Saturday, September 3, 2011

PA PRIBADI (38)


Mazmur 113:1-8 Epistel Minggu 4 September 2011
PARA HAMBA ALLAH PUJILAH TUHAN
--Ikut Terima Kemuliaan
Minggu 11 Setelah TRINITATIS 4 September 2011
Thema: JADILAH ANAK-ANAK BAPA PELAKU PERINTAHNYA
Khotbah: Matius 21:28-32
Epistel: Mazmur 113:1-8
1 Haleluya! Pujilah, hai hamba-hamba TUHAN, pujilah nama TUHAN! 2 Kiranya nama TUHAN dimasyhurkan, sekarang ini dan selama-lamanya. 3 Dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari terpujilah nama TUHAN.
4 TUHAN tinggi mengatasi segala bangsa, kemuliaan-Nya mengatasi langit. 5 Siapakah seperti TUHAN, Allah kita, yang diam di tempat yang tinggi, 6 yang merendahkan diri untuk melihat ke langit dan ke bumi?
7 Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, 8 untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, bersama-sama dengan para bangsawan bangsanya.
Tentang: Memuji Tuhan
Kita hamba Allah pujilah Tuhan
(1-8)
Tokoh:
TUHAN
Tempat/waktu:
Di bumi/setiap waktu
Proporsi:
Alasan memuji Tuhan
Bentuk sastra:
Mazmur
Pokok bahasan:
Memuji Tuhan
Ringkasan isi:
1-8 Para hamba Tuhan supaya menjalani hidup yang memuji Tuhan. Perhatikanlah sekekitar, banyak hal dan kesempatan untuk memuji Tuhan.
1-3 Para hamba Tuhan pujilah Dia, puji namaNya, masyhurkan nama Tuhan selamanya, sepanjang hari:
4-6 Tuhan tinggi mengatasi para bangsa dan langit. Tuhan Allah kita, yang diam di tempat tinggi, tiada tara, merendahkan diri melihat ke langit dan ke bumi.
7-8 Orang yang hina ditegakkan-Nya dari dalam debu dan orang yang miskin diangkat-Nya dari lumpur, supaya bersama-sama duduk setara dengan para bangsawan, bangsawan bangsanya.
Ayat kunci utama: Maz 113:1
Haleluya! Pujilah, hai hamba-hamba TUHAN, pujilah nama TUHAN!
Pokok pikiran/tema utama:
Sebagai hamba-hamba Tuhan baiklah menjalani hidup yang memuji Tuhan. Perhatikanlah di sekitar, banyak hal dan kesempatan untuk memuji Tuhan.
Istilah penting:
Pujilah, hamba-hamba TUHAN
Ciri khas:
--
Hubungan struktural utama: sebab-akibat—Para hamba Tuhan pujilah Dia, puji namaNya, masyhurkan nama Tuhan selamanya, sepanjang hari (1-3): (Sebab)Tuhan tinggi mengatasi para bangsa dan langit. Tuhan Allah kita, yang diam di tempat tinggi, tiada tara, merendahkan diri melihat ke langit dan ke bumi (4-6). Orang yang hina ditegakkan-Nya dari dalam debu dan orang yang miskin diangkat-Nya dari lumpur, supaya bersama-sama duduk setara dengan para bangsawan, bangsawan bangsanya (7-8).
Ayat paralel:
ay 1 Maz 135:
1   Haleluya! Pujilah nama TUHAN, pujilah, hai hamba-hamba TUHAN,
ay 4 Kel 15:11 Siapakah yang seperti Engkau, di antara para allah, ya TUHAN; siapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, Engkau pembuat keajaiban?
Ayat Konteks:
Konteks dekat:
Maz 112 Allah jaga pikiran dan tindakan mereka yang ikut perintahNya
Maz 114 Kita dapat rayakan pekerjaan besar Allah dalam hidup kita
Konteks jauh:
ay2 …
sekarang ini dan selama-lamanya Dan 2:20  Berkatalah Daniel: "Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan!
ay 4 ... tinggi mengatasi segala bangsa Maz 99:2   TUHAN itu maha besar di Sion, dan Ia tinggi mengatasi segala bangsa.; . . . mengatasi langit Maz 8: 2 Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu yang mengatasi langit dinyanyikan.
ay 5 ... Siapakah seperti TUHAN, Allah kita Kel 15:11 Siapakah yang seperti Engkau, di antara para allah, ya TUHAN; siapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, Engkau pembuat keajaiban?
ay 6 ... merendahkan diri untuk melihat Maz 11:4 TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus; TUHAN, takhta-Nya di sorga; mata-Nya mengamat-amati, sorot mata-Nya menguji anak-anak manusia.; 138:6 TUHAN itu tinggi, namun Ia melihat orang yang hina, dan mengenal orang yang sombong dari jauh.; Yes 57:15   Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: "Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.
ay 7 ... menegakkan orang yang hina 1 Sam 2:8 Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu, dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, dan membuat dia memiliki kursi kehormatan. Sebab TUHAN mempunyai alas bumi; dan di atasnya Ia menaruh daratan.; ... mengangkat orang yang miskin Maz 107:41 tetapi orang miskin dibentengi-Nya terhadap penindasan, dan dibuat-Nya kaum-kaum mereka seperti kawanan domba banyaknya.

Puji Allah: 
A. Obyek pujian:
Allah sendiri … Maz 139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
Nama Allah… 1 Taw:29:13   Sekarang, ya Allah kami, kami bersyukur kepada-Mu dan memuji nama-Mu yang agung itu; Maz 99:3 Biarlah mereka menyanyikan syukur bagi nama-Mu yang besar dan dahsyat; Kuduslah Ia!
Kuasa ... Maz 21:14 Bangkitlah, ya TUHAN, di dalam kuasa-Mu! Kami mau menyanyikan dan memazmurkan keperkasaan-Mu.
Keajaiban ... Maz 89:6  Sebab itu langit bersyukur karena keajaiban-keajaiban-Mu, ya TUHAN, bahkan karena kesetiaan-Mu di antara jemaah orang-orang kudus.
Kasih setia ... Maz 138:2 Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.
Pekerjaan ... Maz 145:4 Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu.
B. Waktu:
Setiap hari ... Maz 72:15 Hiduplah ia! Kiranya dipersembahkan kepadanya emas Syeba! Kiranya ia didoakan senantiasa, dan diberkati sepanjang hari!
Selalu ... Maz 71:6 Kepada-Mulah aku bertopang mulai dari kandungan, Engkau telah mengeluarkan aku dari perut ibuku; Engkau yang selalu kupuji-puji.
Tujuh kali sehari ... Maz 119:164 Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.
Sepanjang hari ... Maz 35:28 Dan lidahku akan menyebut-nyebut keadilan-Mu, memuji-muji Engkau sepanjang hari.
Tengah malam ... Maz 119:62 Tengah malam aku bangun untuk bersyukur kepada-Mu atas hukum-hukum-Mu yang adil.; Kis 16:25 Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.
Selama saya hidup ... Maz 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.
Hamba Allah:
Penyembah Allah ... 1 Sam 3:9 Sebab itu berkatalah Eli kepada Samuel: "Pergilah tidur dan apabila Ia memanggil engkau, katakanlah: Berbicaralah, TUHAN, sebab hamba-Mu ini mendengar." Maka pergilah Samuel dan tidurlah ia di tempat tidurnya.
Utusan Allah ...  Yos 1:2 "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.
Nabi ... Zak 1:6 Tetapi segala firman dan ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepada hamba-hamba-Ku, para nabi, bukankah itu telah sampai kepada nenek moyangmu? Maka bertobatlah mereka serta berkata: Sebagaimana TUHAN semesta alam bermaksud mengambil tindakan terhadap kita sesuai dengan tingkah laku kita dan perbuatan kita, demikianlah Ia mengambil tindakan terhadap kita!"
Pengikut Kristus ... 2 Tim 2:24  sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar
Orang Kristen … Kis 2:18 Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat.
Penyataan Kristus:
Patut dipuji
PENAFSIRAN
Hal-hal utama
:
a. Istilah utama:
Pujilah Allah
b. Hubungan utama: sebab-akibat— Para hamba Tuhan pujilah Dia, puji namaNya, masyhurkan nama Tuhan selamanya, sepanjang hari (1-3): (Sebab)Tuhan tinggi mengatasi para bangsa dan langit. Tuhan Allah kita, yang diam di tempat tinggi, tiada tara, merendahkan diri melihat langit dan bumi (4-6). Orang yang hina ditegakkan-Nya dari dalam debu dan orang yang miskin diangkat-Nya dari lumpur, supaya bersama-sama duduk setara dengan para bangsawan, bangsawan bangsanya (7-8).
      -- Aspek utama: hamba-hamba TUHAN
Tema utama/pokok pikiran utama:
Sebagai hamba-hamba Tuhan baiklah menjalani hidup yang memuji Tuhan. Perhatikanlah di sekitar, banyak hal dan kesempatan untuk memuji Tuhan.
Tanya jawab penafsiran:
Definisi
1) Apakah maksudnya memuji Allah?
     -- Menyatakan dengan kata atau perbuatan pujian pada Allah
      --
2) Apakah atau siapakah yang dipuji?
      -- Allah sendiri (Maz 139:14); Nama Allah (1 Taw:29:
13); Kuasa Allah (Maz 21:14); Keajaiban Allah (Maz 89:6); Kasih setia Allah (Maz 138:2); Pekerjaan Allah (Maz 145:4);
3) Siapakah yang disebut hamba Allah? 
     -- Siapa saja yang mempercayai Allah dan melakukan kehendak-Nya
     -- Penyembah Allah (1 Sam 3:9);
Utusan Allah  (Yos 1:2); Nabi (Zak 1:6); Pengikut Kristus  (2 Tim 2:24); Orang Kristen (Kis 2:18).
Alasan
4) Kenapa memuji Allah? 
     -- Kagum akan kebesaran Allah
     -- Bersyukur lahir baru menjadi anak Allah.
5) Kenapa menjadi hamba Allah
     -- Dikasihi Allah
     -- Dipercayai Allah
     -- Dihargai Allah
Cara
6) Bagaimana memuji Allah?
     -- Dengan nyanyian pujian & penyembahan
     -- Melakukan kehendak-Nya sepenuh hati
     -- Mengasihi Allah dan sesama
     -- Setiap hari (Maz 72:15);
Selalu (Maz 71:6); Tujuh kali sehari (Maz 119:164); Sepanjang hari (Maz 35:28); Tengah malam (Maz 119:62); Selama saya hidup (Maz 146:2
7) Bagaimana menjadi hamba Allah?
     -- Menjalankan perintah-Nya sepenuh hati dengan tekun
Implikasi
8) Apa yang tersirat dalam seruan memuji Allah dalam perikop ini? 
     --   Dalam segala hal, kapanpun, dimanapun memuji Allah melalui perbuatan dan perilaku hidup kita
9) Apa yang tersirat menjadi hamba Allah?
     -- melayani Allah dan sesama sepenuh hati tanpa pamrih.
Kesimpulan:
1.      Memuji Allah adalah ciri utama hamba Allah
2.      Memuji Allah adalah kesukaan hamba Allah.
3.      Memuji Allah adalah setiap hari sepanjang hari selamanya.
4.      Kita dikelilingi berbagai hal yang membangkitkan keinginan memuji Allah
5.      Dalam setiap hal, dimanapun, kapanpun bertindak dan berperilaku yang memuji Allah.
Pesan:
Sebagai hamba-hamba Tuhan baiklah setiap orang percaya menjalani hidup yang memuji Tuhan. Perhatikanlah di sekitar, banyak alasan dan kesempatan untuk memuji Tuhan.
PENERAPAN
Evaluasi
:
Berlaku juga bagi setiap orang percaya masa kini.
Butir-butir penerapan:
1. Setiap bangun pagi bernyanyi memuji Allah untuk hari baru
2. Apapun yang kita lakukan dan katakan adalah dalam rangka memuji Allah
3. Tidak puas-puasnya selalu memuji Allah dalam segala hal.
Tekad/Tujuan
Perjalanan hidup kita adalah pujian bagi Allah.
Ayat hapalan:  Mazmur 113:1
Haleluya! Pujilah, hai hamba-hamba TUHAN, pujilah nama TUHAN!
IMS 110902

DISKUSI PA

1.      Perikop Mazmur 113:1-8 ini mengandung seruan bagi semua hamba-hamba Allah, yaitu semua orang percaya (Kis 2:18), agar memuji Tuhan sepanjang hari sepanjang hidupnya; dengan menyusuri perikop ini ayat demi ayat kitapun menjadi tau tentang kedudukan-Nya, perbuatan-Nya, sikap-Nya yang tak membeda-bedakan, keadilan-Nya, dan lain-lain, kesemuanya menjadi alasan kenapa kita selayaknya memuji Dia, sebagai ungkapan wujud rasa syukur kita sebagai pemberi pujian, atas segala sesuatu yang telah, sedang, dan akan kita terima dari pada-Nya. Sebutkan satu per satu. Rujuk juga ayat-ayat berikut tentang obyek pujian: Maz 139:14; 1 Taw:29:13; Maz 21:14; Maz 89:6; Maz 138:2; Maz 145:4; waktu pemujian: Maz 35:28.

a)      Puji Tuhan (ay 1a; Allah sendiri (Maz 139:14), Puji nama TUHAN (ay 1b; Nama Allah 1 Taw:29:13)
b)      Dimasyhurkan, sekarang ini dan selama-lamanya (2;  Pekerjaan Allah Maz 145:4)
c)      Sepanjang hari (ay 3; Sepanjang hari Maz 35:28)
d)      Tuhan tinggi mengatasi segala bangsa, kemuliaan-Nya mengatasi langit (ay 4)
e)      Tiada taranya, diam di tempat yang tinggi (ay 5; Kuasa Allah Maz 21:14)
f)       Merendahkan diri untuk melihat ke langit dan ke bumi (ay 6)
g)      Orang hina ditegakkan dari debu, orang miskin diangakat sari lumpur (ay 7; Kasih setia Allah Maz 138:2; Keajaiban Allah Maz 89:6)
h)      Menjadi setara dengan para bangsawan (ay 8).

2.      Bagaimana memuji Allah?
a)      Dengan nyanyian pujian & penyembahan; Melakukan kehendak-Nya sepenuh hati; Mengasihi Allah dan sesama.
b)      Waktu: Setiap hari (Maz 72:15); Selalu (Maz 71:6); Tujuh kali sehari (Maz 119:164); Sepanjang hari (Maz 35:28); Tengah malam (Maz 119:62); Selama saya hidup (Maz 146:2).

3.      Apa dampak dari memuji Allah dalam hidup kita, apa yang kita terima?
a)      Merasa terpanggil dalam segala hal, kapanpun, dimanapun memuji Allah melalui perbuatan dan perilaku hidup kita;
b)      Sebagai hamba Allah kitapun akan melayani Allah dan sesama sepenuh hati tanpa pamrih;
c)      Kitapun akan menerima rasa damai di hati, suka tolong menolong, dll.
-                                                                                                                                                      - - - -

No comments:

Post a Comment