Friday, October 14, 2011

PA PRIBADI (41)


2 Korintus 9:6-15
MEMBERI DENGAN SUKACITA
--Membawa Berkat
Minggu 17 setelah TRINITATIS, 16 Oktober 2011
Thema: HIDUP KAYA DI HADAPAN ALLAH
Khotbah: Lukas 12:15-21
Epistel: 2 Korintus 9:6-15

6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. 7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. 8 Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. 9 Seperti ada tertulis: "Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya." 10 Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu; 11 kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami. 12 Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah. 13 Dan oleh sebab kamu telah tahan uji dalam pelayanan itu, mereka memuliakan Allah karena ketaatan kamu dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hatimu dalam membagikan segala sesuatu dengan mereka dan dengan semua orang, 14 sedangkan di dalam doa mereka, mereka juga merindukan kamu oleh karena kasih karunia Allah yang melimpah di atas kamu. 15 Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!
Tentang: Memberi
Memberi dengan Sukacita
--Membawa Berkat
(6-15)
Tokoh:
Paulus, Jemaat Korintus
Tempat/waktu:
Ditulis dari Makedonia, AD 55-57
Proporsi:
Apa yang diberi berasal dari kasih karunia Allah
Bentuk sastra:
surat
Pokok bahasan:
Memberi dengan sukacita sebagai perwujudan syukur atas berkat yang kita terima dari Allah

Ringkasan isi:
6-15 Sedikit banyaknya tuaian ditentukan oleh sedikit banyaknya taburan. Memberi dengan sukarela dalam sukacita adalah menabur benih pemberian Allah, dan akan menuai berlipat ganda pula berkat karunia-Nya, bahkan berlebihan di dalam pelbagai kebajikan. Syukurlah kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu
6-9 Tuaian tergantung pada taburan. Memberi menurut kerelaan hati, akan menuai limpahan segala kasih karunia, senantiasa berkecukupan dalam segala sesuatu malah berkelebihan untuk pelbagai kebajikan.
10-12 Sebab Ia yang menyediakan benih, dan melimpatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaran, diperkaya dalam segala macam kemurahan hati yang membangkitkan syukur kepada Allah.
13-15 Maka Allahpun akan dimuliakan karena ketaatan dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hati dalam membagikan segala hal kepada mereka dan semua orang. Maka syukurlah kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!
Ayat kunci utama: 2 Kor 9:6-7
6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. 7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

Pokok pikiran/tema utama:
Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya dengan sukacita; menabur benih pemberian Allah akan menuai berlipat ganda pula berkat karunia-Nya, bahkan berlebihan di dalam pelbagai kebajikan.
Istilah penting:
memberi, menabur, menuai
Ciri khas:
--
Hubungan struktural utama: sebab-akibatTuaian tergantung pada taburan. Memberi menurut kerelaan hati, akan menuai limpahan segala kasih karunia, senantiasa berkecukupan dalam segala sesuatu malah berkelebihan untuk pelbagai kebajikan (6-9). Sebab Ia yang menyediakan benih, dan melimpatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaran, diperkaya dalam segala macam kemurahan hati yang membangkitkan syukur kepada Allah (10-12). Maka Allahpun akan dimuliakan karena ketaatan dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hati dalam membagikan segala hal kepada mereka dan semua orang. Maka syukurlah kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu! (13-15).
Ayat paralel:
ay 9: Maz 112:9
Ia membagi-bagikan, ia memberikan kepada orang miskin; kebajikannya tetap untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi dalam kemuliaan.
ay 10: Yes 55:10 Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,
Ayat Konteks:
Konteks dekat:
2 Kor 9:1-5 “Pengumpulan uang untuk Yerusalem
2 Kor 8:1-15 “Pelayanan Kasih”
Konteks jauh:
ay 7 …
menurut kerelaan hatinya 2 Kor 8:12 Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu.;
 . . . sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita  Rom 12:8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.
ay 8 . . . melimpahkan segala kasih karunia Ef 3:20 Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,
ay 9 . . . membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin Maz 112:9 lihat di atas
ay 10 . . . menumbuhkan buah kebenaran  Hos 10:12 Menaburlah bagimu sesuai dengan keadilan, menuailah menurut kasih setia! Bukalah bagimu tanah baru, sebab sudah waktunya untuk mencari TUHAN, sampai Ia datang dan menghujani kamu dengan keadilan.
ay 11 . . . diperkaya dalam segala macam kemurahan hati 1 Kor 1:5 Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan;
 . . . ucapan syukur kepada Allah 2 Kor 1:11 karena kamu juga turut membantu mendoakan kami, supaya banyak orang mengucap syukur atas karunia yang kami peroleh berkat banyaknya doa mereka untuk kami.
ay 12 . . .  keperluan-keperluan orang-orang kudus 2 Kor 8:14 Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan.
ay 15 . . . karunia-Nya yang tak terkatakan Rom 5:15-16 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus. 16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.; . . . 2 Kor 2:14  Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.

Giving to God: 
Without show … Mat 6:1-4 "Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga. 2 Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. 3 Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. 4 Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."
According to ability… 1 Kor 16:1-2 Tentang pengumpulan uang bagi orang-orang kudus, hendaklah kamu berbuat sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang kuberikan kepada Jemaat-jemaat di Galatia. 2 Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing--sesuai dengan apa yang kamu peroleh--menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.
Willingly ... 1 Taw 29:3-9 Lagipula oleh karena cintaku kepada rumah Allahku, maka sebagai tambahan pada segala yang telah kusediakan bagi rumah kudus, aku dengan ini memberikan kepada rumah Allahku dari emas dan perak kepunyaanku sendiri 4 tiga ribu talenta emas dari emas Ofir dan tujuh ribu talenta perak murni untuk menyalut dinding ruangan, 5 yakni emas untuk barang-barang emas dan perak untuk barang-barang perak dan untuk segala yang dikerjakan oleh tukang-tukang. Maka siapakah pada hari ini yang rela memberikan persembahan kepada TUHAN?" 6 Lalu para kepala puak dan para kepala suku Israel dan para kepala pasukan seribu dan pasukan seratus dan para pemimpin pekerjaan untuk raja menyatakan kerelaannya. 7 Mereka menyerahkan untuk ibadah di rumah Allah lima ribu talenta emas dan sepuluh ribu dirham, sepuluh ribu talenta perak dan delapan belas ribu talenta tembaga serta seratus ribu talenta besi. 8 Siapa yang mempunyai batu permata menyerahkannya kepada Yehiel, orang Gerson itu, untuk perbendaharaan rumah TUHAN. 9 Bangsa itu bersukacita karena kerelaan mereka masing-masing, sebab dengan tulus hati mereka memberikan persembahan sukarela kepada TUHAN; juga raja Daud sangat bersukacita.
Liberally ... 2 Kor 9:5-16 lihat perikop di atas
Cheerfully ... 2 Kor 9:7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.
Proportionately ... Mal 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
Sowing: scattering seed
Figurative of good things:
God’s Word ... Yes 55:10
Reward ... 2 Kor 9:6, 10
Gospel … Mat 13:3, 4, 37,
Gospel messengers … Yoh 4:36, 37
Resurrection … 1 Kor 15:36-44
Eternal life ... Gal 6:7-9

Reaping:
Figurative of:
Harvest of soul ... Yoh 4:35-38
Trust in God ... Mat 6:26
Gospel age ... Amos 9:13-15
Injustice ... Mat 25:26
Payment fo services ... 1 Kor 9:17
Blessings ... 2 2 Kor 9:16
Reward for righteousness ... Gal 6:8-9
Punishment for sin ... Hos 10:13
Judgement on the world ... Wah 14:14-16
Final judgement ... Mat 13:30-43
àmenabur – menuai à dalam scope penginjilan!: -> memberi kepada Allah
Penyataan Kristus:
murah hati
PENAFSIRAN
Hal-hal utama:
a. Istilah utama: memberi
b. Hubungan utama: sebab-akibat Tuaian tergantung pada taburan. Memberi menurut kerelaan hati, akan menuai limpahan segala kasih karunia, senantiasa berkecukupan dalam segala sesuatu malah berkelebihan untuk pelbagai kebajikan (6-9). Sebab Ia yang menyediakan benih, dan melimpatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaran, diperkaya dalam segala macam kemurahan hati yang membangkitkan syukur kepada Allah (10-12). Maka Allahpun akan dimuliakan karena ketaatan dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hati dalam membagikan segala hal kepada mereka dan semua orang. Maka syukurlah kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu! (13-15).
      -- Aspek utama:   menabur akan menuai
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya dengan sukacita; menabur benih pemberian Allah akan menuai berlipat ganda pula berkat karunia-Nya, bahkan berlebihan di dalam pelbagai kebajikan.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah yang dimaksud dengan memberi dalam konteks perikop ini?
     -- memberi kepada Allah
     -- memberi dalam rangka mengasihi dan melayani Tuhan dan sesama
2) Apakah yang dimaksud dengan menabur dalam konteks perikop ini? 
     -- menabur dan menuai sebagai lambang/gambaran dari memberi dan menerima
     -- menabur dalam rangka mentaati perintah Yesus untuk menginjili.
Alasan
3) Kenapa memberi? 
     -- membalas kasih karunia Allah
     -- wujud puji syukur kepada Tuhan
4) Kenapa menabur?
     -- menerima benih untuk ditabur

Cara
5) Bagaimana memberi menurut konteks perikop ini, yaitu memberi kepada Allah?
     -- Tanpa pamer: supaya dilihat mereka, supaya mereka dipuji orang; tetapi, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu, diberikan dengan tersembunyi, (Mat 6:1-4); Sesuai dengan kemampuan: sesuai dengan apa yang kamu peroleh (1 Kor 16:1-2); Sukarela: bersukacita karena kerelaan mereka masing-masing, sebab dengan tulus hati mereka memberikan persembahan sukarela kepada TUHAN (1 Taw 29:3-9); Berkelebihan (2 Kor 9:5-16; lihat perikop di atas); Dengan sukacita (2 Kor 9:7); Sebanding: persembahan persepuluhan, mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan (Mal 3:10).
6) Bagaimana menabur?
     -- dengan benih yang diperoleh dari yang Allah sediakan,
yang akan Allah lipatgandakan dan tumbuhkan buah-buah kebenaranku.
Implikasi
7) Apa yang tersirat dari hal memberi? 
     -- memberi dengan ikhlas, tulus hati dari karunia Allah yang telah diterima berkelimpahan,
berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.
8) Apa yang tersirat dari hal menabur?
     -- menabur dalam scope penginjilan sebagai gambaran hal-hal baik berikut: Firman Allah (Yes 55:10); Upah/Hadiah (2 Kor 9:6, 10); Injil (Mat 13:3, 4, 37); Penginjil (Yoh 4:36, 37); Kebangkitan (1 Kor 15:36-44); Hidup kekal (Gal 6:7-9).

Kesimpulan:
1. Menabur banyak, menuai banyak (ay 6), adalah gambaran dari memberi dengan relahati, tidak dengan sedih hati atau karena paksaan (ay 7).
2. Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita (ay 7) dan akan dilimpahi segala kasih karunia senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan (ay 8).
3. Juga gambaran dari penerapannya dalam penginjilan.

Pesan:
Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya dengan sukacita; menabur benih pemberian Allah akan menuai berlipat ganda pula berkat karunia-Nya, bahkan berlebihan di dalam pelbagai kebajikan
PENERAPAN
Evaluasi
:
Juga berlaku bagi orang Kristen masa kini.
Butir-butir penerapan:
1. Bersyukur menerima berkat kasih karunia Allah.
2. Bersyukur diwujudkan dengan memberi dan berbagi dengan sesama secara sukarela dan sukacita.
3. Bertumbuh dalam iman dengan tekun ber-Saat Teduh.
Tekad/Tujuan
Terus berlatih bertumbuh dalam suka cita dan tulus hati memberi tanpa pamrih.
Ayat hapalan: 2 Kor 9:6-7
6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. 7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.
IMS 111014

DISKUSI PA

1.  Memberi di sini digambarkan atau diibaratkan sama sebagai hal menabur. Apa yang dikatakan dalam perikop ini tentang menabur dan memberi?
Menabur:
a)      Menabur sedikit, menuai sedikit; menabur banyak, menuai banyak
b)      Menabur dari benih yang Allah sediakan, dan lipatgandakan, dan berbuahkan kebenaran penabur.
c)      Diperkaya dalam segala macam kemurahan hati
Memberi:
a)      Menurut kerelaan hati, dengan sukacita
b)      Menerima berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan

2.      Memberi di sini pada hakekatnya adalah memberi kepada Allah. Perwujudan dari mengasihi dan melayani Allah dengan mengasihi dan melayani sesama. Jelaskan. Baca: Mat 6:1-4; 1 Kor 16:1-2; 1 Taw 29:3-9; 2 Kor 9:5-16; 2 Kor 9:7; Mal 3:10.

a)      Memberi dengan ikhlas, tulus hati dari karunia Allah yang telah diterima berkelimpahan, berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.
b)      Memberi kepada Allah, memberi dalam rangka mengasihi dan melayani Tuhan dan sesama.
c)      Membalas kasih karunia Allah, wujud puji syukur kepada Tuhan.
d)     Tanpa pamer (Mat 6:1-4); Sesuai dengan kemampuan (1 Kor 16:1-2); Sukarela (1 Taw 29:3-9); Berkelebihan (2 Kor 9:5-16); Dengan sukacita (2 Kor 9:7); Sebanding (Mal 3:10).

3.      Maka menabur juga menggambarkan penerapan dari menginjili, sekali gus gambaran kekayaan hidup di hadapan Allah. Jelaskan. Baca: Yes 55:10; 2 Kor 9:6, 10; Mat 13:3, 4, 37; Yoh 4:36, 37; 1 Kor 15:36-44; Gal 6:7-9.

a)      Menabur dan menuai sebagai lambang/gambaran dari memberi dan menerima; menabur dalam rangka mentaati perintah Yesus untuk menginjili (Mat 28:19, 20).
b)      Menerima benih untuk ditabur dari kasih karunia Allah yang menyediakannya, yang juga melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaran si penabur.
c)      Menabur dalam scope penginjilan sebagai gambaran hal-hal baik berikut: Firman Allah (Yes 55:10); Upah/Hadiah (2 Kor 9:6, 10); Injil (Mat 13:3, 4, 37); Penginjil (Yoh 4:36, 37); Kebangkitan (1 Kor 15:36-44); Hidup kekal (Gal 6:7-9).
- - - - -

No comments:

Post a Comment