Saturday, May 21, 2011

PA PRIBADI (31)

BERSYUKUR BERNYANYI DAN BERDOA
Kasih setiaNya besar melebihi tinggi langit
Mazmur 108:1-5; Epistel Minggu 22 Mei 2011
Minggu KANTATE 22Mei 2011
Thema: MENYANYI DAN BERDOALAH KEPADA TUHAN
Khotbah: Matius 21:14-22
Epistel: Mazmur 108:1-5
1  Nyanyian. Mazmur Daud. 2 Hatiku siap, ya Allah, aku mau menyanyi, aku mau bermazmur. Bangunlah, hai jiwaku, 3 bangunlah, hai gambus dan kecapi, aku mau membangunkan fajar. 4 Aku mau bersyukur kepada-Mu di antara bangsa-bangsa, ya TUHAN, dan aku mau bermazmur bagi-Mu di antara suku-suku bangsa; 5 sebab kasih-Mu besar mengatasi langit, dan setia-Mu sampai ke awan-awan.

Tentang: bersyukur
Bersyukur Menyanyi dalam Iman
(1-5)
Tokoh:
Daud
Tempat/waktu:

Proporsi:
Niat hatinya mau bersyukur menyanyi bagi Tuhan
Bentuk sastra:
Mazmur
Pokok bahasan:
Menyambut hari baru mau menyanyi, bersyukur pada Allah atas kasih-setiaNya yang besar dengan sepenuh hati dan jiwa.
Ringkasan isi:
1-5 Bersyukur kepada Allah dengan nyanyian dan mazmur menyambut fajar menyingsing
1-3 Hati dengan segenap jiwa setiap kali siap mau memuji Tuhan dengan menyanyi, bermazmur bersyukur kepadaNya menyambut hari baru
 4-5 Mau bersyukur pada Tuhan di antara bangsa-bangsa, mau bermazmur di antara suku-suku bangsa, sebab kasih setiaNya yang besar melebihi tinggi langit.

Ayat kunci utama: Mazmur 108:4-5
Aku mau bersyukur kepada-Mu di antara bangsa-bangsa, ya TUHAN, dan aku mau bermazmur bagi-Mu di antara suku-suku bangsa; sebab kasih-Mu besar mengatasi langit, dan setia-Mu sampai ke awan-awan.
Pokok pikiran/tema utama:
Bersyukur pada Tuhan setiap hari dalam iman dengan nyanyian dan pujian
Istilah penting:
bersyukur, kasih, setia
Ciri khas:
Mazmur 108 adalah gabungan bagian kesimpulan dari dua Mazmur terdahulu, Maz 57:8-12 dan Maz 60:9-14.
Hubungan struktural utama: sebab-akibat—Hati dengan segenap jiwa siap mau memuji Tuhan dengan menyanyi, bermazmur bersyukur kepadaNya menyambut hari baru (1-3)
Mau bersyukur pada Tuhan di antara bangsa-bangsa, mau bermazmur di antara suku-suku bangsa, sebab kasih setiaNya yang besar melebihi tinggi langit (4-5).
Ayat paralel:
ay 1-6: Maz 57:8-12
Hatiku siap, ya Allah, hatiku siap; aku mau menyanyi, aku mau bermazmur. 9 Bangunlah, hai jiwaku, bangunlah, hai gambus dan kecapi, aku mau membangunkan fajar! 10 Aku mau bersyukur kepada-Mu di antara bangsa-bangsa, ya Tuhan, aku mau bermazmur bagi-Mu di antara suku-suku bangsa; 11 sebab kasih setia-Mu besar sampai ke langit, dan kebenaran-Mu sampai ke awan-awan. 12 Tinggikanlah diri-Mu mengatasi langit, ya Allah! Biarlah kemuliaan-Mu mengatasi seluruh bumi!

ay 8-12 Maz 60:9-14  Punya-Ku Gilead dan punya-Ku Manasye, Efraim ialah pelindung kepala-Ku, Yehuda ialah tongkat kerajaan-Ku; 10 Moab ialah tempat pembasuhan-Ku, kepada Edom Aku melemparkan kasut-Ku, karena Filistea Aku bersorak-sorai." 11 Siapakah yang akan membawa aku ke kota yang berkubu? Siapakah yang menuntun aku ke Edom? 12 Bukankah Engkau, ya Allah, yang telah membuang kami, dan yang tidak maju, ya Allah, bersama-sama bala tentara kami? 13 Berikanlah kepada kami pertolongan terhadap lawan, sebab sia-sia penyelamatan dari manusia. 14 Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita.
Ayat Konteks:
Konteks dekat:
-- Maz 107:1-43 Nyanyian syukur dari orang-orang yang ditebus TUHAN
-- Maz 108:1-14 Syukur dan doa
-- Maz 109:1-31 Doa seorang yang kena fitnah
Konteks jauh:
ay 5 … kasihMu Bil 14:18
  TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat. . . . Ul 7:9   Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan,

Bersyukur: --Syukur untuk berkat-berkat
A. Digambarkan sebagai:
Persembahan rohani ... Maz 116:17 Aku akan mempersembahkan korban syukur kepada-Mu, dan akan menyerukan nama TUHAN,

Kewajiban ... 2 Tes 2:13 Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai.

Tak hentinya ... Ef 1:16 akupun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku,

Spontan ... Fil 1:3 Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu

Dalam nama Kristus ....Ef 5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita

Kehendak Allah ... 1 Tes 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Tema surgawi ... Wah 7:12 sambil berkata: "Amin! puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya! Amin!"

B. Diucapkan/dinyatakan untuk:
Makanan ... Yoh 6:11, 23 Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.  23 Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya.

Hikmat ... Dan 2:23 Ya Allah nenek moyangku, kupuji dan kumuliakan Engkau, sebab Engkau mengaruniakan kepadaku hikmat dan kekuatan, dan telah memberitahukan kepadaku sekarang apa yang kami mohon kepada-Mu: Engkau telah memberitahukan kepada kami hal yang dipersoalkan raja."

Orang percaya... 1 Tes 1:2 Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu semua dan menyebut kamu dalam doa kami.

Kemenangan … 1 Kor 15:57   Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Doa terjawab ... Yoh 11:41   Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.

Keselamatan ... 2 Kor 9:15 Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!

Perjamuan Kudus ... 1 Kor 11:24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!"

Hidup berubah ... 1 Tes 2:13 Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi--dan memang sungguh-sungguh demikian--sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya.

Lovingkindness, kasih setia: --gentle and steadfast mercy
Attitudes of believers, to:
Trust in ... Maz 13:6a Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu.
                  Maz 52:
10 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya akan kasih setia Allah untuk seterusnya dan selamanya.

Rejoice in ... Maz 31:8 Aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karena kasih setia-Mu, sebab Engkau telah menilik sengsaraku, telah memperhatikan kesesakan jiwaku,

Hope in ... Maz 33:18   Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya,
                  Maz 147:11   TUHAN senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya.

Sing of ... Maz 59:11 Allahku dengan kasih setia-Nya akan menyongsong aku; Allah akan membuat aku memandang rendah seteru-seteruku.
                 Maz 89:2  Aku hendak menyanyikan kasih setia TUHAN selama-lamanya, hendak memperkenalkan kesetiaan-Mu dengan mulutku turun-temurun.
Penyataan Kristus:
kasih setia
PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama: Bersyukur
b. Hubungan utama: sebab-akibat—Hati dengan segenap jiwa siap mau memuji Tuhan dengan menyanyi, bermazmur bersyukur kepadaNya menyambut hari baru (1-3)
Mau bersyukur pada Tuhan di antara bangsa-bangsa, mau bermazmur di antara suku-suku bangsa, sebab kasih setiaNya yang besar melebihi tinggi langit (4-5).
      -- Aspek utama:   kasih setia Allah
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Bersyukur pada Tuhan setiap hari dalam iman dengan nyanyian dan pujian, karena kasih setiaNya.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah maksudnya bersyukur?
     -- menghargai berkat karunia yang diterima.
     -- menghargai Tuhan Sang Juru Selamat
2) Apakah yang dimaksud dengan kasih setia? 
     -- kasih karunia keselamatan yang diberikan sekali dan berlaku untuk selamanya
Alasan
3)Kenapa bersyukur? 
     -- sebab kasih setiaNya besar melebihi tinggi langit
4) Kenapa Tuhan mengasihi dan setia akan kasihNya?
     -- janjiNya sejak awal penciptaan manusia meurut gambar dan rupaNya
Cara
5) Bagaimana caranya bersyukur?
     -- menyanyi dan bermazmur memuji Tuhan
     -- menaati kehendakNya
6) Bagaimana Allah menyatakan kasihNya?
     -- mengurbankan Anak tunggalNya disalibkan menebus manusia yang menerimanya dengan percaya
Implikasi
7) Apa yang tersirat dalam bersyukurkepada Tuhan? 
     -- digambarkan sebagai: Persembahan rohani (Maz 116:17);  Kewajiban (2 Tes 2:13); Tak hentinya (Ef 1:16); Spontan (Fil 1:3); Dalam nama Kristus (
Ef 5:20); Kehendak Allah (1 Tes 5:18); Tema surgawi (Wah 7:12).
     -- Diucapkan/dinyatakan untuk:Makanan (Yoh 6:11, 23); Hikmat (Dan 2:23); Orang percaya (1 Tes 1:2); Kemenangan (1 Kor 15:57); Doa terjawab (Yoh 11:41); Keselamatan (2 Kor 9:15); Perjamuan Kudus (1 Kor 11:24); Hidup berubah (1 Tes 2:13)

8 ) Apa yang tersirat dalam kasih setia Allah?
     -- sikap orang percaya terhadap kasih setia Allah:
Percaya ( Maz 13:6a; Maz 52:10); bersukacita (Maz 31:8); berpengharapan (Maz 33:18; Maz 147:11); bernyanyi (Maz 59:11; Maz 89:2)
Kesimpulan:
1.  Sebagai orang percaya sepatutnya kita bersyukur kepada Tuhan, yang oleh kasih setiaNya kita beroleh penebusan dan keselamatan hidup kekal
2.  Kita bersyukur dalam segala hal dengan setiap kali menyanyi dan bermazmur memuji Tuhan
3.  Hidup bersaksi sesuai kehendaknya menjadi garam dan terang dunia (Mat 5:13, 14)—Maz 108:4

Pesan:
Bersyukur pada Tuhan setiap hari, di mana saja, dalam iman dengan nyanyian dan pujian, karena kasih setiaNya
.
PENERAPAN
Evaluasi
:
Pesan Mazmur masih berlaku bagi kita orang percaya.
Butir-butir penerapan:
1. Menyadari betapa besar kasih setianya bagi kita
2. Hidup bahagia dengan selalu bersyukur
3..Setiap kali, di mana saja, menyambut hari baru dengan bernyanyi  dan berdoa
Tekad/Tujuan
Menjalani hidup yang selalu bersyukur, mempersembahkan tubuh dengan memeliharanya sebagai bait Allah.
Ayat hapalan: Mazmur 108:4-5
Aku mau bersyukur kepada-Mu di antara bangsa-bangsa, ya TUHAN, dan aku mau bermazmur bagi-Mu di antara suku-suku bangsa; sebab kasih-Mu besar mengatasi langit, dan setia-Mu sampai ke awan-awan.
IMS 110516
DISKUSI PA
1.     1.  Apakah yang mau dikatakan pemazmur dalam perikop ini kepada kita para orang percaya?
·         Hati supaya selalu siap mau bernyanyi dan bermazmur bagi Tuhan dengan segenap jiwa (ay 2)
·         Diiringi gambus dan kecapi menyambut fajar menyingsing (ay 3)—didengar orang
·         Bersyukur kepada TUHAN di antara bangsa-bangsa, bermazmur bagiNya di antara suku-suku bangsa—di mana saja, baik orang percaya maupun tidak (ay 4)
·         Sebab kasih setiaNya besar melebihi tinggi langit (ay 5).

2.      2. Bagaimanakah tanggapan kita selayaknya? Rujuk ayat-ayat konteks berikut:  Maz 116:17; 2 Tes 2:13; Ef 1:16; Fil 1:3; Ef 5:20; 1 Tes 5:18; Wah 7:12. Untuk apa saja kita selayaknya menyatakan syukur kita? Rujuk ayat-ayat konteks berikut: Yoh 6:11, 23; Dan 2:23; 1 Tes 1:2; 1 Kor 15:57; Yoh 11:41; 2 Kor 9:15; 1 Kor 11:24; 1 Tes 2:13.
·         Menanggapinya sebagai: Persembahan rohani (Maz 116:17);  Kewajiban (2 Tes 2:13); Tak hentinya (Ef 1:16); Spontan (Fil 1:3); Dalam nama Kristus (Ef 5:20); Kehendak Allah (1 Tes 5:18); Tema surgawi (Wah 7:12).
·         Menyatakannya untuk:Makanan (Yoh 6:11, 23); Hikmat (Dan 2:23); Orang percaya (1 Tes 1:2); Kemenangan (1 Kor 15:57); Doa terjawab (Yoh 11:41); Keselamatan (2 Kor 9:15); Perjamuan Kudus (1 Kor 11:24); Hidup berubah (1 Tes 2:13)

3.      3. Bagaimana kita menyikapi kasih setia Allah? Rujuk ayat-ayat konteks berikut: Maz 13:6a; Maz 52:10; Maz 31:8; Maz 33:18; Maz 147:11; Maz 59:11; Maz 89:2.
·         Percaya ( Maz 13:6a; Maz 52:10); bersukacita (Maz 31:8); berpengharapan (Maz 33:18; Maz 147:11); bernyanyi (Maz 59:11; Maz 89:2)

4.      4. Dengan menerapkannya dalam hidup kita tentu kita akan hidup sehat dan bahagia. Terangkan.
·         Dengan selalu mengucap syukur atas apa saja yang kita terima dari Tuhan, dan percaya itulah yang terbaik bagi kita, dan percaya Tuhan tau apa yang kita butuhkan, dalam menjalani hidup sebagai orang percaya menjadi garam dan terang dunia (Mat 5:13, 14), kitapun akan terbebas dari rasa stress, cemas, khawatir; kitapun hidup bahagia dan sehat.
- - - - -

No comments:

Post a Comment