Friday, June 3, 2011

PA PRIBADI (32)


Efesus 3:14-21, Epistel Minggu 5 Juni 2011
DOA PAULUS: MENGENAL KASIH KRISTUS
Dipenuhi dalam Seluruh Kepenuhan Allah
Minggu EXAUDI 5 Juni 2011
Thema: AIR KEHIDUPAN
Khotbah: Yohanes 7:37-38 “ROH KUDUS AIR KEHIDUPAN”
Epistel: Efesus 3:14-21
14 Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa, 15 yang dari pada-Nya semua turunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima namanya. 16 Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, 17 sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. 18 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, 19 dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. 20 Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, 21  bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin.
Tentang: Kuasa Roh Kudus
Roh Kudus berdiam dan berkarya dalam hati kita
(14-21)
Tokoh:
dari Paulus, kepada jemaat Efesus, dan semua orang percaya di mana-mana
Tempat/waktu:
ditulis dari penjara Roma, AD 60
Proporsi:
Betapa besar kasih Kristus bagi orang percaya
Bentuk sastra:
Surat
Pokok bahasan:
Peranan Roh Kudus dalam diri orang percaya dan jemaat, warga keluarga Allah
Ringkasan isi:
14-21  Paulus berdoa supaya Jemaat Efesus sebagai turunan Allah, dapat memahami dan dapat mengenal betapa besar kasih Kristus sekalipun hal tersebut melampaui segala pengetahuan.
14-17   Supaya Allah Bapa menurut kekayaan kemuliaanNya
menguatkan dan meneguhkan mereka para turunan-Nya oleh Roh-Nya di dalam batin mereka, sehingga oleh iman, Kristus diam di dalam hati mereka dan mereka berakar serta berdasar di dalam kasih,
18-19  supaya mereka dapat memahami dan mengenal betapa besar kasih Kristus,
supaya mereka dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.
20-21  Bagi Allah, yang melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin

Ayat kunci utama: Efesus 3:18-19a
Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan
Pokok pikiran/tema utama:
Kendatipun melampaui segala pengetahuan, melalui kuasa RohNya dalam batin kita, yang karena iman, Kristus mendiami hati kita, lalu kita berakar dan berdasar dalam kasih, sebagai warga turunan Allah, kita dapat memahami dan menangkap betapa besar kasih Kristus bagi semua orang percaya, baik dari masa lalu, masa kini, maupun masa depan, sehingga kita dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.
Istilah penting:
kasih Kristus, turunan (turun-temurun, selamanya), orang kudus, jemaat, dipenuhi, kuasa,
Ciri khas:
--
Hubungan struktural utama: sebab-akibatSupaya Allah Bapa menurut kekayaan kemuliaanNya menguatkan dan meneguhkan mereka para turunan-Nya oleh Roh-Nya di dalam batin mereka, sehingga oleh iman, Kristus diam di dalam hati mereka dan mereka berakar serta berdasar di dalam kasih (14-17); supaya mereka dapat memahami dan mengenal betapa besar kasih Kristus; supaya mereka dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah (18-19). Bagi Allahlah, yang melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin (20-21).
Ayat paralel:
--
Ayat Konteks:
Konteks dekat:
Ef 3:1-13 Rahasia panggilan orang-orang bukan Yahudi
Catatan:
ay 15 ... Keluarga Allah = semua orang yang percaya di masa lalu, masa kini, dan masa depan = jemaat Allah (3:16-21)
ay 16-17a ...
ITB   Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu ...
IBIS Saya berdoa semoga Allah yang mahamulia berkenan untuk menguatkan batinmu dengan Roh-Nya. Semoga karena kalian percaya kepada Kristus, Kristus tinggal di dalam hatimu,...
KJV That he would grant you, according to the riches of his glory, to be strengthened with might by his Spirit in the inner man;  That Christ may dwell in your hearts by faith
;...,
KBBI batin = yang terdapat dalam hati; yang mengenai jiwa (perasaan hati dsb); semangat, hakikat. Hati = sesuatu yang ada dalam tubuh manusia yang dianggap sebagai tempat segala perasaan batin dan tempat menyimpan pengertian-pengertian (perasaan-prerasaan dsb). Jiwa = roh manusia (yang ada di dalam tubuh dan menyebabkan hidup), nyawa; seluruh kehidupan batin manusia (yang terjadi dari perasaan, , pikiran, angan-angan, dsb). Jiwa = 1. roh manusia (yg ada dlm tubuh dan menyebabkan hidup); 2. Seluruh kehidupan batin manusia (yg terjadi dari perasaan, pikiran, angan-angan, dsb).
ay 18 ... Lebar = mencakup lebarnya pengalaman kita, mencapai seluruh dunia;  panjang =berlanjut sepanjang lama hidup kita; tinggi = mencapai puncak kepuasan dan sukacita kita; dalam = mencapai kedalaman kekecewaan, keputusasaan, bahkan kematian; takkan kehilangan kasih Allah (Rom 8:38, 39).

Konteks jauh:
ay 14: Fil 2:10
supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
ay 16: Rom 7:22 Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah,
           Ef 1:18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus,; 3:8 Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu,
           1 Kor 16:13 Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!
ay 17: 1 Kor 3:6 Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.
           Kol 1:23 Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.
ay 18: Ef 1:15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,
           Ayu 11:8f Tingginya seperti langit--apa yang dapat kaulakukan? Dalamnya melebihi dunia orang mati--apa yang dapat kauketahui? 9  Lebih panjang dari pada bumi ukurannya, dan lebih luas dari pada samudera.
ay 19: Ef 1:23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.
           Kol 2:10 dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa.
ay 20: Rom 16:25 Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, --menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,
           2 Kor 9:8 Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.
           Ef 3:7 Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.
ay 21: Rom 11:36 Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.

Love of Christ, the
A. Objects of:
Father ... Yoh 14:31  Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku, bangunlah, marilah kita pergi dari sini."

Believers ... Gal 2:20 
namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Church ... Ef 5:2, 25 
dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah. 25  Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

B. Described as:
Knowing ... Ef 3:19 
dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Personal ... Gal 2:20
  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Conquering ... Rom 8:37
  Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

Unbreakable ... Rom 8:35
  Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?

Intimate ... Yoh 14:21
  Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

Like the Father’s ... Yoh 15:9
  "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.

Sacrificial ... Gal 2:20
  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

C. Expressions of:
In taking our nature ... Ibr 2:16-18
  Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat. 17  Tetapi jika kami sendiri, sementara kami berusaha untuk dibenarkan dalam Kristus ternyata adalah orang-orang berdosa, apakah hal itu berarti, bahwa Kristus adalah pelayan dosa? Sekali-kali tidak. 18  Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat.

In dying for us ... Yoh 15:13
  Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.
Love of God, the
A. Objects of
Christ … Yoh 3:35
Christians … 2 Tes 2:16
Mankind … Titus 3:4  Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia,
Cheerful giver … 2 Kor 9:7

B. Described as
Great … Ef 2:4
Everlasting … Yer 31:3
Sacrificial … Rom 5:8

C. As seen in believers’
Heart … Rom 5:5
Regeneration … Ef 2:4, 5
Love … 1 Yoh 4:7-12
Faith … 1 Yoh 4:16
Security … 2 Tes 3:5
Daily life … 1 Yoh 2:15-17
Obedience … 1 Yoh 2:5
Without fear … 1 Yoh 4:18-21
Glorification … 1 Yoh 3:1, 2
Love, Christian
A. Toward God
First commandment … Mat 22:37, 38 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

With all the heart … Mat 22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

More important than ritual … Mrk 12:31-33   Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." 32  Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.33  Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan."

Gives boldness … 1 Yoh 4:17-19 Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini. 18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih. 19  Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

B. Toward Christ
Sign of true faith … Yoh 8:42   Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.
Manifested in obedirence … Yoh 14:15, 21, 23  "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. 21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." 23  Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

Leads to service … 2 Kor 5:14   Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. 15 Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

C. Towards others
Second command … Mat 22:37-39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Commanded by Christ … Yoh 13:34  Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

Described in detail 1 Kor 13:1-13
Penyataan Kristus:
Maha Kasih
PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: kasih Kristus
b. Hubungan utama: sebab-akibat Supaya Allah Bapa menurut kekayaan kemuliaanNya
menguatkan dan meneguhkan mereka para turunan-Nya oleh Roh-Nya di dalam batin mereka, sehingga oleh iman, Kristus diam di dalam hati mereka dan mereka berakar serta berdasar di dalam kasih (14-17), supaya mereka dapat memahami dan mengenal betapa besar kasih Kristus, supaya mereka dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah (18-19). Bagi Allahlah, yang melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin (20-21).
      -- Aspek utama: orang kudus, yi para turunan-Nya (turun-temurun, selamanya), sebagai warga jemaat keluarga besar Allah
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Kendatipun melampaui segala pengetahuan, melalui kuasa RohNya dalam batin kita, yang karena iman Kristus mendiami hati kita, lalu kita berakar dan berdasar dalam kasih, sebagai warga turunan Allah, kita dapat memahami dan menangkap betapa besar kasih Kristus bagi semua orang percaya, baik dari masa lalu, masa kini, maupun masa depan, sehingga kita dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah yang dimaksud dengan kasih Kristus?
    
Expressions of:
In taking our nature ... Ibr 2:16-18   Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat. 17  Tetapi jika kami sendiri, sementara kami berusaha untuk dibenarkan dalam Kristus ternyata adalah orang-orang berdosa, apakah hal itu berarti, bahwa Kristus adalah pelayan dosa? Sekali-kali tidak. 18  Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat.

        -- In dying for us ... Yoh 15:13
  Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

      --
. Described as: Knowing ... Ef 3:19  dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Personal ... Gal 2:20
  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Conquering ... Rom 8:37
  Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

Unbreakable ... Rom 8:35
  Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?

Intimate ... Yoh 14:21
  Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

Like the Father’s ... Yoh 15:9
  "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.

Sacrificial ... Gal 2:20
  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
 
2) Siapakah turunan Allah? 
     -- semua orang percaya
     -- baik di masa lalu, masa kini, maupun masa depan
     --

Alasan
3) Kenapa turunannya menerima kasih Kristus? 
     -- Percaya dan menerima Yesu Kristu sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi
4) Kenapa menjadi turunan Allah?
     -- percaya dan beriman pd Kristus Yesus
     -- menjadi anak-anak Allah
Cara
5) Bagaimana menerima kasih Krists?
     -- karena iman akan karya penebusan oleh Yesus di kayu salib di kayu salib
     --
6) Bagaimana menjadi turunan Allah?
     -- semata-mata karena kasi karunia Allah
     --
Implikasi
7) Apa yang tersirat sebagai respons menerima kasih Kristus oleh setiap orang percaya.? 
     -- mengasihi Allah, mengasihi Yesus Kristus, dan mengasihi sesama:
     --
Mat 22:37, 38; Mat 22:37; Mark 12:31-33; 1 Yoh 4:17-19; Yoh 8:42; Yoh 14:15, 21, 23; 2 Kor 5:14; Mat 22:37-39; Yoh 13:34; 1 Kor 13:1-13
9) Apa yang tersirat sebagai turunan Allah?
     -- mengasihi Bapa dan sesama dengan sepenuh hati dan jiwa
     -- 
1.      Kesimpulan:
1. 
Oleh iman dalam Kristus setiap orang percaya telah menerima penebusan menjadi turunan Allah, menjadi warga keluarga besar Allah bersama semua orang percaya lainnya, terlepas ia dari warga jemaat manapun di sdeluruh dunia.
2.      Oleh iman dalam Kristus, oleh RohNya mereka dikuatkan dan diteguhkan dalam batin mereka, Kristus diam di dalam hati mereka, berakar serta berdasar di dalam kasih.
3.      Oleh iman dalam Kristus, bersama-sama semua orang percaya dapat memahami dan mengenal betapa besar kaih Kristus, supaya dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.
4.      Oleh iman dalam Kristus, Allah melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, sebagai mana nyata dari kuasa Roh Kudus yang bekerja di dalam kita.
5.      Oleh iman dalam Kristus, bagi Allahlah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya.
Pesan:
Kendatipun melampaui segala pengetahuan, melalui kuasa RohNya dalam batin kita, yang karena iman Kristus mendiami hati kita, lalu kita berakar dan berdasar dalam kasih, sebagai warga turunan Allah, kita dapat memahami dan menangkap betapa besar kasih Kristus bagi semua orang percaya, baik dari masa lalu, masa kini, maupun masa depan, sehingga kita dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.
PENERAPAN
Evaluasi
:
Berlaku bagi semua orang percaya masa kini.
Butir-butir penerapan:
1. Semakin tekun membaca dan merenungkan FirmanNya
2. Memelihara komunikasi dengan Allah setiap waktu.
3. Memuliakan Allah dalam segala hal.
Tekad/Tujuan
Menjalani hidup yang dipenuhi seluruh kepenuhan Allah di tengah-tengah keluarga besar Allah menjadi kesaksian bagi semua orang akan kasih Kristus.
Ayat hapalan: Efesus 3:18-19a
Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan.
IMS 110531
DISKUSI PA
1.      Apakah yang Paulus doakan bagi jemaat Efesus sebagai turunan Allah, termasuk jemaat orang percaya masa kini? Lihat juga Mat 8:38, 39
a)      Supaya Allah, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan mereka oleh Roh-Nya di dalam batin mereka. sehingga oleh iman mereka Kristus diam di dalam hati mereka dan mereka berakar serta berdasar di dalam kasih (16, 17)______________________
b)     Supaya bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya (betapa besarnya) kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan (18, 19)_________________________
c)      Supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah (19).
2.      Bagaimanakah doa Paulus tersebut dimanifestasikan dalam diri orang percaya? Rujukan: Rom 5:5; Ef 2:4, 5; 1 Yoh 4:7-12; 1 Yoh 4:16; 2 Tes 3:5; 1 Yoh 2:15-17; 1 Yoh 2:5; 1 Yoh 4:18-21; 1 Yoh 3:1, 2.
a)      (1) oleh RohNya mereka dikuatkan dan diteguhkan dalam batin mereka, (2) oleh iman mereka Kristus diam di dalam hati mereka, (3) oleh iman mereka, mereka berakar serta berdasar di dalam kasih (16, 17)_______________________________________________
b)      Oleh iman dan keinginan mereka Roh Kudus berkarya dalam diri mereka          
c)      Disertai pemahaman dan pengenalan akan kasih Kristus___
d)      Terlihat dalam diri orang percaya: dicurahkan dalam hati (Rom 5:5); regenerasi oleh Kristus (Ef 2:4, 5); mengasihi (1 Yoh 4:7-12); beriman (1 Yoh 4:16); tabah (2 Tes 3:5); dalam hidup sehari-hari (1 Yoh 2:15-17); patuh akan Firman (1 Yoh 2:5); tanpa ketakutan (1 Yoh 4:18-21); dimuliakan sebagai anak Allah (1 Yoh 3:1, 2).______________________________________
3.      Lalu bagaimana orang percaya sepatutnya menanggapi manifestasi tersebut dalam hidupnya sebagai warga keluarga Allah terhadap dan di dalam jemaat keluarga Allah? Rujukan: Mat 22:37, 38; Mat 22:37; Mark 12:31-33; 1 Yoh 4:17-19; Yoh 8:42; Yoh 14:15, 21, 23; 2 Kor 5:14; Mat 22:37-39; Yoh 13:34; 1 Kor 13:1-13.
a)      Kasih terhadap Allah: Adalah perintah Allah (Mat 22:37, 38); mengasihi dengan segenap hati dan jiwa (Mat 22:37); jauh lebih utama daripada ritual ibadah (Mark 12:31-33); mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman (1 Yoh 4:17-19)________________
b)      Kasih terhadap Kristus: tanda iman benar (Yoh 8:42); menaati perintah Allah (Yoh 14:15, 21, 23); melayani Tuhan (2 Kor 5:14).________________________
c)      Kasih terhadap sesama orang percaya: perintah kedua Allah (Mat 22:37-39); perintah Kristus (Yoh 13:34); diuraikan terinci (1 Kor 13:1-13)_____________________

No comments:

Post a Comment