Thursday, April 12, 2012

PA PRIBADI (44)


Mazmur 89:20-28 
KASIH SETIA TUHAN
Bagi Umat/Orang PilihanNya
Minggu QUASIMODOGENITI 15 April 2012
Thema: GEREJA ADALAH PERSEKUTUAN DALAM HIDUP YANG KEKAL
Khotbah: 1 Yohanes 1:1-7
Epistel: Mazmur 89:20-28
20 Pernah Engkau berbicara dalam penglihatan kepada orang-orang yang Kaukasihi, kata-Mu: "Telah Kutaruh mahkota di atas kepala seorang pahlawan, telah Kutinggikan seorang pilihan dari antara bangsa itu. 21 Aku telah mendapat Daud, hamba-Ku; Aku telah mengurapinya dengan minyak-Ku yang kudus, 22 maka tangan-Ku tetap dengan dia, bahkan lengan-Ku meneguhkan dia. 23 Musuh tidak akan menyergapnya, dan orang curang tidak akan menindasnya. 24 Aku akan menghancurkan lawannya dari hadapannya, dan orang-orang yang membencinya akan Kubunuh. 25 Kesetiaan-Ku dan kasih-Ku menyertai dia, dan oleh karena nama-Ku tanduknya akan meninggi. 26 Aku akan membuat tangannya menguasai laut, dan tangan kanannya menguasai sungai-sungai. 27 Diapun akan berseru kepada-Ku: 'Bapaku Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku.' 28 Akupun juga akan mengangkat dia menjadi anak sulung, menjadi yang mahatinggi di antara raja-raja bumi.
Tentang: Kasih setia Tuhan
Kasih Setia Tuhan Menyertai dan Meninggikan Kita
Orang PilihanNya oleh karena NamaNya
(20-28)
Tokoh:
Tuhan, dan Daud
Tempat/waktu:
Bait Allah, masa raja Daud
Proporsi:
mengandung nubuatan tentang Yesus Kristus (ay 27-28)
Bentuk sastra:
Mazmur, nyanyian syukur atas kasih setia Tuhan
Pokok bahasan:
Kasih setia Tuhan kepada umat pilihan-Nya.
Ringkasan isi:
20-28 Kesetiaan-Nya dan kasih-Nya menyertai orang pilihan-Nya, dan oleh karena nama-Nya tanduknya akan meninggi
20-21 Firman Tuhan, bahwa telah menaruh mahkota di atas kepala seorang pahlawan, yaitu Daud hamba-Nya, seorang pilihan dari antara bangsanya dan telah meninggikannya, serta telah mengurapinya dengan minyak-Nya yang kudus.
22-26 Maka dia akan dilindungi dan diteguhkan, musuh tidak akan menyergapnya, orang curang tidak akan menindasnya, lawannya akan dihancurkan dari hadapannya, dan orang-orang yang membencinya akan dibunuh-Nya; kesetiaan dan kasih-Nya menyertai dia, dan oleh karena nama-Nya tanduknya akan meninggi, dan akan membuatnya menguasai laut dan sungai-sungai.
27-28  Diapun akan berseru kepada-Nya: 'Bapaku Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku.' Maka Dia juga akan mengangkatnya menjadi anak sulung, menjadi yang mahatinggi di antara raja-raja bumi. –>sebab akibat beruntun
Ayat kunci utama: Mazmur 89:25
Kesetiaan-Ku dan kasih-Ku menyertai dia, dan oleh karena nama-Ku tanduknya akan meninggi
Pokok pikiran/tema utama:
Kesetiaan dan kasihNya menyertai hidup orang percaya, dan tanduknya ditinggikan oleh karena namaNya.
Istilah penting:
pilihan (ay 20), kesetiaan (ay 25), kasih (ay 25)
Ciri khas:
nyanyian syukur sekali gus nubuatan
Hubungan struktural utama: sebab-akibat (beruntun)— Firman Tuhan, bahwa telah menaruh mahkota di atas kepala seorang pahlawan, yaitu Daud hamba-Nya, seorang pilihan dari antara bangsanya dan telah meninggikannya, serta telah mengurapinya dengan minyak-Nya yang kudus (20-21). Maka dia akan dilindungi dan diteguhkan, musuh tidak akan menyergapnya, orang curang tidak akan menindasnya, lawannya akan dihancurkan dari hadapannya, dan orang-orang yang membencinya akan dibunuh-Nya; kesetiaan dan kasih-Nya menyertai dia, dan oleh karena nama-Nya tanduknya akan meninggi, dan akan membuatnya menguasai laut dan sungai-sungai (22-26). Diapun akan berseru kepada-Nya: 'Bapaku Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku.' Maka Dia juga akan mengangkatnya menjadi anak sulung, menjadi yang mahatinggi di antara raja-raja bumi (27-28)
Ayat paralel:
ay 21: 1 Sam 13:14
Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu.", 16:12 Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. Lalu TUHAN berfirman: "Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia.", Kis 13:22 Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.
ay 28: Wah 1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya--
Ayat Konteks:
Konteks dekat:
--
Konteks jauh:
ay 20 ... seorang pilihan Maz 78:70
dipilih-Nya Daud, hamba-Nya, diambil-Nya dia dari antara kandang-kandang kambing domba;
ay 22 ... tanganku tetap dengan dia Maz 18:36 Kauberikan kepadaku perisai keselamatan-Mu, tangan kanan-Mu menyokong aku, kemurahan-Mu membuat aku besar. Maz 80:18  Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang di sebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kauteguhkan bagi diri-Mu itu,
ay 23 … tidak akan menindasnya 2 Sam 7:10 Aku menentukan tempat bagi umat-Ku Israel dan menanamkannya, sehingga ia dapat diam di tempatnya sendiri dengan tidak lagi dikejutkan dan tidak pula ditindas oleh orang-orang lalim seperti dahulu,
ay 24 ... orang yang membencinya 2 Sam 7:9 Aku telah menyertai engkau di segala tempat yang kaujalani dan telah melenyapkan segala musuhmu dari depanmu. Aku membuat besar namamu seperti nama orang-orang besar yang ada di bumi. Maz 18:41 Kaubuat musuhku lari dari padaku, dan orang-orang yang membenci aku kubinasakan.
ay 25 ... kesetiaanKu Maz 89:2 Aku hendak menyanyikan kasih setia TUHAN selama-lamanya, hendak memperkenalkan kesetiaan-Mu dengan mulutku turun-temurun. ... tanduknya meninggi Maz 132:17 Di sanalah Aku akan menumbuhkan sebuah tanduk bagi Daud, Aku akan menyediakan sebuah pelita bagi orang yang Kuurapi.
ay 27 ... Allahku dan gunung batu keselamatanku 2 Sam 22:47 TUHAN hidup! Terpujilah gunung batuku, dan ditinggikanlah kiranya Allah gunung batu keselamatanku,
ay 28 ... menjadi yang mahatinggi Bil 24:7 Air mengalir dari timbanya, dan benihnya mendapat air banyak-banyak. Rajanya akan naik tinggi melebihi Agag, dan kerajaannya akan dimuliakan.
Pilihan, chosen: -- choice, choose
B. Of God’s choice:
Moses as leader ... Bil 16:28 Sesudah itu berkatalah Musa: "Dari hal inilah kamu akan tahu, bahwa aku diutus TUHAN untuk melakukan segala perbuatan ini, dan hal itu bukanlah dari hatiku sendiri:
Levites to priesthood ... 1 Sam 2:28 Dan Aku telah memilihnya dari segala suku Israel menjadi imam bagi-Ku, supaya ia mempersembahkan korban di atas mezbah-Ku, membakar ukupan dan memakai baju efod di hadapan-Ku; kepada kaummu telah Kuserahkan segala korban api-apian orang Israel.
Kings ... 1 Sam 10:24 Dan Samuel berkata kepada seluruh bangsa itu: "Kamu lihatkah orang yang dipilih TUHAN itu? Sebab tidak ada seorangpun yang sama seperti dia di antara seluruh bangsa itu." Lalu bersoraklah seluruh bangsa itu, demikian: "Hidup raja!"
Jerusalem ... Ul 12:5 Tetapi tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi.
Israel as His people ... Ul 7:6-8 Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya. 7 Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa manapun juga, maka hati TUHAN terpikat olehmu dan memilih kamu--bukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa? -- 8 tetapi karena TUHAN mengasihi kamu dan memegang sumpah-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu, maka TUHAN telah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, raja Mesir.
Cyrus as deliverer ... Yes 45:1-4 Beginilah firman TUHAN: "Inilah firman-Ku kepada orang yang Kuurapi, kepada Koresh yang tangan kanannya Kupegang supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa di depannya dan melucuti raja-raja, supaya Aku membuka pintu-pintu di depannya dan supaya pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup: 2 Aku sendiri hendak berjalan di depanmu dan hendak meratakan gunung-gunung, hendak memecahkan pintu-pintu tembaga dan hendak mematahkan palang-palang besi. 3 Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu. 4 Oleh karena hamba-Ku Yakub dan Israel, pilihan-Ku, maka Aku memanggil engkau dengan namamu, menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku.
The Servant (the Messiah) ... Yes 42:1-7 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. 2 Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suara atau memperdengarkan suaranya di jalan. 3 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum. 4 Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya. 5 Beginilah firman Allah, TUHAN, yang menciptakan langit dan membentangkannya, yang menghamparkan bumi dengan segala yang tumbuh di atasnya, yang memberikan nafas kepada umat manusia yang mendudukinya dan nyawa kepada mereka yang hidup di atasnya: 6 "Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa, 7 untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.
The new Israel (the Church) ... 1 Pet 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
The weak as God’s own ... 1 Kor 1:27, 28 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, 28 dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,
The elect ... Mat 20:16. Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir."
Kesetiaan, faithfulness: --Faithfulness of God
A Described as:
Everlasting ... Maz 119:90 Kesetiaan-Mu dari keturunan ke keturunan; Engkau menegakkan bumi, sehingga tetap ada.
Established ... Maz 89:3 Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaan-Mu tegak seperti langit.
Unfailing .. Maz 89:34 Tetapi kasih setia-Ku tidak akan Kujauhkan dari padanya dan Aku tidak akan berlaku curang dalam hal kesetiaan-Ku.
Infinite ... Maz 36:6 Ya TUHAN, kasih-Mu sampai ke langit, setia-Mu sampai ke awan.
Incomparable ... Rat 3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!
B. Manifested in:
Counsels ... Yes 25:1 Ya TUHAN, Engkaulah Allahku; aku mau meninggikan Engkau, mau menyanyikan syukur bagi nama-Mu; sebab dengan kesetiaan yang teguh Engkau telah melaksanakan rancangan-Mu yang ajaib yang telah ada sejak dahulu.
Covenant keeping ... Ul 7:9 Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan,
Forgiving sins ... 1 Yoh 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
Testimonies ... Maz 119:138 Telah Kauperintahkan peringatan-peringatan-Mu dalam keadilan dan dalam kesetiaan belaka.
Judgments ... Yer 51:29 Bumi berguncang dan bergetar, sebab rancangan TUHAN terhadap Babel sedang terlaksana, yakni untuk membuat negeri Babel menjadi tempat tandus yang tidak berpenduduk.
Promises ... 1 Raj 8:20 Jadi TUHAN telah menepati janji yang telah diucapkan-Nya; aku telah bangkit menggantikan Daud, ayahku, dan telah duduk di atas takhta kerajaan Israel, seperti yang difirmankan TUHAN: aku telah mendirikan rumah ini untuk nama TUHAN, Allah Israel,
Kasih, lovingkindness: --gentle and steadfast mercy
Attitude of believers to:
Trust in ... Maz 13:6a Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu.  52:10 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya akan kasih setia Allah untuk seterusnya dan selamanya.
Rejoice in ... Maz 31:8 Aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karena kasih setia-Mu, sebab Engkau telah menilik sengsaraku, telah memperhatikan kesesakan jiwaku,
Hope in ... Maz 33:18 Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya, 147:11 TUHAN senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya.
Sing of ... Maz 59:17 Tetapi aku mau menyanyikan kekuatan-Mu, pada waktu pagi aku mau bersorak-sorai karena kasih setia-Mu; sebab Engkau telah menjadi kota bentengku, tempat pelarianku pada waktu kesesakanku. ; 89:2 Aku hendak menyanyikan kasih setia TUHAN selama-lamanya, hendak memperkenalkan kesetiaan-Mu dengan mulutku turun-temurun.
Penyataan Kristus:
Maha kasih, maha setia
PENAFSIRAN
Hal-hal utama:
a. Istilah utama: kesetiaan,
b. Hubungan utama: sebab-akibat— Firman Tuhan, bahwa telah menaruh mahkota di atas kepala seorang pahlawan, yaitu Daud hamba-Nya, seorang pilihan dari antara bangsanya dan telah meninggikannya, serta telah mengurapinya dengan minyak-Nya yang kudus (20-21). Maka dia akan dilindungi dan diteguhkan, musuh tidak akan menyergapnya, orang curang tidak akan menindasnya, lawannya akan dihancurkan dari hadapannya, dan orang-orang yang membencinya akan dibunuh-Nya; kesetiaan dan kasih-Nya menyertai dia, dan oleh karena nama-Nya tanduknya akan meninggi, dan akan membuatnya menguasai laut dan sungai-sungai (22-26). Diapun akan berseru kepada-Nya: 'Bapaku Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku.' Maka Dia juga akan mengangkatnya menjadi anak sulung, menjadi yang mahatinggi di antara raja-raja bumi (27-28)
      -- Aspek utama:   kasih bagi orang pilihan Allah
c. Tema utama/pokok pikiran utama:
Kesetiaan dan kasihNya menyertai hidup orang percaya, dan tanduknya ditinggikan oleh karena namaNya.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah yang dimaksud dengan “seorang pilihan” dalam perikop ini (ay 20)?
     -- Daud dipilih untuk menjalankan tugas tertentu bagi Allah.
     -- menjadi raja atas bangsa Israel menggantikan Saul yang tidak lagi taat padaNya
     -- Contoh lainnya: Moses as leader (Bil 16:28), Levites to priesthood (1 Sam 2:28), Kings (1 Sam 10:24), Jerusalem (Ul 12:5), Israel as His people (Ul 7:6-8), Cyrus as deliverer (Yes 45:1-4), The Servant (the Messiah) (Yes 42:1-7), The new Israel (the Church) (1 Pet 2:9), The weak as God’s own (1 Kor 1:27, 28, The elect (Mat 20:16).
2) Apakah yang dimaksud dengan “kesetiaan-Ku? 
     -- kesetiaan dalam memegang janji
     -- seperti digambarkan sbb: Everlasting (Maz 119:90); Established (Maz 89:3); Unfailing (Maz 89:34); Infinite (Maz 36:6); Incomparable (Rat 3:23)
3) Apakah yang dimaksud disini sebagai kasih bagi orang pilihan Allah?
     -- sikap hakiki Allah bagi ciptaanNya
     -- sikap sayang dan menghargai setiap ciptaannya
Alasan
4) Kenapa Allah justru memilih Daud dan bukan dari abangnya atau orang lain? 
     -- Daud berpengalaman sebagai gembala domba milik orang tuanya
     -- penuh tanggung jawab atas domba asuhannya
     -- sementara itu ia takut dan taat akan Allah
     -- layak menjadi gembala umat Allah
5) Kenapa Allah setia?
     -- Sifat hakiki kemahakuasaanNya dalam dan terhadap ciptaanNya
6 ) Kenapa Allah mengasihi ciptaanNya?
     -- terlebih lagi bagi manusia yang diberi tugas mengurus dan merawat semua ciptaanNya.
Cara
7) Bagaimana Daud menjadi pilihan?
     -- semata-mata wewenang Allah, tanpa ada upaya Daud sendiri untuk terpilih
     -- Sebagai warga ummat Allah, Daud hidup dan bekerja sepenuh hati untuk Allah dengan hidup taat pada Allah.
8) Bagaimana Allah menyatakan kesetiaanNya?
     -- seperti dinyatakan dalam: Counsels (Yes 25:1); Covenant keeping (Ul 7:9); Forgiving sins (1 Yoh 1:9); Testimonies (Maz 119:138); Judgments (Yer 51:29); Promises (1 Raj 8:20)
9) Bagaimana Allah mengasihi orang pilihanNya?
     -- Melindungi dan memenuhi setiap kebutuhannya dalam dan melalui ciptaan lainNya, yi bumi tempat tinggal, tanaman dan binatang sebagai bahan makanan, laut dan sungai sebagai sarana hidup, dll
Implikasi
10) Apa yang tersirat bagi kita orang percaya sebagai umat pilihan Allah? 
     -- tiada lain hidup taat padaNya
     -- mengasihi Allah dengan sepenuh hati, jiwa, dan pikiran, serta mengasihi sesama seperti mengasihi diri sndiri
     -- hidup dengan mengandalkan tuntunan Roh KudusNya saja.
11) Apa yang tersirat sebagai tanggapan orang percaya terhadap kesetiaan Allah?
     -- menunjukkan, mewujudkan kesetiaan pula terhadap Allah dalam menjalankan dan menghidupi perintahNya.
12) Apa yang tersirat sebagai tanggapan orang percaya terhadap kasih Allah?
     -- Menjalani hidup dengan sepenuh hati dan tanggung jawab mengasihi Tuhan dan sesama
     -- Menyatakannya dalam hidupnya: Trust in (Maz 13:6a; 52:10); Rejoice in (Maz 31:8); Hope in (Maz 33:18; 147:11); Sing of (Maz 59:17; 89:2).
Kesimpulan:
1.  Allah menjatuhkan sendiri pilihan atas orang yang layak menerima kasih setiaNya.
2.  Sebagai orang yang pada dasarnya adalah orang berdosa tidaklah layak menerima kasih setia Allah.
3.  Kita memperolehnya semata-mata karena iman menerima dan percaya Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat.
4. Sebagai orang yang terpilih menerima kasih setia Allah, selayaknya pula mewujudkan kasih setia terhadap Allah, menjalankannya dengan sepenuh hati, jiwa, dan pikiran dalam hidupnya.
Pesan:
Kesetiaan dan kasihNya menyertai hidup orang percaya, dan tanduknya ditinggikan oleh karena namaNya
.
PENERAPAN
Evaluasi
:
Pesan perikop ini masih berlaku bagi orang percaya masa kini..
Butir-butir penerapan:
1. Sebagai orang pilihan karena iman pada Yesus Kristus, supaya semakin mengenal dan memahami kasih setia Allah.
2. Menjalani hidup berdasarkan dan karena kasih setia Allah.
3. Mewujudkan kasih setia dalam setiap langkah hidup terhadap Allah dan sesama.
Tekad/Tujuan
Hidup penuh kasih setia terhadap Allah dan sesama.
Ayat hapalan: Mazmur 89:25
Kesetiaan-Ku dan kasih-Ku menyertai dia, dan oleh karena nama-Ku tanduknya akan meninggi
IMS 120412

DISKUSI PA

  1. Allah telah memilih sendiri Daud, seorang gembala domba menjadi raja bagi umatNya menggantikan Saul. Apa yang kita ketahui dari perikop ini tentang sikap Allah akan orang pilihanNya, yakni Daud (20-24)?
    a)      Allah telah mendapat Daud, hamba-Nya (pilihan Allah sendiri)
    b)      Allah mengurapinya dengan minyak-Nya yang kudus
    c)      Tangan-Nya tetap dengan dia, bahkan lengan-Nya meneguhkan dia.
    d)      Musuh tidak akan menyergapnya, dan orang curang tidak akan menindasnya, Allah akan menghancurkan lawannya dari hadapannya, dan orang-orang yang membencinya akan Allah bunuh.
    e)      Hal-hal tersebut telah nyata terwujud dalam hidup raja Daud.
  2. Dalam kaitan dengan sikap tersebut, bagaimana kesetiaan dan kasih Allah bagi umat pilihanNya (25-26; Maz 119:90, Maz 89:2, Maz 89:33, Maz 36:5, Rat 3:23, dan Yes 25:1, Ul 7:9, 1 Yoh 1:9, Maz 119:138, Yer 51:29, 1 Raj 8:20)? Bagaimana orang sampai menjadi orang pilihan Allah, sebagai ummat dan sebagai pengemban tugas pelayanan bagi Allah? Berikan contoh lain lagi (Bil 16:28, 1 Sam 2:28, 1 Sam 10:24, Ul 12:5, Ul 7:6-8, Yes 45:1-4, Yes 42:1-7, 1 Pet 2:9, 1 Kor 1:27, 28, Mat 20:16).
    a)      Kesetiaan-Nya dan kasih-Nya menyertai orang/umat pilihan-Nya, dan oleh karena nama-Nya menerima kuasa untuk mengelola segala sesuatu yang diperlukan dalam hidupnya (ay 25, 26).
    b)      Sikap hakiki Allah bagi ciptaanNya, sikap sayang dan menghargai setiap ciptaannya, terlebih lagi bagi manusia yang diberi tugas mengurus dan merawat semua ciptaanNya.
    c)      Kesetiaan dalam memegang janji-Nya, seperti digambarkan sbb: Everlasting (Maz 119:90); Established (Maz 89:2); Unfailing (Maz 89:33); Infinite (Maz 36:5); Incompareble (Rat 3:23).
    d)      Allah menyatakan kesetiaanNya seperti dinyatakan dalam: Counsels (Yes 25:1); Covenant keeping (Ul 7:9); Forgiving sins (1 Yoh 1:9); Testimonies (Maz 119:138); Judgments (Yer 51:29); Promises (1 Raj 8:20)
    e)      Allah mengasihi orang pilihanNya dengan melindungi dan memenuhi setiap kebutuhannya dalam dan melalui ciptaan lainNya, yakni bumi tempat tinggal, tanaman dan binatang sebagai bahan makanan, laut dan sungai sebagai sarana hidup, dan lain-lain.
    f)       Menjadi terpilih semata-mata wewenang Allah, tanpa ada upaya sendiri untuk terpilih, semata-mata karena kasih karunia-Nya. Menurut kriteria Allah sendiri tentang kelayakan menggembalakan umat-Nya.
    g)      Contoh lain orang pilihan Allah: Moses as leader (Bil 16:28), Levites to priesthood (1 Sam 2:28), Kings (1 Sam 10:24), Jerusalem (Ul 12:5), Israel as His people (Ul 7:6-8), Cyrus as deliverer (Yes 45:1-4), The Servant (the Messiah) (Yes 42:1-7), The new Israel (the Church) (1 Pet 2:9), The weak as God’s own (1 Kor 1:27, 28), The elect (Mat 20:16).

  3.  Sebagai umat pilihan, bagaimana respons kita atas kasih setia Allah tersebut (27-28)? Baca       juga: Maz 13:5, 52:8; Maz 31:7; Maz 33:18, 147:11; Maz 59:16, 89:1.
    a)      Sebagai warga ummat Allah, sebagai anak Allah karena iman pada Yesus Kristus, hidup dan bekerja sepenuh hati untuk Allah dengan hidup taat pada Allah.
    b)      Sebagai umat pilihan Allah tiada lain hidup taat padaNya, mengasihi Allah dengan sepenuh hati, jiwa, dan pikiran, serta mengasihi sesama seperti mengasihi diri sndiri, hidup dengan mengandalkan tuntunan Roh KudusNya saja
    c)      Tanggapan orang percaya terhadap kesetiaan Allah adalah menunjukkan, mewujudkan kesetiaan pula terhadap Allah dalam menjalankan dan menghidupi perintahNya
    d)      Menyatakannya dalam hidupnya: Trust in (Maz 13:5; 52:8); Rejoice in (Maz 31:7); Hope in (Maz 33:18; 147:11); Sing of (Maz 59:16; 89:1).

No comments:

Post a Comment