Saturday, October 1, 2011

PA PRIBADI (40)

Mazmur 78:32-35 Epistel Minggu 2 Oktober 2011
UPAH TAATI TUHAN
--Belajar Dari Sejarah
Minggu: 15 setelah TRINITATIS 2 Oktober 2011
Thema: UPAH MENGIKUT YESUS
Khotbah: Luk 18:28-30 “Upah Mengikut Yesus”
Epistel: Mazmur 78:32-35
32 Sekalipun demikian mereka masih saja berbuat dosa dan tidak percaya kepada perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib. 33 Sebab itu Ia membuat hari-hari mereka habis dalam kesia-siaan, dan tahun-tahun mereka dalam kekejutan. 34  Apabila Ia membunuh mereka, maka mereka mencari Dia, mereka berbalik dan mengingini Allah; 35 mereka teringat bahwa Allah adalah gunung batu mereka, dan bahwa Allah Yang Mahatinggi adalah Penebus mereka.
Tentang: Upah kesetiaan
Upah Taati Tuhan—Belajar dari sejarah
(32-35)
Tokoh:
Tuhan, Asaf (pemazmur)
Tempat/waktu:
Bait suci Allah/Masa pemerintahan Daud
Proporsi:
Berulangkali berbuat dosa, dihukum, lalu bertobat lagi
Bentuk sastra:
Mazmur nyanyian
Pokok bahasan:
Ketidaktaatan berulang bangsa Israel pada Tuhan—hukuman/teguran
Ringkasan isi:
32-35 Kendati berlimpah bukti penyertaan Allah dalam perjalanan hidup mereka, namun berulang kali masih saja berbuat dosa, dan tidak percaya akan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib. Allah pun berulang menghukum mereka sampai mereka sadar dan bertobat, kembali teringat Allah adalah gunung batu mereka, Penebus mereka.
32       Sekalipun demikian, masih saja mereka berbuat dosa, tidak percaya akan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib.
33-35 Sebab itu Ia menghukum mereka, hari-hari mereka habis dalam kesia-siaan, dan tahun-tahun mereka dalam kekejutan. Apabila Allahpun membunuh mereka, teringatlah mereka bahwa Allah adalah gunung batu dan Penebus mereka, maka merekapun berbalik, mencari, dan mengingini Dia.
Ayat kunci utama: Mazmur 78:35
mereka teringat bahwa Allah adalah gunung batu mereka, dan bahwa Allah Yang Mahatinggi adalah Penebus mereka. à berkat teguran Allah
Pokok pikiran/tema utama:
Ingat bahwa Allah adalah gunung batu kita, Allah Yang Mahatinggi, Penebus kita; perjalanan hidup kitapun tidak akan sia-sia, senantiasa dalam penyertaan-Nya.
Istilah penting:
teringat, gunung batu, Maha Tinggi, Penebus.
Ciri khas:
--
Hubungan struktural utama: sebab-akibat—Sekalipun demikian, masih saja mereka berbuat dosa, tidak percaya akan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib (32). Sebab itu Ia menghukum mereka, hari-hari mereka habis dalam kesia-siaan, dan tahun-tahun mereka dalam kekejutan. Apabila Allahpun membunuh mereka, teringatlah mereka bahwa Allah Yang Maha Tinggi adalah gunung batu dan Penebus mereka, maka merekapun berbalik, mencari, dan mengingini Dia (33-35).
Ayat paralel:
--
Ayat Konteks:
Konteks dekat:
Maz 77 “Perbuatan Allah di Masa Lampau”
Konteks jauh:
ay 32 ...
tidak percaya kepada perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib  Bil 14:11 TUHAN berfirman kepada Musa: "Berapa lama lagi bangsa ini menista Aku, dan berapa lama lagi mereka tidak mau percaya kepada-Ku, sekalipun sudah ada segala tanda mujizat yang Kulakukan di tengah-tengah mereka!  Maz 78:11 Mereka melupakan pekerjaan-pekerjaan-Nya dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib, yang telah diperlihatkan-Nya kepada mereka.
ay33 … kesia-siaan Bil 14:29, 35 Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepadar yang telah bersepakat melawan Aku. Di padang gurun ini mereka akan habis dan di sinilah mereka akan mati."
ay 34 ... cari Hos 5:15 Aku akan pergi pulang ke tempat-Ku, sampai mereka mengaku bersalah dan mencari wajah-Ku. Dalam kesesakannya mereka akan merindukan Aku: Bil 21:7 Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata: "Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan TUHAN dan engkau; berdoalah kepada TUHAN, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami." Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu.
... mengingini Maz 63:2 Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair.
ay 35 ... gunung batu Ul 32:4 Gunung Batu, yang pekerjaan-Nya sempurna, karena segala jalan-Nya adil, Allah yang setia, dengan tiada kecurangan, adil dan benar Dia.
... Penebus Ul 9:26 dan aku berdoa kepada TUHAN, kataku: Ya, Tuhan ALLAH, janganlah musnahkan umat milik-Mu sendiri, yang Kautebus dengan kebesaran-Mu, dan yang Kaubawa keluar dari Mesir dengan tangan yang kuat.  Maz 74:2 Ingatlah akan umat-Mu yang telah Kauperoleh pada zaman purbakala, yang Kautebus menjadi bangsa milik-Mu sendiri! Ingatlah akan gunung Sion yang Engkau diami.  Yes 41:14 Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel! Akulah yang menolong engkau, demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel.

Teringat, memories—ability to revive past experience: 
A. Uses of, to recall:
Past blessings … Ezra 9:5-15
13 Sesudah semua yang kami alami oleh sebab perbuatan kami yang jahat, dan oleh sebab kesalahan kami yang besar, sedangkan Engkau, ya Allah kami, tidak menghukum setimpal dengan dosa kami, dan masih mengaruniakan kepada kami orang-orang yang terluput sebanyak ini,  14 masakan kami kembali melanggar perintah-Mu dan kawin-mengawin dengan bangsa-bangsa yang keji ini? Tidakkah Engkau akan murka kepada kami sampai kami habis binasa, sehingga tidak ada yang tinggal hidup atau terluput?  15 Ya TUHAN, Allah Israel, Engkau maha benar, sebab kami masih dibiarkan tinggal sebagai orang-orang yang terluput, seperti yang terjadi sekarang ini. Lihatlah, kami menghadap hadirat-Mu dengan kesalahan kami. Bahwasanya, dalam keadaan demikian tidak mungkin orang tahan berdiri di hadapan-Mu."à berkat di masa lalu
God’s blessings… Neh 9:1-38 – >berkat Allah di masa lalu
Redeemer, redemption – salvation by sacrifice
A. Defined as deliverance from:
Curse of the law ... (Gal 3:13); Bondage of the Law (Gal 4:5); Iniquity (Tit 2:14); Adversaries (Maz 136:24); Pit (Maz 103:4); Death (Hos 13:14); Sheol (Maqz 40:15); Futile way of life (1 Pet 1:18); Present evil age (Gal 1:4).
B. Terlaksana oleh:
Kuasa Allah … Ul 7:8 tetapi karena TUHAN mengasihi kamu dan memegang sumpah-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu, maka TUHAN telah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, raja Mesir.
Darah Kristus ... Ef 1:7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,
God’ Grace … Rom3:24, 25 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. 25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
Benefits of:
Pengampunan … Kol 1:14 di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.
Pembenaran ... Rom 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus
Pengangkatan ... Gal 4:4-5 Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. 5Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.
God’s possession ... 1 Kor 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!
God’s people ... Titus 2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.
Purification ... Titus 2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.
Sealing ... Ef 4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
Inheritance ... Ibr 9:15 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.
Heaven’s gtlory ... Wah 14:3-4 Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorangpun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu. 4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.
Penyataan Kristus:
kasih karunia
PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama:  teringat
b. Hubungan utama: sebab-akibat— Sekalipun demikian, masih saja mereka berbuat dosa, tidak percaya akan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib (32). Sebab itu Ia menghukum mereka, hari-hari mereka habis dalam kesia-siaan, dan tahun-tahun mereka dalam kekejutan. Apabila Allahpun membunuh mereka, teringatlah mereka bahwa Allah adalah gunung batu dan Penebus mereka, maka merekapun mencari Dia, berbalik, dan mengingini Allah (33-35).
      -- Aspek utama:   Allah Gunung Batu dan Penebus
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Ingatlah bahwa Allah adalah gunung batu kita, Allah Yang Mahatinggi, Penebus kita; perjalanan hidup kitapun tidak akan sia-sia, senantiasa dalam penyertaan-Nya.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah maksudnya teringat?
     -- mengingat pengalaman di waktu lalu.
     -- mengingat berkat Allah di masa lalu
2) Siapakah Penebus? 
     -- Allah, dengan mengutus Anak-Nya
Alasan
3) Kenapa menjadi teringat? 
     -- Berulang mendapat teguran Allah atas hidup tak benar
     -- Mengalami kesusahan akibat melakukan dosa, lalu suatu waktu kemudian sadar akan kesalahan lalu menjadi teringat akam kasih karunia Allah
4) Kenapa menebus
     --  Kasih karunia Allah menebus manusia dari hukuman atas perhambaannya pada dosa
Cara
5) Bagaimana menjadi teringat?
     -- diingatkan oleh RK
     --
6) Bagaimana penebusan Yesus?
     -- mati tersalib pengganti manusia terkutuk
     -- Oleh: Kuasa Allah (Ul 7:8); Darah Kristus (Ef 1:7); God’ Grace (Rom3:24, 25)

Implikasi
7) Apa yang tersirat supaya bisa teringat? 
     -- hidup semakin mendekat Allah, semakin peka akan teguran-Nya
     -- terus merenung perbuatan-Nya yang ajaib
     -- setiap langkah perjalanan hidup hanya mengandalkan tuntunan Roh Kudus
     -- ingatan akan masa lalu: berkat Allah (Ezra 9:5-15; Neh 9:1-38), dan ingatan akan masa depan: janji-Nya akan menerima penebusan: Pengampunan (Kol 1:14); Pembenaran (Rom 3:24); Pengangkatan (Gal 4:4-5); God’s possession (1 Kor 6:20); God’s people (Titus 2:14); Purification (Titus 2:14); Sealing (Ef 4:30); Inheritance (Ibr 9:15; Heaven’s glory (Wah 14:3-4)
8) Apa yang tersirat syarat penebusan?
     -- percaya Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat umat manusia (Ef 1:7; Rom3:24, 25)
     -- keinginan mewarisi hidup kekal
     -- melepaskan diri dari kuasa dosa dengan mengandalkan kuasa Roh Kudus
Kesimpulan:
1. Allah Maha kasih, Maha sabar, kendatipun berulang melakukan perbuatan dosa, tetap mau mengampuni
2. Setiap orang percaya selayaknya membukakan diri selalu ingat akan keajaiban perbuatan Allah yang dilihat sekitarnya maupun yang dialami atas dirinya. termasuk janji Allah buat masa depan.
4. Allah memberikan dan menunjuk jalan benar-Nya
5. Manusia hanya tinggal menggapainya.
Pesan:
Ingat bahwa Allah adalah gunung batu kita, Allah Yang Mahatinggi Penebus kita; perjalanan hidup kitapun tidak akan sia-sia, senantiasa dalam penyertaan-Nya
.
PENERAPAN
Evaluasi
:
masih berlaku.
Butir-butir penerapan:
1. Hidup semakin mendekat Allah, semakin peka akan teguran-Nya
2. Terus merenung perbuatan-Nya yang ajaib
3. Setiap langkah perjalanan hidup hanya mengandalkan tuntunan Roh Kudus.
Tekad/Tujuan
Dengan tuntunan Roh-Nya, hidup semakin dekat pada-Nya.
Ayat hapalan: Mazmur 78:35
 mereka teringat bahwa Allah adalah gunung batu mereka, dan bahwa Allah Yang Mahatinggi adalah Penebus mereka.
IMS 110928

DISKUSI PA

1.      Mengetahui, mengenal, dan memahami sejarah suatu bangsa, apa lagi bangsa Israel bangsa pilihan Tuhan, seperti yang terdapat dalam Alkitab, adalah penting dalam hidup kita, termasuk seperti yang digambarkan dalam Mazmur 78:32-35 ini, bahwa mereka masih saja berbuat dosa dan tidak percaya kepada perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib. Apakah yang Allah lalukan terhadap bangsa pilihan-Nya sebagai tanggapan atas perilaku bangsa tersebut? Lalu apa pula tanggapan bangsa tersebut terhadap tindakan Allah atas mereka?
Tanggapan Allah:
a)      Membuat hari-hari mereka habis dalam kesia-siaan, dan tahun-tahun mereka dalam kekejutan
b)      Bahkan membunuh sebagian mereka.
Tanggapan bangsa itu:
c)      Mencari Dia, mereka berbalik dan mengingini Allah
d)      Mereka teringat bahwa Allah adalah gunung batu mereka, dan bahwa Allah Yang Mahatinggi adalah Penebus mereka.

2.      Gambaran apakah yang kita peroleh di sini tentang sikap Allah terhadap bangsa pilihan-Nya tersebut?
a)      Allah Maha kasih, Maha sabar, kendatipun berulang kali melakukan perbuatan dosa, tetap mau mengampuni umat-Nya
b)      Berulang-ulang memberi teguran, mulai teguran lunak sampai teguran keras, supaya mau bertobat dan kembali pada-Nya.

3.      Dari gambaran riwayat bangsa Israel tersebut, bagaimana kesimpulan kita seharusnya menjalani hidup ini? Rujukan: (1) Ezra 9:5-15; Neh 9:1-38; (2) Kol 1:14; Rom 3:24; Gal 4:4-5; 1 Kor 6:20; Titus 2:14; Titus 2:14; Ef 4:30; Ibr 9:15; Wah 14:3-4.
a)      Hidup semakin mendekat Allah, semakin peka akan teguran-Nya
b)      Terus merenung perbuatan-Nya yang ajaib
c)      Setiap langkah perjalanan hidup hanya mengandalkan tuntunan Roh Kudus
d)      Ditopang oleh ingatan akan masa lalu: berkat Allah (Ezra 9:5-15; Neh 9:1-38), dan ingatan akan masa depan tentang janji-Nya kita akan menerima penebusan: Pengampunan (Kol 1:14); Pembenaran (Rom 3:24); Pengangkatan (Gal 4:4-5); Milik Allah (1 Kor 6:20); bangsa Allah (Titus 2:14); Pengkudusan (Titus 2:14); Meterai (Ef 4:30); Warisan (Ibr 9:15; kemuliaan sorga (Wah 14:3-4)

No comments:

Post a Comment