:9, 10); Kesengsaraan pd akhir zaman (Wah 7:13-17).
Alasan
3) Kenapa ada pencobaan? 
     -- Orang percaya tidak terlepas dari pencobaan
     --  Iblis selalu berusaha menggoda supaya tidak mengikuti jalan Tuhan.
4) Kenapa ada jalan keluar? 
     -- Allah setia, Ia memberikan jalan keluar, sehingga dapat menanggungnya.
Cara
5) Bagaimana menghadapi pencobaan?
     -- Mengandalkan jalan keluar yang Allah berikan
     -- Berdoa “lepaskan kami dari pencobaan . . .” (Mat 6:13—doa Bapa kami)
6) Bagaimana mendapat jalan keluar?
     -- Taat melayani Tuhan
     -- Ikuti suara hati (Roh Kudus)
     -- Menekuni Firman-Nya
Implikasi
7) Apa yang tersirat dari adanya pencobaan? 
     -- Hidup waspada agar tidak sesat
     -- orang percaya supaya tetap waspada menjaga dan memelihara imannya
     -- Tidak menginginkan hal-hal jahat 1 Kor 10:6
Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal-hal yang jahat seperti yang telah mereka perbuat
     --
Teguh berdiri  Rom 11:20  Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah! . . . 2 Pet 3:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh
     -- Pencobaan orang Kristen oleh: Keinginan (Yak 1:13-15):  Kekayaan (1 Tim 6:9); Kecenderungan akan (Gal 6:1); Peringatan terhadap (Mat 26:41);  Doa terhadap (Mat 6:13); Pembatasan akan (1 Kor 10:13); Keselamatan dari (2 Pet 2:9).
8) Apa yang tersirat dari adanya jalan keluar?
     -- Satu-satunya jalan keluar yang dapat diandalkan adalah yang Tuhan berikan
     --  Semakin teguhkan iman dan tingkatkan kepekaan mendengar suaraNya
     -- Tekun ber-Saat Teduh, berdoa dan merenungkan FirnanNya
Kesimpulan:
1. Orang percaya tidaklah terlepas dari pencobaan.
2. Namun adalah pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan, sebab Allah memberikan jalan keluar sehingga mampu menanggungnya.
3. Maka hiduplah waspada sehingga tidak tersesat, dengan memelihara iman tidak meninggalkan kesetiaan pada Tuhan.
Pesan:
Pencobaan yang dialami adalah pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia, sebab Allah setia Ia memberikan jalan keluar, sehingga dapat menanggungnya.
PENERAPAN
Evaluasi
:  Masih berlaku bagi setiap orang percaya.
Butir-butir penerapan:
1. Tekun ber-Saat Teduh dan PA.
2. Tingkatkan kesetiaan melayani Tuhan
3.
Jalani hidup dengan penuh kewaspadaan
Tekad/Tujuan
Menjalani hidup dengan penuh kewaspasdaan.
Ayat hapalan: 1 Kor 10:13
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
IMS 121012

DISKUSI PA

1.      Setelah menjelaskan seringnya orang-orang Israel gagal sekalipun mereka memiliki pelbagai kelebihan, Paulus menegaskan bahwa kesalahan-kesalahan mereka tersebut adalah suatu peringatan penting bagi kita.
Pencobaan-pencobaan apa yang pernah kita hadapi? Pencobaan apa yang membuat kita menyerah dan mengapa kita menyerah? (Baca juga: 1 Kor 7:5; 2 Tim 3:4)
 
a)      Pencobaan adalah godaan dari Iblis agar tidak melakukan kehendak Tuhan (orang Kristen 1 Kor 7:5), keinginan menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah (2 Tim 3:4)
b)      Maka sebagai orang percayapun kita tidaklah terluput dari pencobaan pencobaan. Iblis senantiasa mengintai kapan terbuka peluang baginya menggoda kita.
c)      Maka dalam menjalani hidup haruslah kita waspada agar tidak sesat.
d)      Sejalan dengan pertumbuhan iman, kita semakin jeli dan semakin kuat dan berani melawan atau menghalau godaan.
e)      Hidup bersama-sama (bersekutu) adalah perlu, supaya Iblis jangan menggodai kita (1 Kor 7:5).

2.      Menurut ayat 13, ada dua hal yang Allah lakukan ketika kita dicobai. Apakah itu?
 
a)      Allah setia; Ia tidak akan membiarkan kita dicobai melampaui kekuatan kita (13b)
b)      Allah akan memberikan kepada kita jalan keluar, sehingga kita dapat menanggungnya (13c)

3.      Bagaimana cara-cara kita mengatasi pencobaan? Misalnya, bagaimana mengatasi godaan dosa seksual? Contoh: Yusuf (Kej 39:10-12). Rujukan lain: --pencobaan: Yak 1:13-15;  1 Tim 6:9; Gal 6:1; Mat 26:41;  Mat 6:13; 1 Kor 10:13; 2 Pet 2:9; --jalan keluar: Kej 39:10-12; Luk 21:36; 2 Pet 1:4; 1 Tes 1:9, 10; Wah 7:13-17.
 
a)      Ketika ujian dan pencobaan menekan kita, jangan kita menyerah; Allah Bapa Sorgawi tahu batas kemampuan kita untuk menahan tekanan-tekanan hidup, Ia akan berikan kita jalan keluar.
b)      Dapatkan kekuatan dari Allah; tidak ada pencobaan yang melebihi kekuatan Allah.
c)      Jika kita berserah kepada Allah, kita tidak akan menyerah kepada dosa; tekuni merenungkan dan mendalami serta menghayati FirmanNya.
d)      Pencobaan orang Kristen: Nafsu, keinginan (Yak 1:13-15); Keinginan kaya (1 Tim 6:9); Kecenderungan untuk (Gal 6:1); Peringatan akan (Mat 26:41); Doa terhadap (Mat 6:13); Pembatasan akan (1 Kor 10:13); Penyelamatan dari (2 Pet 2:9).
e)      Jalan keluar, dalam hal rohani: Dosa (Kej 39:10-12); Kehancuran (Luk 21:36); Hawa nafsu (2 Pet 1:4); Murka Allah (1 Tes 1:9, 10); Kesengsaraan pd Akhir Zaman  (Wah 7:13-17).

No comments:

Post a Comment